89 Bahaya Narkoba Dalam Berbagai Bidang & Sesuai Jenisnya

Bahaya narkoba sudah tidak dapat disebutkan lagi, kematian, kecanduan, dan masa depan suram adalah beberapa diantaranya. Sebagai obat – obatan terlarang narkoba otomatis memiliki bahaya dan efek juga dampak negatif bagi banyak hal dan bidang.

bahaya narkobaSemua orang tentu mengetahui bahwa narkoba memang tidak boleh dikonsumsi karena semua agama melarang hal itu kecuali dalam kondisi tertentu misalnya keperluan pengobatan. Bahaya narkoba dapat berdampak pada berbagai bidang :

  • Kesehatan
  • Pelajar dan Generasi Muda
  • Lingkungan Masyarakat
  • Keluarga

Dokter juga tidak sembarangan menggunakan narkoba untuk kepentingan penyembuhan dan dunia medis. Penyalahgunaan narkoba tetap tinggi, hal ini dapat dilihat sudah miliyaran kasus narkoba di dunia ini yang telah menelan ratusan juta korban jiwa. NARKOBA SANGAT MEMATIKAN. Yahh.. itu lah kata yang pantas untuk disematkan pada barang haram ini.

Lalu bagaimana bahaya narkoba, baik untuk kesehatan maupun untuk hal lainnya? Inilah bahaya – bahaya yang mengancam seseorang bila berhubungan dengan narkoba bagi kesehatan dan kehidupan sehari – hari:

Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

  1. Terserang penyakit jantung. Jangankan narkoba, penyakit jantung bisa saja menghampiri karena pola hidup juga asupan makanan yang mengandung zat kimia lain. Narkoba dengan mudah dapat memicu penyakit ini karena merusak jantung itu sendiri.
  2. Hemoprosik. Narkoba dapat memberi gangguan negatif pada jantukng akibat zat adiktifny di dalamnya. Hal ini disebut gangguan hemoprosik.
  3. Menganggu traktur urinarius. Mengkonsumsi narkoba menyebabkan urin beracun. Zat-zat di dalam narkoba yang berbahaya akan ikut dalam air urin atau seni. Itu makanya seseorang yang pemakai narkoba dapat ditest melalui test urin.
  4. Merusak otak Narkoba juga memiliki bahaya terhadap otak. Narkoba akan membuat kerja otak melambat hingga tidak berfungsi. Maka dari itu kebanyakan pemakai narkoba kebanyakan tidak dapat berpikir secara logika dan benar.
  5. Merusak tulang. Tulang yang menjadi penopang bagi tubuh kita juga dapat rusak karena memakai narkoba. Zat berbahaya dalam narkoba dapat mengeroposkan dan mengikis tulang sedikit demi sedikit. Tentu ini akan memberi efek besar terhadap kondisi fisik kita.
  6. Pembuluh darah bermasalah. Zat berbahaya dalam narkoba juga akan masuk ke dalam pembuluh darah kita. Selain urin, cara mengecek apakah seseorang adalah pemakai juga dapat dicek melalui kandungan dalam darahnya. Para pemakai narkoba terancam mengalami masalah pada pembuluh darah mereka dan merusak tubuh.
  7. Gangguan Kulit. Narkoba juga memiliki bahaya terhadap kulit. Karena narkoba mudah diserap oleh semua bagian tubuh termasuk kulit. Kulit akan menjadi lebih kering dan timbul kerutan yang cepat atau penuaan dini.
  8. Merusak sistem syaraf. Bahaya narkoba yang cukup mematikan adalah merusak sisem syaraf. Narkoba dapat membuat syaraf – syaraf dalam tubuh kita tidak bekerja dengan baik bahkan dapat berubah fungsi. Maka dari itu tidak sedikit pemakai yang juga mengalami kerusakan di bagian syaraf mereka.
  9. Menganggu paru – paru. Tidak hanya bahaya merokok yang dapat menganggu paru – paru. Narkoba juga dapat mengganggu kesehatan paru – paru di mana menjadi organ yang berfungsi untuk kita bernafas. Sama seperti rokok, paru – paru pemakai narkoba juga akan menghitam.
  10. Sistem pencernaan terganggu. Narkoba juga menganggu sistem pencernaan dalam tubuh kita. Kebanyakan pemakai narkoba mengalami sulit buang air besar maupun kecil. Dan masalah ini menimbulkan berat tubuh yang tidak stabil.
  11. Memicu penyakit berbahaya. Penyakit berbahaya juga dengan senang hati mendatangi para pemakai narkoba. Penyakit – penyakit berbahaya seperti gagal jantung, gagal ginjal, kanker, tumor, AIDS, dan lainnya mudah muncul bila memakai narkoba sebagai obat penyelesai segala masalah.
  12. Gangguan jiwa. Selain berdampak serius terhadap kesehatan, pemakai narkoba juga biasanya mengalami gangguan jiwa. Mereka akan sulit membedakan mana yang benar, mana yang tidak. Mereka juga akan kehilangan kesadaran mereka dna membicarakan hal yang tak masuk akal seperti orang yang terkena gangguan jiwa.
  13. Gangguan endokrin. Narkoba yang sangat berbahaya juga dapat mengganggu endokrin di mana menjadi salah satu proses yang penting untuk perkembangan hormon dalam tubuh. Sistem endokrin juga menjadi sistem penting di dalam tubuh untuk mengatur hormon.
  14. Kerusakan mental. Selain itu, bahaya dari narkoba adalah merusak mental sang pemakai. Mereka akan mengalami gangguan mental di mana tidak dapat berpikir secara benar dan lurus. Mereka juga terkadang menjadi sangat berani tetapi di sisi lain mereka juga dapat merasa sangat takut.
  15. Tubuh tidak berjalan dengan normal. Narkoba juga memiliki bahaya untuk sistem tubuh. Pemakai narkoba bisa saja sulit berbicara ataupun sulit bergerak. Mereka bisa mengalami tidak dapat makan ataupun tidak dapat mendengar. Hal ini dikarenakan narkoba merusak sistem organ – organ dalam tubuh dan menyumbat pergerakannya.
  16. Merusak Mata. Narkoba juga dapat menyebabkan kelainan mata sehingga mata memerah dan bahkan dalam dosis dan pemakaian jangka panjang narkoba membuat mata seperti ada uratnya.
  17. Penurunan Berat badan. Narkoba dapat membuat pecandunya menjadi kurus dalam waktu singkat karena zat aditif tersebut menyebabkan kerusakan sel lainnya dalam tubuh.
  18. Kemandulan dan Impotensi. Bagi anda yang masih mengkonsumsi narkoba, siap siap menjadi mandul.
  19. Rentan terkena Hiv Aids, terutama jenis narkoba yang menggunakan jarum suntik.
  20. Berhalusinasi. Pecandu narkoba sering berhalusinasi dan membayangkan sesuatu diluar pikiran normal.
  21. Kematian. Tinggal menghitung tahun, bulan, atau harinya anda meninggal dunia, entah bagaimana caranya seperti OD, sakit, atau kurus kering, itu pasti.

