Home Tips KesehatanKesehatan Darah 3 Akibat Kelebihan Basofil Paling Membahayan Kesehatan Anda

3 Akibat Kelebihan Basofil Paling Membahayan Kesehatan Anda

by Nur Wachid, S.Pd

Secara alamai tubuh anda akan menghasilkan beberapa jenis sel darah putih yang beragam jenisnya. Salah satunya adalah basofil. Seperti kita ketahui bersama sel darah putih mempunyai khasiat untuk tubuh manusia. Diantaranya membantu melawan infeksi dengan melawan bakteri, virus, jamur, dan parasit seperti cacing yang akan menyerang tubuh manusia.

Basofil merupakan jenis sel darah putih atau leukosit di dalam sitoplasma dengan butiran kasar hitam kebiruan. Selain pada darah, ternyata basofil juga terdapat pada jaringan tubuh saat anda mengalami reaksi alergi atau inflamasi. Basofil berfungsi melawan virus yang akan menyerang tubuh anda. Karena itu basofil juga menjadi bagian penting dari sistem kekebalan tubuh, maka anda harus memperhatikan kadar sel darah putih. Anda harus mewaspadai dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan. Nah, dalam artikel berikut akan membahas 3 akibat kelebihan basofil paling membahayakan kesehatan anda. Adapun akibat kelebihan basofil adalah dapat menjadi pemicu berkembangnya penyakit berbahaya seperti:

  1. Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan jenis penyakit yang menyerang jantung dan juga oembuluh darah manusia. Jika anda terlambat sedikit saja dalam menangani penyakit ini, harapan hidup anda semakin kecil. Berdasarkan hasil penelitian mengatakan bahwa orang yang memiliki jumlah sel darah putih yang tinggi dan di atas normal, orang tersebut menghadapi resiko kematian pada usia dini. Jadi anda disarankan untuk lebih berhati-hati mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan jumlah sel darah putih anda. Penyakit ini bisa ditimbulkan dari bahaya daging kambing dan makanan sejenisnya yang dikomsumsi dalam jumlah berlebihan.

  1. Kanker Payudara

Riset membuktikan bahwa jumlah sel darah putih yang di atas normal kebanyakan akan menjadi penyebab resiko berkembangnya kanker payudara terutama pada wanita. Hal ini sering terjadi pada pasca menopause. Anda harus mewaspadai hal ini, karena jika sel darah putih dibiarkan tetap dalam jumlah yang banyak, maka kanker yang anda derita akan semakin parah bahkan sampai stadium akhir yang akan membuat angka harapan hidup semakin kecil. Selain bahaya sel darah putih, kanker payudara pada wanita juga bisa ditimbulkan dari bahaya obesitas dan makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi.

  1. Leukimia

Penyakit leuikimia termasuk ke dalam penyakit yang paling mematikan bagi manusia. Leukimia sendiri disebabkan oleh bahaya kelebihan sel darah putih dan akhirnya produksi sel darah merah berkurang dengan drastis. Sehingga hal ini yang biasanya disebut dengan kanker darah. Meski sebenarnya penyebab penyakit ini sampai sekarang belum terdeteksi secara pasti, namun beberapa penemuan menyatakan bahwa penyakit leukemia disebabkan oleh paparan bahan kimia, radiasi, obat-obatan dan jumlah kromosom yang tidak normal. Penyakit leukemia ini sendiri sering menyerang pria dari pada wanita. Perlu anda ketahui bahwa orang yang memiliki kulit putih sangat berpotensi besar untuk mengembangkan penyakit leukemia.

Jika anda mengalami hal ini maka segera ikuti langkah kesehatan yang dilakukan oleh dokter. Dalam banyak kasus penderita penyakit ini kebanyakan tidak bisa sembuh dan malah semakin parah sehingga akhirnya mengalami kematian. Penyakit ini terkenal ganas, dan bergayahiduplah dengan sehat agar anda terhindar dari serangan penyakit mematikan ini. Disarankan anda juga menghindari efek samping allopurinol yang juga dapat menyebabkan anda terjangkit penyakit leukemia atau penyebab tingginya sel darah putih. Selain itu, perhatikan pola makan anda apakah sudah sehat atau belum.

You may also like