Inilah, 8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

64

Siapa yang tidak tahu bawang putih? Hampir semua orang yang tinggal di Indonesia bahkan dunia pasti tahu bawang putih. Biasanya bawang putih digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia bahkan dunia sebagai bumbu dari makanan agar terasa lebih lezat juga gurih khusnya di Indonesia walaupun baunya memang kurang sedap namun hampir semua jenis makanan diIndonesia pasti menggunakan jenis bumbu dapur satu ini supaya lebih lezat.

Namun bawang putih bukan hanya bisa digunakan sebagai bumbu makanan saja, siapa sangka bahwa ternyata bawang putih bisa digunakan sebagai obat kecantikan atau bisa dimanfaatkan sebagai kecantikan khususnya bagi para wanita.

Adapun manfaat dari bawang putih untuk kecantikan adalah

1. Mengangkat sel kulit mati

Terkadang banyak orang yang malas apalagi orang yang sibuk untuk merawat dirinya khususnya untuk mengurusi atau mengangkat sel kulit mati padahal jika sel kulit mati dibiarkan juga akan membuat tubuh khusunya wajah menjadi kusam menimbulkan kerawat juga komedo.

Namun kini anda dapat memanfaatkan bawang putih  sebagai masker untuk untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah anda sehingga anda dapat terbebas dari jerwat, komedo dan wajah yang kusam. Selain dengan bawang putih, taukah kamu bahwa manfaat mandi coklat juga dapat membantu untuk mengangkat sel kulit mati dengan cepat.

2. Menghilangkan Stretch Mark

Seperti yang kita tahu biasanya stretch mark memang jarang terlihat dari liar biasanya strerch mark muncul pada paha betis dll. Namun walaupun jarang terlihat dari luar tentu saja juga kurang membuat nyaman. Biasanya cara menghilangkan stretch mark ialah dengan menggunakan salep. Salah satu pengganti jika tidak ada salep adalah dengan memanfaatkan bawang putih dengan menumbuknya kemudian diambil airnya dan dicampurkan dengan minyak hangat kemudian oleskan pada bagian yang mengalami stretch mark.

3. Menghilangkan Flek Hitam

Cara untuk menghilangkan flek hitam pada wajah agar wajah terlihat lebih cerah ialah dengan menggunakan bawang putih sebagai masker selama 10 – 20 menit dan dilakukan setidaknya selama satu minggu dua kali.

4. Menyembuhkan Jerawat

Seperti yang kita tahu bahwa jeawat diakibatkan oleh adanya bakteri dalam wajah. Dengan kandungan antibakteri dan antioksigen pad bawang putih maka bawang putih bisa digunakan sebagai obat jerwat dengan cara menempelkan irisan bawang putih ke bagian yang mengalami jerawat. Selain bawang putih, cobalah jus tomat untuk mengatasi jerawat. berikut link yang terkait membahas mengenai cara membuat jus tomat untuk jerawat

5. Mencegah Penuaan

Selain bisa mengatasi hal-hal yang telah dijelaskan diatas bawang putih juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan tentunya agar terlihat awet muda dengan cara menggunkaanya sebagai masker.

6. Menutup pori-pori besar

Adanya pori-pori besar pada wajah tentuakan membuat wajah terlihat kurang menarik namun anda jangan khwatir karena anda dapat mengatasinya yaitu dengan cara mencampur bawang putih dengan tomat kemudian dihaluskan dan dijadikan masker.

7. Mengobati peradangan kulit

Peradangan atau inflamasi yang terjadi pada kulit bisa menimbulkan berbagai gangguan seperti rasa gatal dan memerah. Jika anda mengalami peradangan kulit anda dapat mengatasinya dengan menghaluskan bawang putih kemudian dibalurkan pada kulit.

8. Mengatasi Komedo

Salah satu masalah setiap orang pada hal kecantikan adalah komedo. Kebanyakan dadri orang telah berusaha untuk menghilangkan komedo dari wajahnya namun hal tersebut tentu tidak bertahan lama. Salah satu cara dengan memanfaatkan bawang putih sebagai obat komedo yaitu dengan cara menumbuk bawang putih dan dicampurkan dengan madu, oats,air perasan lemon, tetesan the tree oil kemudian dioleskan pada hidung dan digosok-gosokan pada komedo yang ada.

Itulah beberapa manfaat dari bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kamu lakukan. Bawang putih memang mudah ditemukan, jadi cantik tidak harus repot. dengan bawang putih saja dapat membuat wajah mu cantik, semoga bermanfaat dan selamat mencoba manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan diatas.