10 Bahaya Teh Basi Untuk Kesehatan

Bahaya teh basi merupakan dampak buruk yang diakibatkan karena kondisi zat yang ada didalamnya telah mengalami perubahan karena bersifat racun. Teh basi dapat bermanfaat jika digunakan untuk perawatan bagian luar tubuh dan bukan dikonsumsi lagi. Teh telah dinyatakan basi jika telah melewati 24 jam. Namun adakalanya teh disebut sudah basi jika telah melewati 2 jam sejak proses penyeduhan, Hal tersebut dikarenakan aroma dan citarasanya yang nikmat relatif telah berkurang.

Kandungan nutrisi teh
Teh memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan akan bermanfaaat selama tidak mengalami perubahan reaksi yang menyebabkan teh menjadi basi.

• Energi total 133 kkal
• Vitamin A sekitar 2095 IU
• Vitamin B1 sekitar 0,02 mg
• Zat besi sebanyak 12 mg
• Karbohidrat 67,8 gr
• Lemak tak jenuh 0,2 gr
• Protein utuh 20 gr
• Zat fosfor 257 mg

Zat kimia lain yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya : Senyawa Asam amino L-theanine, Klorin, Folifenol, Senyawa quercetin , Myricefin, Natrium, Kalium, Magnesium dan kaempfrol serta zat cafein yang kurang lebih sebanyak 40 sampai 45 mg pergelasnya.

Bahaya teh basi

1. Insomnia
Teh mengandung kafein yang rendah dan tidak sebanyak seperti yang ada pada minuman bersoda dan kopi hitam, Namun ketika teh telah basi maka kadar kafein akan mengalami peningkatan yang jika dikonsumsi kembali secara terus menerus dan jangka panjang akan menyebabkan seseorang kesulitan tidur dan mengalami penyakit insomnia. Bahaya teh basi dapat dicegah dengan tidak lagi mengkonsumsinya setelah 3 jam teh tersebut tidak diminum lagi.

2. Mag kronis
Bahaya teh basi mampu mengiritasi dinding usus yang menyebabkan seseorang terkena penyakit mag yang jika terus mengkonsumsi teh basi akan menyebabkan mag menjadi kronis.

3. Kemadulan pada pria
Zat klorin pada teh basi dapat memuai dan mengalami reaksi kimia menjadi zat yang bersifat racun, Bahaya teh basi jika dikonsumsi atau diminum akan menyebabkan gangguan reproduksi pada pria yang akhirnya menyebabkan kemandulan.

4. Kanker
Teh yang telah berinteraksi dengan radikal bebas termasuk debu, Kotoran hewan, Asap kendaraan dan sebagaianya dapat bersifat karsinogen dan ketika masuk dalam sel tubuh dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Bahaya teh basi tersebut berlaku pula pada teh celup dimana bahan kertas, Lem dan benangnya akan ikut terendam ketika proses penyeduhan, Kondisi itulah yang menyebabkan zat karsinogen ikut larut dalam air dan terakumulasi dengan enzim didalam tubuh.

5. Asam lambung
Mengkonsumsi teh yang telah basi dalam perut yang kosong dapat melipat gandakan bahaya teh basi berupa terjadi keasaman yang melimpah di organ lambung. Peningkatan asam lambung yang berlebihan tersebut justru cepat menyebabkan lambung menjadi iritasi dan timbul tekanan yang memicu rasa nyeri yang luar biasa. (Baca juga : Cara mengobati asam lambung secara alami)


6. Perut melilit dan mencret
Mengkonsumsi teh basi dapat menyebabkan otot perut mengalami ketegangan dan meningkatakan gas. Gas inilah yang dapat menyebabkan bahaya teh basi berupa perut kembung dan sakit perut secara berulang atau melilit yang akhirnya buang air mencret-mencret. (Baca juga: penyebab perut melilit dan mencret)

7. Memicu penyakit teroid
Zat nutrisi dan kafein pada teh basi dapat bertinadak sebagai racun yang karena telah terakumulasi denagn berbagai bakteri dan kuan yang dihasilakan radikal bebas. Kondisi ini dapat mengganggu kelenjar teroid yang ada dibagian leher. Gangguan teroid merupakan bahaya teh basi yang dapat terjadi berupa adanya pembengkakan dan rasa nyeri dibagian leher.

