Sponsors Link

Prolin : Pengertian – Manfaat – Dosis dan Efek – Makanan

ads

Prolin merupakan senyawa yang tergolong ke dalam asam amino non esensial. Artinya, prolin dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Prolin adalah satu-satunya asam amino dasar yang memiliki dua gugus samping yang terikat satu sama lain. Sebagai bagian dari asam amino, prolin memiliki manfaat utama untuk menjalankan fungsi protein.

(Baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan asam amino)

Proses biosintetik prolin berasal dari asam amino L-glutamat. Prolin memiliki struktur siklik yang khas dan mampu memberikan prolin kekakuan konformasi yang luar biasa dibandingkan dengan jenis asam amino lainnya. Kondisi tersebut mempengaruhi laju ikatan pembentukan peptida antara prolin dengan jenis asam amino lainnya. Ketika prolin terikat sebagai amida pada ikatan peptida, nitrogen tidak dapat terikat pada hidrogen, artinya tidak dapat bertindak sebagai donor ikatan hidrogen, akan tetapi mampu menjadi akseptor ikatan hidrogen. Prolin sebenarnya adalah asam imino, bukan asam amino. Karena itu banyak ahli yang mengatakan bahwa prolin tidak tergolong sebagai asam amino.

Manfaat Prolin

Sebagai bagian dari asam amino, prolin memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk menjalankan fungsi protein. Berikut ini beberapa manfaat prolin bagi kesehtan tubuh.

1. Membentuk Kolagen

Manfaat utama prolin adalah untuk membentuk kolagen di dalam tubuh. Prolin berguna untuk menjaga kekecangan kulit sehingga mencegahnya dari keriput (kendur) yang biasanya disebabkan oleh sinar matahari. Kolagen merupakan jaringan yang halus dan fleksibel yang memberikan ikatan pada tulang seperti lem. Kolagen merupakan struktural utama protein yang ditemukan di seluruh tubuh manusia. Kolagen selain menjaga kekecangan kulit juga berperan untuk menjaga kesehatan tulang rawan dan area sendi untuk mengurangi adanya gesekan antar tulang. Prolin membantu menjaga kesehatan dan juga mempercepat proses penyembuhan tulang rawan dan juga sendi yang mengalami gangguan. Dalam hubungannya dengan asam amino yang lain yaitu lisin, prolin merupakan perkursor untuk hidroksiprolin serta hidroksilisin. Hidroksiprolin digunakan oleh tubuh untuk membuat kolagen, tendon, ligamen, dan juga otot jantung. Kolagen yang ada di dalam tubuh kita terdiri atas 15% prolin. Kondisi tersebut membuat prolin memiliki manfaat untuk pengobatan seperti radang sendi, kesleo pada jaringan lunak, dan juga nyeri punggung kronis.

(Baca juga: fungsi kolagen bagi kesehatan dan tubuhbuah yang mengandung kolagen)

2. Mencegah Arterosklerosis

Arterosklerosis atau pengerasan dinding aretri merupakan kondisi yang seringkali menyebabkan gangguan pada kardiovaskuler hingga menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Di dalam tubuh kita, prolin memainkan peran penting untuk mencegah arterosklerosis atau pengerasan dinding arteri.

Sponsors Link

Arterosklerosis terjadi ketika dinding pembuluh darah arteri mengalami penebalan akibat adanya penumpukan dan pengerasan lemak pada dinding pembuluh arteri. Kondisi ini akan memperberat kerja jantung dan juga menghambat aliran darah ke seluruh organ dan jaringan di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian, asupan prolin ternyata dapat membantu pelepasan lemak pada dinding pembuluh arteri sehingga mengurangi resiko penyumbatan ke jantung dan juga pembuluh darah yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, asupan prolin akan mengurangi resiko penyakit jantung dan juga gangguan kardiovaskuler lainnya.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, prolin merupakan salah satu komponen penting untuk membentuk kolagen di dalam tubuh kita. Bahkan 15% kolagen yang ada di dalam tubuh kita terdiri atas prolin. Seperti yang kita tahu, kolagen merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan kulit. Pada usia muda, kulit biasanya memiliki kecenderungan kenyal, elastis, dan juga tebal. Sedangkan pada usia tua, kulit akan memiliki kecenderungan tipis dan kurang berserat akibat adanya penurunan kolagen pada lapisan kulit. Selain karena faktor usia, paparan sinar matahari dan juga dampak radikal bebas menyebabkan jumlah kolagen pada lapisan kulit menurun dan menyebabkan munculnya garis-garis halus dan keriput pada kulit. Dengan meningkatkan asupan prolin, jumlah kolagen di tubuh dan juga lapisan kulit akan meningkat sehingga berbagai gangguan kulit seperti penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan juga radikal bebas dapat dicegah.

