Home Featured Serba-Serbi Penggunaan Baking Soda Untuk Mengatasi Jerawat

Serba-Serbi Penggunaan Baking Soda Untuk Mengatasi Jerawat

by Syara

Jerawat timbul saat pori-pori kulit tersumbat minyak yang dihasilkan secara alami oleh tubuh. Tersumbatnya pori-pori memicu berkembangnya bakteri. Beberapa orang memilih menggunakan bahan – bahan alami yang mudah diperoleh untuk mengatasi jerawat, salah satu diantaranya adalah baking soda.

Baking soda memang bersifat anti-inflamasi dan antiseptik sehingga akan membantu mengurangi breakout yang disebabkan jerawat serta mengatasi rasa sakit dan inflamasi akibat jerawat.

Namun, penggunaan baking soda pada kulit tidak begitu direkomendasikan oleh para ahli karena dapat membuat kulit iritasi dan menyingkirkan minyak alami yang penting untuk kulit.

Jika tetap memilih menggunakannya maka sebaiknya jangan digunakan setiap hari dan aplikasikan dalam jumlah yang sedikit. Baking soda dapat menyebabkan kulit kering maka segera aplikasikan pelembab setelah menggunakannya.

Sebaiknya gunakan baking soda yang baru saja dikeluarkan dari kotaknya untuk menghindari baking soda yang terkontaminasi dengan zat-zat yang mungkin saja berbahaya untuk kulit.

Mengatasi jerawat

Untuk mengatasi jerawat, Anda dapat mencampurkan 2 sendok the baking soda dengan sedikit air. Campur air dan baking soda hingga membentuk pasta kemudian aplikasikan langsung ke jerawat dan biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya.

Segera aplikasikan pelembab setelah menggunakan baking soda untuk mencegah kulit kering.

Pada dasarnya masih sedikit penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apakah baking soda benar – benar bermanfaat untuk mengatasi jerawat, dan faktanya banyak ahli yang tidak menyarankan untuk menggunakannya.

Kulit manusia memiliki level pH alami antara 4,5 dan 5,5, artinya bersifat asam. Berada dalam level pH tersebut memungkinkan kulit memproduksi minyak alami yang baik dan melembabkan serta melindungi kulit dari bakteri dan polusi.

Baking soda memiliki pH 9 artinya sifatnya alkaline dan lebih banyak efek negatifnya dibandingkan efek positifnya pada kulit. Baking soda pun mampu mempengaruhi pH kulit dengan menyingkirkan minyak alami pada kulit dan menyebabkan efek samping lainnya.

Efek samping yang dimaksud diantaranya adalah kulit kering, keriput dini, jerawat yang lebih parah, iritasi dan inflamasi pada kulit, serta sensitivitas pada hal – hal alami seperti sinar matahari.

Jika masih ingin mengatasi jerawat dengan bahan-bahan alami, Anda mungkin sebaiknya mempertimbangkan beberapa bahan yang tentunya lebih aman dan memiliki efek samping yang lebih sedikit, yakni :

  • Cuka apel
  • Tea tree oil
  • Hindari menyentuh wajah sesering mungkin
  • Menjalankan pola diet yang baik termasuk mengurangi gula dan pati (terigu)
  • Hindari produk-produk susu

Para dermatologis tidak merekomendasikan penggunaan baking soda untuk mengatasi jerawat salah satunya karena sifat alkalinnya. Lebih bijak jika Anda berkonsultasi ke dokter untuk diberikan resep obat yang lebih terpercaya, atau membeli obat-obat yang dijual bebas di apotek atau menggunakan bahan-bahan alami yang lebih lembut untuk kulit.

You may also like