12 Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol dengan Bahan Alami

Kulit kita seringkali mengalami sesuatu hal yang biasa disebut dengan bentol. Bentol ini merupakan sebuah kondisi dimana kulit menjadi sedikit bengkak dan pada bagian tersebut warnanya menjadi merah. Bentol ini merupakan sebuah reaksi vaskular dari kulit. Bentol ini merupakan salah satu penyebab kulit gatal. Bentol ini akan muncul dengan cepat dan biasanya menghilang secara perlahan. Bentol pada kulit ini memiliki berbagai macam penyebab. Beberapa penyebab terjadinya bentol antara lain adalah gigitan serangga dan juga mengalami alergi terhadap sesuatu. Bentol pada kulit yang disebabkan alergi bisa saja terjadi ketika mengkonsumsi makanan penyebab alergi gatal, obat – obatan, atau pun bersentuhan dengan benda atau bahan tertentu.

Untuk bentol karena alergi, sebenarnya kita bisa melakukan banyak cara untuk mengobatinya. Ada banyak cara mengobati alergi kulit bentol yang bisa kita coba lakukan. Beberapa cara mengobati alergi kulit bentol diantaranya adalah :

  1. Mandi dengan air dingin
    Cara paling mudah untuk mengobati rasa gatal yang disebabkan oleh alergi adalah dengan cara mandi menggunakan air dingin. Air dingin dianggap mampu mengobati dan mengurangi perasaan gatal yang ada pada bian dpantubh kita.
  2. Menggunakan daun sirih
    Salah satu cara untuk menghilangkan bentol yang disebabkan oleh alergi adalah dengan menggunakan daun sirih. Caranya cukup dengan merebus beberapa lembar daun sirih kemudian kita bisa meminum air dari hasil rebusan tersebut.
  3. Menggunakan air kelapa muda
    Salah satu fungsi dan kegunaan dari air kelapa yang masih muda adalah untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Maka tidak salah jika air kelapa muda juga sering digunakan sebagai salah satu cara untuk mengobati gatal yang disebabkan oleh alergi. Caranya, kita bisa langsung meminum air kelapa tersebut dari dalam buahnya.
  4. Temulawak
    Salah satu cara mengobati gatal alergi yang sering dicoba adalah dengan menggunakan temulawak. Temulawak diyakini bisa mengurangi bahkan sampai menghilangkan rasa gatal pada tubuh kita. Caranya cukup dengan merebus beberapa gram temulawak. Kita bisa menambahkan rebusan teresbut dengan buah asam serta gula aren. Setelah rebusan selesai, maka kita bisa meminumnya.
  5. Menggunakan minyak kayu putih
    Salah satu obat herbal alergi kulit yang bisa menjadi cara mengobati alergi kulit bentol adalah dengan menggnakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih ini akan menghilangkan rasa gatal yang muncul pada tubuh kita. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak kayu putih tersebut pada bagaian yan gatal.
  6. Menggunakan minyak zaitun
    Cara lain yang juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati alergi kulit bentol adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun ini bisa menghilangkan dan juga mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan oleh alergi. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun tersebut ke bagian kulit yang mengalami gatal.

  7. Menggunakan bawang merah
    Cara lain untuk mengobati alergi pada kulit adalah dengan memanfaatkan bawang merah. Caranya rebus bawang merah tersebut dengan daun  kelor. Setelah itu saring campuran tadi dan air nya bisa kita minum
  8. Menggunakan daun jombang
    Daun jombang juga bermanfaat untuk menghilangkan gatal karena alergi. Kita cukup merebus daun jombang tersebut dan air hasil rebusan nya bisa kita minum
  9. Menggunakan kunyit
    Tanaman tradisional lain yang juga bisa kita manfaatkan untuk menyembuhkan gatal adalah kunyit. Zat yang terkandung di dalam kunyit memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bentol karena alergi ini. Caranya adalah dengan menumbuk kunyit tersebut sampai halus. Hasil tumbukan tersebut lalu kita rebus dan air hasil rebusan nya bisa kita minum. Cara ini dianggap efektif untuk menghilangkan rasa gatal dan bentol pada tubuh kita.
  10. Menggunakan campuran jahe dan cuka beras hitam
    Campuran jahe dan beras hitam juga sangat lah efektif untuk menghilangkan rasa gatal dan bentol akibat alergi. Caranya adalah dengan menumbuk jahe tersebut hingga halus. Setelah halus, hasil tumbukan jahe tersebut dicampur dengan cuka beras hitam. Rebus bahan tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih, tunggu sampai air hasil rebusan tersebut hangat lalu kita bisa meminumnya.
  11. Memanfaatkan gel dari lidah buaya
    Seperti sudah diketahui bersama jika salah satu fungsi dari lidah buaya adalah untuk mengatasi alergi. Cara pemanfaatannya pun cukup mudah. Kita hanya tinggal memotong daun lidah buaya. Daun tersebut akan mengeluarkan gel. Oleskan gel tersebut ke bagian yang mengalami gatal atau bentol. Cara tersebut efektif untuk menghilangkan rasa gatal dan bentol yang disebabkan oleh alergi.
  12. Menggunakan daun salam
    Daun salam yang sangat mudah kita temukan pun memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa gatal dan juga bentol. Cara yang harus kita lakukan yaitu cukup dengan menggunakan beberapa lembar daun salam yang sudah dicuci sampai bersih. Tumbuk daun salam tadi dan gunakan hasil tumbukan tadi ke bagian yang mengalami bintik merah pada kulit disertai gatal.

Itulah beberapa cara mengobati alergi kulit bentol yang sangat ampuh yang bisa kita coba.

 

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Herbal