Home Featured Benarkah Makan Kacang Bisa Menyuburkan Sperma Pria?

Benarkah Makan Kacang Bisa Menyuburkan Sperma Pria?

by Tri Astuti

Masalah kesuburan pria memang jarang diperhatikan sampai akhirnya menikah dan sang istri sulit hamil. Jika penyebab kesulitan hamil bukan dari istri maka bisa jadi karena sperma suami yang kurang berkualitas. Untungnya ada sebuah penelitian yang menyatakan jika makan segenggam kacang bisa meningkatkan kualitas sperma. Tapi benarkah bahwa kacang memang akan membuat sperma lebih sehat? Berikut beberapa buktinya.

  1. Penelitian tahun 2012. Penelitian yang dilakukan di University of California menyebutkan bahwa para pria yang mengonsumsi 75 gram kacang kenari setiap hari selama beberapa bulan terbukti memiliki sperma yang lebih sehat, vitalitas yang baik dan morfologi sperma yang sempurna.
  2. Penelitian tahun 2014. Penelitian ini dilakukan di Azienda Ospedaliera Citta della Salute e della Scienza, Torino yang dilakukan pada 100 pria. Mereka diberi kacang almond, kacang kenari dan kacang hazelnut sebanyak tujuh butir. Hasilnya sperma menjadi lebih subur, gerakan yang lebih lincah dan sehat.

Mengapa Kacang Membuat Sperma Sehat dan Subur

  1. Kandungan asam lemak tak jenuh ganda. Kandungan nutrisi seperti asam lemak tak jenuh ganda memang akan meningkatkan kualitas sperma. Jenis kacang-kacangan ini juga bisa menurunkan kolesterol dan membantu diet sehat untuk menurunkan berat badan.
  2. Kacang seperti almond dan walnut kaya dengan arginin. Ini adalah asam amino yang bisa meningkatkan produksi sperma dengan cepat.
  3. Kandungan serat ternyata juga baik untuk menjaga gerakan sperma, jumlah sperma dan kekuatan untuk mencegah berbagai dengan penyakit pencernaan termasuk obesitas.
  4. Vitamin E. Ketiga jenis kacang yang digunakan dalam penelitian ini juga mengandung vitamin E yang sangat tinggi. Fungsi utama dari vitamin E ini adalah untuk menjaga kualitas sperma, melindungi sperma dari radikal bebas sehingga tidak mudah rusak.

Namun sebenarnya untuk mendapatkan sperma yang sehat, tidak hanya perlu makan kacang saja. Pemilihan gaya hidup yang lebih sehat sangat disarankan, seperti:

  • Konsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti wortel, ubi dan manga. Kandungan makanan ini bisa meningkatkan sperma sampai 10 persen dari angka pemeriksaan pertama.
  • Hindari daging olahan dan daging merah berlemak. Pria sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak daging merah. Sebab makanan ini mengandung banyak lemak yang merusak sperma dengan cepat.
  • Konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran juga akan membantu kualitas sperma karena mengandung serat, vitamin dan mineral yang tinggi.
  • Hindari rokok dan alkohol. Jika sperma ingin lebih subur maka hindari rokok dan alkohol. Kedua kebiasaan ini bisa menyebabkan sperma rusak dan bahkan memicu penyakit lain seperti impotensi.

Itulah beberapa bukti bahwa kacang memang bisa membuat sperma lebih subur. Tapi ingat bahwa jeni kacang yang disarankan yaitu almond, hazelnut, dan kenari. Dan hindari gaya hidup buruk yang bisa menyebabkan penyakit lemah syahwat.

You may also like