(Baca juga: makanan sehat untuk kulit)

4. Perbaikan Jaringan

Asupan prolin diketahui sangat penting terutama bagi seseorang yang berada dalam masa trauma jaringan lunak seperti cedera, dalam masa penyembuhan luka, terkena luka bakar parah, atau terkena luka pasca operasi. Prolin merupakan senyawa pnting untuk mempercepat proses penyembuhan luka dengan meningkatkan perbaikan jaringan yakni dengan meningkatkan fragmen kolagen sehingga merangsang penyembuhan menjadi lebih cepat. Karena itulah, seseorang yang berada pada masa penyembuhan biasanya harus mendapatkan asupan prolin dalam jumlah yang lebih tinggi dibandingkan orang sehat pada umumnya.

(Baca juga: penyebab luka tidak cepat keringmakanan yang cepat menyembuhkan luka operasi)

sponsored links

Itulah beberapa manfaat prolin bagi kesehatan tubuh. Asupan prolin dalam bentuk suplemen mungkin tidak dibutuhkan bagi seseorang yang memiliki tubuh sehat. Akan tetapi bagi seseorang yang berada dalam masa penyembuhan luka asupan prolin dalam bentuk suplemen atau makanan mungkin saja dibutuhkan agar proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Prolin bukanlah senyawa pembentuk sel, akan tetapi prolin berguna untuk menjaga kesehatan jaringan otot. Di dalam tubuh kita, prolin memiliki pengaruh terhadap kekuatan otot untuk menjalankan berbagai fungsi.

Dosis dan Efek Samping Asupan Prolin

Asupan prolin yang disarankan adalah sebanyak 500 sampai 100 mg per hari. Asupan tersebut tergolong aman bagi orang-orang dengan kondisi tubuh sehat. Akan tetapi bagi seseorang yang berada dalam kondisi kurang sehat, terutama dalam kondisi masa penyembuhan luka, asupan prolin dapat ditambah melalui asupan suplemen yang mengandung prolin.

Jika asupan prolin melebihi dosis yang disarankan, maka bisa jadi tubuh akan menunjukkan berbagai gejala yang buruk, seperti:

  • takanan darah rendah dan juga infeksi pada darah
  • gangguan saraf
  • gangguan pada lambung
  • reaksi alergi
  • siklus asam nitrat tidak seimbang sehingga memperberat kerja hati dan ginjal

Jika Anda ingin memperoleh manfaat prolin, Anda cukup mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung prolin. Jangan menambah asupan prolin melalui asupan suplemen tanpa petunjuk dari dokter karena bisa jadi kondisi tersebut justru akan menyebabkan asupan prolin terlalu tinggi dan menyebabkan reaksi atau gejala yang buruk. Tambahlah asupan prolin jika kondisi tubuh Anda memang sangat membutuhkan, misalnya Anda baru saja mengalami operasi atau mengalami luka atau trauma pada persendian. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Makanan yang Mengandung Prolin

Jika kondisi tubuh Anda sehat maka asupan prolin bisa Anda peroleh melalui asupan beberapa jenis makanan berikut ini. Jumlah prolin yang terkandung di dalam beberapa jenis makanan berikut disajikan dalam takaran per 200 kalori.

  • Keju mengandung 3,986 gram prolin
  • Daging sapi mengandung 3,607 gram prolin
  • Lasagna mengandung 3,354 gram prolin
  • Kubis mengandung 2,942 gram prolin
  • Yogurt mengandung 2,425 gram prolin
  • Rebung mengandung 2,345 gram prolin
  • Daging babi mengandung 2,345 gram prolin
  • Daging domba mengandung 2,245 gram prolin
  • Dada ayam mengandung 2,238 gram prolin
  • Daging burung unta mengandung 2,145 gram prolin
  • Susu tanpa lemak mengandung 2,018 gram prolin
  • Daging kalkun mengandung 1,863 gram prolin
  • Daun selada mengandung 1,746 gram prolin
  • Asparagus mengandung 1,744 gram prolin
  • Kecap mengandung 1,74 gram prolin
  • Daging sapi muda mengandung 1,71 gram prolin
  • Daging kerbau mengandung1,677 ram prolin
  • Tahu mengandung 1,62 gram prolin
  • Ikan laut mengandung 1,607 gram prolin
  • Daging bebek mengandung 1,59 gram prolin

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung prolin. Untuk memperoleh manfaat prolin sebaiknya Anda mengkonsumsi beberapa jenis makanan tersebut. Batasi asupan prolin dalam bentuk suplemen atau bila perlu hindari asupan prolin dalam bentuk suplemen karena bisa menyebabkan kadar prolin dalam tubuh berlebih dan menyebabkan reaksi dan gejala-gejala yang buruk bagi tubuh.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 10th, June 2016 / 03:31 Oleh :
Kategori : Protein