Selain memiliki dampak buruk bagi kesehatan, narkoba juga memiliki dampak buruk bagi pelajar dan masa depannya.

Bahaya Narkoba Bagi Pelajar dan Generasi Muda

  1. Kecanduan. Apa yang bisa anda perbuat jika sudah kecanduan ? anda tidak akan bisa melakukan kegiatan apa apa lagi.
  2. Masa Depan PASTI suram. Anda tidak akan bisa berbuat banyak ketika sudah kecanduan, salah satu yang pasti adalah anda tidak memiliki masa depan. Pemakai narkoba yang telah meninggalkan narkoba kemungkinan besar memiliki masa depan yang gelap. Karena sebagian besar semua tempat kerja juga sekolah menolak pemakai narkoba untuk bekerja dan bersekolah di tempat mereka. Ini memberi dampak yang sangat negatif.
  3. Daya ingat sudah tidak bagus lagi. Zat aditif ini akan membuat daya ingat menurun drastis.
  4. Mati Muda. Sudah dapat dipastikan anda akan mati muda jika mengkonsumsi narkoba.
  5. Memiskinkan. Membuang – buang uang Untuk mendapatkan narkoba tentu perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Seperti yang kita tahu kalau mencari uang bukanlah hal yang mudah dan bila digunakan untuk hal buruk sama saja dengan membuang – buang uang. Bukan malah membuat hidup lebih bahagia, tetapi malah membuat sengsara.
  6. Masuk penjara. Hal yang memang paling terlihat efeknya adalah pemakai narkoba kemungkinan besar masuk penjara. Mungkin banyak yang menyepelekan namun harus diketahui bahwa di dalam penjara sana kehidupannya sangat sulit. Apa lagi perlakukan dari sesama penghuni yang tidak dapat ditebak.
  7. Ingin menikah ? sulit mangggg…. Kenapa sulit ? jika anda ketahuan mengkonsumsi narkoba maka tidak akan ada yang mau menikah dengan anda.
  8. Pendidikan Pasti Terganggu.

Bahaya Narkoba Bagi Keluarga

  1. Merusak citra keluarga. Pemakai narkoba harus tahu bagaimana rusaknya citra keluarga ketika orang lain tahu ada salah stau keluarga mereka yang seorang pemakai. Keluarga dan orang lain akan mengucilkan pemakai tersebut dan menjauh. Selain itu semua sikap dari keluarga dan orang lain akan mempengaruhi pemakai itu sendiri.
  2. Menjadi Benalu di keluarga. Keluarga akan sangat direpotkan karena harus menanggung kecanduan anda. Dalam berbagai aspek seperti keuangan dan bahkan nanti jika anda tertangkap polisi.
  3. Perceraian (bagi yang sudah berkeluarga). Siapa yang mau bersama pecandu semasa hidupnya yang sudah pasti suram? perceraian sudah pasti menjadi jalannya.
  4. Masa depan anak-anak ikut hancur. Melihat perilaku dan kesehatan anda, maka secara tidak langsung anak akan hancur masa depannya

Bahaya Narkoba Bagi Lingkungan Masyarakat

  1. Meningkatnya aksi kriminal. Pecandu narkoba sudah pasti mencari segala cara untuk mendapatkan barang haram ini, salah satunya adalah dengan melakukan tindakan kriminal seperti mencuri, melacurkan diri, dan bahkan membunuh. Karena adanya gangguan jiwa dan mental, pemakai narkoba akan sangat mudah melakukan kegiatan kriminal.

    Mulai dari mencuri, membunuh, hingga memperkosa. Apa lagi dijunjung untuk terus memiliki uang untuk membeli narkoba. Para pemakai akan kehilangan rasa sadar mereka dan menghalalkan semua cara.
  2. Rusak masa depan bangsa. Semakin banyak generasi muda yang mengkonsumsi narkoba, maka akan semakin rusak masa depan bangsanya.
  3. Membahayakan lingkungan sekitar. Berada disekitar pecandu narkoba akan berdampak pada perilaku aksi kriminal. Maka masyarakat dalam lingkungan tersebut juga akan menjadi calon korban aksi kriminal tersebut.
  4. Asosial. Pecandu narkoba cenderung berlaku asosial terhadap lingkungan sekitarnya.

Tips Menghindari Narkoba

  • Jauhi teman yang mengkonsumsi narkoba.
  • Awasi anggota keluarga kita
  • Didik anak, jangan menerima makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal
  • Ajari sedini mungkin bahaya – bahaya dibalik konsumsi narkoba pada anak – anak.
  • Lakukan pendekatan secara rohani
  • Jangan biarkan anggota keluarga depresi yang menjurus ke penggunaan narkoba.

Tanamkan kebiasaan untuk hidup sehat dan tidak gemar lari dari masalah dan mengambil jalan yang salah untuk menyelesaikannya. Banyak dari pemakai yang memiliki alasan bahwa masalah akan selesai dengan cara mengkonsumsi narkoba. Padahal hal tersebut malah menambah masalag baru dalam kehidupan.

Jika Sudah Menggunakan, Apa yang harus dilakukan ?

Jika ada kerabat yang sudah menggunakan, apa yang harus dilakukan untuk mendorong agar tidak semakin menjadi-jadi.

  • Putuskan pergaulan dengan mitra narkoba anda.
  • Usahakan masuk rehabilitasi sekarang juga
  • Tanamkan niat anda akan bebas narkoba selama-lamanya

Di Indonesia. sendiri kini narkoba menjadi masalah besar yang harus cepat diselesaikan oleh pemerintah. Tidak sedikit juga tokoh – tokoh seperti para artis yang ketahuan dan ditangkap menggunakan narkoba. Apa lagi orang umum yang tidak menjadi sorotan. Butuh pengawasan banyak pihak terutama keluarga untuk menghindari pemakaian narkoba.

Ada banyak jenis narkoba yang beredar di pasaran dengan mudah. Dalam bentuk apapun. Tidak hanya orang dewasa tetapi anak – anak kecil juga dapat tidak sengaja mengkonsumsi narkoba. Maka dari itu bantulah pemerintah untuk memberantas peredaran narkoba dengan awasi yang benar kegiatan keluarga kita sendiri.

, ,
Post Date: Tuesday 24th, February 2015 / 10:16 Oleh :
Kategori : Aditif