Home Featured Bermasalah Dengan Bau Badan ? Bahan – Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Bau Badan

Bermasalah Dengan Bau Badan ? Bahan – Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Bau Badan

by Syara

Tahukah Anda hanya 2 % individu yang diberkati dengan gen spesifik (ABCC11) yang mencegah ketiak mereka menghasilkan bau tak sedap. Sementara sisanya bermasalah dengan hal ini.

Bau ketiak seperti halnya bau badan berkaitan erat dengan kelenjar apokrin. Kelenjar – kelenjar ini biasa ditemukan di bagian kelamin, putting, ketiak, payudara dan telinga. Kelenjar ini yang bertanggung jawab untuk sekresi air susu di payudara dan kotoran telinga di telinga.

Kelenjar ini juga yang berperan dalam sekresi keringat di area kelamin, putting dan ketiak. Keringat yang diproduksi inilah yang menghasilkan bau. Bau yang tak sedap dikarenakan bakteri yang mengurai keringat yang kaya akan protein.

Sebagian orang bergantung pada deodoran untuk mengatasi masalah bau badan utamanya pada bagian ketiak. Namun walaupun deodoran membantu Anda mengurangi bau tak sedap sepanjang hari, deodoran bukanlah solusi permanen.

Jika tidak nyaman menggunakan deodoran, artikel berikut yang dilansir dari Stylecraze mungkin akan membantu Anda menemukan alternatif lainnya untuk mengatasi masalah bau badan dengan menggunakan bahan – bahan yang mudah ditemukan di dapur rumah Anda.

  1. Cuka Apel

Sifat asam pada cuka apel dan kemampuan antimikrobanya dapat menetralisir keadaan di  area ketiak. Cuka apel membantu menghilangkan bakteri penyebab bau badan. Penggunaan cuka apel secara teratur juga mampu mencegah akumulasi bakteri.

Yang Anda perlu persiapkan adalah cuka apel beserta kapas. Oleskan cuka apel pada ketiak dengan bantuan kapas sehari dua kali setiap pagi setelah mandi dan malam hari sebelum tidur.

  1. Minyak Esensial

Minyak esensial yang baik untuk mengatasi bau badan adalah minyak esensial lavender dan tea tree. Minyak lavender sering digunakan untuk mengatasi beragam masalah kulit dan kesehatan. Aromanya yang semerbak dapat membantu menghilangkan bau dan kemampuan antibakterinya mampu mematikan bakteri di ketiak.

Cukup campurkan 4 hingga 5 tetes minyak lavender dengan segelas air. Masukkan campuran tersebut pada botol spray dan semprotkan pada ketiak Anda. Lakukan sehari dua kali.

Sementara itu tea tree oil dianggap salah satu yang terbaik dalam mengatasi bau ketiak. Kemampuan antimikroba dan sifat astringent yang dimilikinya membantu mengecilkan pori di ketiak dan mengatasi bau yang disebabkan bakteri.

Campurkan dua tetes tea tree oil dan dua sendok makan air serta siapkan kapas. Dengan bantuan kapas aplikasikan campuran tadi ke ketiak Anda. Lakukan dua kali sehari untuk memperoleh hasil yang efektif.

  1. Baking Soda

Baking soda akan menjaga area ketiak Anda kering dan bebas keringat. Kemampuan antibakterinya juga mampu melawan bakteri yang menyebabkan bau tak sedap. Cukup campurkan satu sendok makan baking soda dan satu sendok makan perasan lemon. Aplikasikan langsung ke ketiak Anda dan biarkan selama dua hingga tiga menit. Setelah itu Anda dapat mandi. Lakukan sekali dalam sehari selama beberapa minggu.

  1. Lemon Juice

Lemon bersifat asam dan memiliki kemampuan antibakteri. Hal ini akan membantu mengurangi pH kulit Anda dan menjadikan kulit Anda terhindar dari bakteri penyebab bau badan.

Anda hanya membutuhkan setengah lemon. Oleskan lemon tersebut langsung di ketiak Anda kemudian biarkan hingga mongering. Setelah itu bilas dengan air. Jika kulit Anda sensitif, Anda dapat mencampurkan perasan lemon dengan setengah gelas air dan aplikasikan ke ketiak Anda dengan bantuan kapas. Lakukan sekali dalam sehari hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Coconut Oil

Coconut Oil mengandung asam lemak yang merupakan agen antimikroba yang sangat kuat. Hal ini membantu menghindarkan bakteri penyebab bau badan dan mengembalikan pH kulit Anda.

Aplikasikan coconut oil pada ketiak Anda dengan menggunakan jari. Biarkan hingga menyerap. Lakukan sekali atau dua kali dalam sehari, utamanya setelah mandi.

  1. Bawang Putih

Kaget bukan jika bawang putih ternyata ampuh mengatasi bau badan ? Kenyataannya konsumsi bawang putih membantu mengatasi bau badan. Hal ini karena sifat antimikroba dan antioksidan yang dimiliki bawang putih.

  1. Aloe Vera

Aloe Vera kaya akan antioksidan dan antibakteri. Cukup aplikasikan gel aloe vera langsung pada ketiak Anda dan biarkan selama semalam sebelum membilasnya pada keesokan harinya. Lakukan hal ini sehari sekali.

  1. Kentang

Kentang akan membantu mengendalikan keringat dan mematikan bakteri di ketiak Anda dengan mengurangi pH kulit. Hal ini karena kentang bersifat sedikit asam dan memiliki kemampuan antibakteri.

Cukup oleskan irisan kentang pada ketiak Anda dan biarkan mengering. Anda dapat mengaplikasikan deoderan setelahnya. Lakukan hal ini satu hingga dua kali sehari.

You may also like