Home Featured 5 Fakta Tentang Kesehatan Ginjal yang Penting Diketahui

5 Fakta Tentang Kesehatan Ginjal yang Penting Diketahui

by Putri Yohani Masnun

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Ginjal juga membantu proses pembuangan sisa metabolisme dalam bentuk urin, dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Dengan fungsinya yang begitu penting ginjal justru sangat sensitif dan rentan terserang penyakit. Apalagi penerapan pola hidup yang tidak sehat dapat mengganggu fungsi ginjal dan memicu gagal ginjal. Nah, agar ginjal selalu sehat, 5 fakta berikut ini sangat penting untuk kita ketahui.

1. Penyakit Ginjal Tidak Menunjukkan Gejala Awal

Tidak seperti penyakit pada organ tubuh lainnya, penyakit ginjal hampir tidak menunjukkan gejala awal, sehingga penyakit pada ginjal jarang dapat terdeteksi dengan cepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar kesehatan ginjal dapat terus terpantau adalah dengan memeriksakannya ke dokter secara rutin. Jadi jika memang terdapat masalah, lewat pemeriksaan rutin penyakit dapat lebih cepat diketahui dan lebih mudah untuk disembuhkan.

2. Ginjal Masih Tetap Berfungsi Meski Tinggal Sebelah

Kita memiliki sepasang ginjal yang terdapat di sisi kanan dan kiri ginjal. Dengan adanya dua ginjal maka proses penyaringan darah tidak terlalu berat. Namun kerusakan pada salah satu ginjal membuatnya tidak dapat lagi berfungsi bahkan harus dikeluarkan dari tubuh. Nah, dengan satu ginjal sisanya, kita masih tetap dapat bertahan hidup loh, namun tentu saja diperlukan pengawasan yang ketat terhadap diet dan pola hidup yang sehat agar ginjal yang tersisa tidak mendapatkan beban yang lebih berat.

3. Diabetes dan Hipertensi Penyebab Paling Umum Gagal Ginjal

Penyakit diabetes dan hipertensi sangat berhubungan dengan ginjal, karena keduanya erat berhubungan dengan darah. Diabetes membuat darah kelebihan kadar glukosa sehingga dapat memberatkan ginjal saat dalam proses penyaringan, begitu pula dengan hipertensi yang menyebabkan tekanan darah meningkat dapat memicu gagal ginjal secara perlahan-lahan.

4. Penyakit Ginjal Masih Bisa Disembuhkan

Penyakit ginjal termasuk penyakit yang berbahaya, apalagi jika sudah kronis dan mengalami gagal ginjal. Gagal ginjal tidak dapat disembuhkan dan hanya bisa diatasi dengan transplantasi ginjal untuk menghindari proses pencucian darah. Namun bukan berarti penyakit ginjal tidak dapat dilakukan. Cedera ginjal akut dan peradangan pada ginjal masih dapat diobati apalagi jika bisa dideteksi dengan cepat.

5. Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal

Kita mungkin sering terlupa untuk mengkonsumsi air putih sesuai dengan anjuran karena kesibukan yang padat atau hal lainnya. Bahkan mungkin sering menahan kencing karena tanggung dalam mengerjakan aktivitas sehingga ini menjadi kebiasaan yang sering dilakukan. Faktanya, kurang minum dan sering menahan kencing dapat menyebabkan ginjal kelelahan bahkan mengalami infeksi sehingga dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan ginjal kronis.

Wah, ternyata ginjal begitu penting namun jarang kita sadari sehingga lebih menganggapnya sepele. Padahal gangguan pada ginjal dapat menyebabkan kematian apabila sudah dalam kondisi parah, dan tentunya dapat berdampak pada kesehatan organ tubuh lainnya seperti jantung.

You may also like