8. Anemia
Teh basi tidak baik diminum dalam kondisi apapun karena kafeinya telah berubah menjadi zat kimia berbahaya yang nantinya dapat menghambat penyerapan zat besi dan merusak serl darah merah yang menyebabkan penderita anemia menjadi mengalami koma dan penurunan kesadaran. Bahaya teh basi tersebut dapat juga beresiko pada orang orang yang memilki gejala anemia ringan. (Baca juga: Ciri ciri Anemia)

9 .Sembelit
Teh basi dapat mengganggu proses pembuangan disaluran feses dimana feses mengalami proses pengerasan. Bahaya teh basi bisa diakibatkan karena kondisi zat kafein yang telah basi dimana pergerakannya mampu mengikat cairan disaluran pembuangan yang berpotensi besar menghambat kelancarabn buang air besar atau sembelit. (Baca juga: Cara mengatasi sembelit)

10. Mengagalkan penyerapan vitamin dan mineral
Mengkonsumsi teh basi ketika atau setelah selesai makan dapat mengakibatkan tubuh kesulitan menyerapan vitamin dan mineral pada makanan yang telah masuk pada sistem pencernaan. Bahaya teh basi yang akan terjadi dapat berupa gagalnya penyerapan nutrisi tersebut menyebabkan penyebaran nutrisi makanan keseluruh jaringan organ menjadi tidak maksimal.

Solusi
Tips terbaik agar tidak mengalami keluhan kesehatan akibat penggunaan teh basi

• Minuman teh bisa disimpan dalam freezer agar dapat dikonsumsi lebih lama dan terhindar dari serangan bakteri dan radikal bebas yang dapat menyebabkan teh cepat menjadi basi dan mengandung racun.

• Memakai wadah yang terbuat dari gelas dan bukan plastik, Karena plastik dapat mengalami pemuaian ketika teh dalam keadaan panas dan menyebabkan bahan palstik menjadi partikel radikal bebas yang merugikan kesehatan tubuh.

• Sebaiknya agar teh dalam kondisi terbaiknya lebih dari 2 jam , Konsumsilah teh tanpa penggunaan gula dalam bentuk apapun karena gula bisa menyebabkan teh lebih cepat basi.

• Minumlah sesaat setelah teh diracik agar manfaatnya dapat segera diserap oleh tubuh dan terhindar dari serangan radikal bebas ketika teh panas disuguhkan diluar ruangan yang banyak mengandung angin dan uadara yang berpolusi, Misalnya dikafe yang kondisi tempatnya berada dipinggir jalan yang dipenuhi lalu lalang kendaraan atau pejalan kaki.


• Tidak mengonsumsi teh dalam keadaan sedang menyantap makanan atau daalam keadaan perut kosong. Minumlah satu jam setelah selesai makan agar kondisi lambung dan pencernaan telah santai dan siap menerima semua zat yang ada pada teh.

• Disarankan memakai bahan dasar teh tubruk atau teh yang dikemas dalam bungkus kertas ketimbang teh celup yang terbukti lebih cepat memuai dengan udara yang menyebabkan teh cepat basi.

• Pakailah gelas beling, Kaca khusus atau cangkir yang dibuat dari bahan dasar keramik ketika menyuguhkan teh untuk dikonsumsi karena gelas atau keramik adalah bahan terbaik mencegah teh cepat mengalami basi . Pemakaian gelas plastik hanya akan menggerus sedikit demi sedikit zat kimia yang sebelumnya telah ada pada struktur plastik yang akhirnya memuai dan bercampur dalam teh yang mempercepat teh menjadi basi.

• Hentikan kebiasaan mencocol atau memasukan roti atau kue pada minuman teh untuk kemudian dimakan. Roti atau kue yang dimasukan sesaat diair teh memanag enak untuk dimakan namun sebenarnya menyebabkan teh cepat menjadi basi.

, , ,
Post Date: Thursday 22nd, September 2016 / 02:22 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya