Baca Ini! 6 Fakta Otak Manusia yang Belum Pernah Anda Tahu

151

Manusia sering menghubungkan tingkat kecerdasan dengan isi otak. Banyak ahli dan peneliti mencoba mencari tahu tentang apa yang terjadi pada otak tokoh cerdas seperti Einstein. Tapi otak masih menjadi bagian tubuh yang sangat misteri dan anehnya banyak penyakit yang dipengaruhi dari otak. Otak menjadi pengendali tubuh dan semua gerakan fisik. Agar kita tidak salah paham maka cobalah mengikuti fakta otak manusia dibawah ini:

  1. Otak Manusia Cukup Besar

Orang dewasa rata-rata memiliki otak yang besar dengan berat antara 1,3 sampai 1,4 kg. Tekstur otak seperti pasta gigi namun tidak lengket dan tidak bisa menempel. Namun otak memiliki bentuk yang lunak seperti tahu putih. Jika dilihat lagi maka sebagian tengkorak manusia berisi otak, darah, cairan untuk melindungi sistem syaraf dan cairan serebrospinal. Ketika Anda merasa sakit kepala maka kemungkinan besar berkembang dari otak.

  1. Semakin Tua Otak Semakin Kecil

Menurut penelitian yang dikembangkan ternyata semakin tua usia maka ukuran otak semakin mengecil. Hal ini bisa menyebabkan kondisi yang dipengaruhi oleh kesehatan tubuh dan penyakit yang berkembang dari waktu ke waktu. Pikun, stres dan pikiran juga akan mempengaruhi ukuran otak pada orang lanjut usia. Namun satu hal yang harus dipahami bahwa otak tidak berhubungan langsung dengan tingkat kecerdasan.

  1. Otak Membakar Energi Tubuh

Mungkin Anda berpikir bahwa kegiatan fisik yang dilakukan tubuh hanya bisa membakar energi. Tapi ternyata kerja otak justru mampu membakar energi. Karena itulah nutrisi dibutuhkan untuk membantu otak tetap bekerja. Semakin besar ukuran otak maka semakin besar tingkat energi tubuh yang dibakar. Dan sekarang menurut penelitian medis disimpulkan bahwa ukuran otak dipengaruhi dari perubahan cuaca dan persaingan kehidupan sosial.

  1. Isi Utama Otak Bukan Neuron

Ternyata isi sebagian besar otak manusia bukan terdiri dari neuron. Bagian terbesar otak adalah glia yang berbentuk lengket dan berfungsi untuk menyatukan rangkaian neuron dalam otak. Jadi otak kita ini sebagai besar berisi glia yang berfungsi untuk menjalankan peran sel-sel dalam otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membersihkan sistem neurotransmitter. Untuk menjaga fungsi glia dan neuron maka sebaiknya selalu menjaga kesehatan sistem saraf otak.

  1. Otak Dibentuk Sejak Janin

Ternyata proses pembentukan otak dimulai sejak dini ketika kita masih berkembang dalam rahim. semua proses ini dimulai sejak 3 minggu setelah terjadi pembuahan. Sebuah lembaran sel embrionik saraf melipat dan kemudian menyatu dengan tabung syaraf. Jaringan yang terbentuk pada akhirnya menjadi sistem syaraf pusat. Tabung syaraf ini akan mengalami diferensiasi selama trimester pertama. Kemudian saat trimester kedua mulai terbentuk glia dan neuron. Selama masa perkembangan ini otak akan terus membesar dan tidak pernah menyusut.

  1. Otak Selalu Berubah

Ternyata otak manusia juga terus mengalami perubahan sampai mencapai usia dewasa. Saat sudah dewasa maka beberapa koneksi dalam otak terganggu dan ini menyebabkan sifat mental yang aneh. Sementara otak anak-anak terus berkembang dan mendorong kecerdasan yang pesat. Bukti ini juga terjadi pada orang yang stroke dimana otak mengalami perubahan ukuran,materi dan fungsinya.

Itulah fakta otak manusia yang ternyata memang sangat mengejutkan. Mengingat fungsi otak yang sangat penting untuk kehidupan dan kesehatan manusia maka pastikan Anda menjaga kesehatan otak dengan baik.