7 Khasiat dan Cara Merebus Daun Sirsak untuk Kista

966

Bagi kalangan wanita, kista tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Kista adalah salah satu penyakit yang menyerang ovarium. Walaupun tergolong tumor jinak, akan tetapi kista tetap menjadi hal yang menakutkan bagi setiap wanita. Sifat jinak ini jika memungkinkan untuk berubah menjadi ganas seperti penyakit kanker apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Bahkan berbagai komplikasi seperti diabetes tipe 2, kemandulan, hipertensi, hingga kanker dapat terjadi.

Kista biasanya ditangani dengan jalan operasi. Cara ini sering dipilih karena keefektifan dan ketepatannya untuk menghilangkan kista. Walaupun begitu, bagi beberapa orang operasi mungkin menjadi hal yang sangat menakutkan. Cara lain yang dapat dipilih untuk menangani kista adalah dengan cara tradisional. Salah satunya dengan menggunakan daun sirsak. Daun sirsak dipercaya lebih aman untuk proses penyembuhan kista. Selain itu, pengobatan kista menggunakan daun sirsak juga tidak menguras banyak biaya.

Daun sirsak terbukti mengandung beberapa senyawa yang aktif dalam melawan kanker. Daun sirsak mempunyai banyak manfaat seperti halnya khasiat daun pegagan untuk kesehatan tubuh. Cara konsumsi daun sirsak ini pun sangatlah mudah. Berikut adalah cara merebus daun sirsak untuk kista:

  • Ambil 10 – 15 lembar daun sirsak
  • Cuci bersih daun sirsak, pastikan tidak ada kotoran ataupun hama yang menempel pada daun
  • Rebus daun sirsak dengan 3 gelas air
  • Tunggu hingga air rebusan tinggal setengahnya
  • Saring air rebusan dan tunggu hingga air rebusan mulai hangat
  • Air rebusan ini akan lebih baik jika diminum secara teratur setiap pagi dan sore.

Penyembuhan kista secara alami tentunya akan lebih aman, namun membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan cara operasi. Pengobatan dengan cara merebus daun sirsak untuk kista ini tentunya akan efektif jika dilakukan dengan rutin. Tingkat keparahan kista juga tentunya menjadi pertimbangan dalam pemilihan cara pengobatan. Kista yang sudah parah hingga timbul komplikasi akan lebih disarankan untuk diangkat melalui operasi. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui bagaimanaa kondisi tubuh kita. Akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja tanda-tanda penyakit kista:

1. Nyeri perut bagian bawah

Salah satu tanda umum adanya permasalahan kista pada seorang wanita adalah seringkali muncul rasa nyeri di perut bagian bawah. Rasa sakit ini muncul karena adanya peradangan akibat kista. Nyeri ini akan terasa semakin parah ketika sedang mengalami menstruasi. Bagi wanita hamil, kista juga bisa mengakibatkan rasa nyeri yang sering muncul selama masa kehamilan. Rasa nyeri juga bisa timbul ketika melakukan hubungan intim dengan suami. Hal ini terjadi karena leher rahim pengalami penyempitan akibat kista yang membesar.

2. Haid tidak teratur

Wanita yang mempunyai kista di organ reproduksinya akan mengalami haid yang tidak teratur dan tidak lancar. Adanya kista akan mengakibatkan adanya penumpukan darah kotor di rahim. Jika hal ini dibiarkan, dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit hingga memicu kanker rahim. Akan lebih berbahaya lagi bagi wanita hamil yang dapat menyebabkan kegagalan pembuahan janin.

3. Gangguan pencernaan

Kista tidak hanya berpengaruh pada sistem reproduksi saja, akan tetapi dampaknya juga akan menimbulkan gangguan pencernaan. Kista yang semakin membesar dapat menyebabkan perut kembung, begah, dan cepat kenyang walaupun makan dengan porsi sedikit. Pembesaran kista akan membuat lambung tertekan. Jika kista nantinya pecah, lambung juga dapat terisi cairan kista hingga perut akan terasa kembung.

4. Gangguan detak jantung

Hidup sehat tentunya ditunjukkan dengan kondisi badan yang sehat, salah satunya detak jantung. Tubuh sehat tidak akan mengalami detak jantung terlalu cepat atau detak jantung terlalu lambat. Kondisi kista, terutama yang sudah pecah, dapat menimbulkan perdarahan. Perdarahan ini akan memicu jantung bekerja lebih keras seiring dengan banyaknya darah yang keluar. Kinerja jantung yang tidak sehat perlu diwaspadai karena dapat memicu serangan jantung mendadak.

5. Demam

Demam merupakan perlawanan awal tubuh terhadap kondisi atau benda asing di dalam tubuh. Jika seseorang mengidap kista, maka sistem imun tubuh otomatis akan melakukan perlawanan. Pada kondisi inilah tubuh akan mengalami  demam tinggi. Demam tinggi juga bisa terjadi ketika kista sudah pecah sehingga menimbulkan nyeri di beberapa bagian tubuh seperti bagian perut, organ kewanitaan, dan juga di area panggul.

6. Benjolan di perut

Waspadai jika menemukan ada benjolan di area perut. Kista yang sudah membesar seringkali akan terasa ketika meraba area perut. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pasien kista yang telah berusia lebih dari 50 tahun. Penanganan kista pada usia lanjut akan sangat berbeda dengan pasien yang masih berusia muda.

Cara merebus daun sirsak untuk kista hanya satu dari ragam manfaat yang diperoleh dari daun suruh. Ada beragam manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan, antara lain:

  • Berkhasiat sebagai obat hipertensi, asam urat, kolesterol tinggi
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Berpengaruh positif terhadap produksi ASI
  • Berperan sebagai penghambat antivirus
  • Penghambat pertumbuhan tumor dan kanker
  • Menurunkan demam tinggi
  • Salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Itulah ragam manfaat dan cara merebus daun sirsak untuk kista. Menjaga pola hidup sehat dan pola makan dengan baik akan menghindarkan tubuh dari beragam penyakit. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat. Terima kasih.