Home Featured 3 Tips Bagi Anda Pengguna Lensa Kontak

3 Tips Bagi Anda Pengguna Lensa Kontak

by Syara

Menggunakan lensa kontak atau softlens gampang – gampang susah. Bagi Anda yang tidak ingin terganggu dengan kacamata, memakai lensa kontak tentu lebih efektif. Selain itu Anda tidak perlu khawatir kelupaan atau rusak karena terjatuh seperti halnya pada kacamata.

Lensa kontak difungsikan sebagai pengganti kacamata dan bersentuhan langsung dengan bagian mata Anda. Untuk itu kebersihannya sangat penting untuk dijaga.

Penggunaan lensa kontak yang tidak hati – hati dan tidak higienis dapat memicu iritasi pada mata dan dampak lainnya yang lebih parah. Penggunaan obat tetes mata tidak disarankan karena ditakutkan dapat merusak cairan pada lensa kontak.

Untuk itu sebelum memutuskan beralih pada lensa kontak, ada baiknya Anda menyimak tips – tips berikut tentang membersihkan dan merawat lensa kontak yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Cuci Dan Keringkan Tangan Anda Sebelum Menyentuh Lensa Kontak

Pastikan tangan Anda bersih sebelum menyentuh lensa kontak Anda. Cuci bersih terlebih dahulu tangan Anda dan keringkan sebelum memakai lensa kontak. Hal ini berlaku saat Anda akan memakai lensa kontak dan saat akan melepasnya.

Saat mencuci tangan pastikan tidak ada sisa – sisa sabun yang menempel pada tangan Anda. Begitupun saat mengeringkan tangan Anda, gunakan handuk atau tisu yang tanpa serat, untuk mencegah menempelnya serat – serat kain dan tisu di tangan Anda.

Lepaskan Lensa Kontak Sesaat Sebelum Mandi, Berenang Dan Tidur

Saat melakukan kegiatan yang melibatkan air seperti berenang atau mandi, sebaiknya lepaskan lensa kontak Anda dengan sebelumnya pastikan tangan Anda bersih dan kering.

Melepaskan lensa kontak pada saat akan mandi atau berenang untuk menghindari menempelnya kuman – kuman atau zat kimia dalam air pada lensa kontak.

Saat Anda lupa atau tidak melepaskan lensa kontak pada saat akan mandi atau berenang, mata Anda akan rentan pada konjungtivitis dikarenakan infeksi bakteri.

Pada saat akan tidur pun sebaiknya lepaskan lensa kontak Anda terlebih dahulu. Tidur dalam keadaan memakai lensa kontak akan membuat oksigen dalam mata Anda menipis. Hal ini akan berujung pada terjadinya infeksi mata. Kuman-kuman pada lensa kontak pun akan menempel pada kornea mata Anda saat Anda tidur.

Bersihkan Lensa Kontak Dengan Pembersih Khusus Dan Hindari Air Keran

Saat membersihkan lensa kontak mata gunakan cairan pembersih khusus yang direkomendasikan oleh dokter atau apotek tempat Anda berkonsultasi. Jangan membersihkan lensa kontak Anda dengan menggunakan air keran, air sulingan atau air apapun itu selain cairan pembersih khusus lensa kontak.

Bakteri acanthamoeba yang banyak terdapat dalam air keran berpotensi untuk menempel pada lensa kontak. Lensa kontak yang terkontaminasi bakteri tersebut rentan membuat mata Anda terinfeksi.

Saat membersihkan lensa kontak gosoklah dengan lembut untuk mencegah lensa kontak Anda robek. Jangan lupa untuk membersihkan lensa kontak setiap kali selesai menggunakannya.

Begitu pula dengan kotak penyimpanannya, bersihkan per tiga bulan sekali untuk menjaga kebersihannya. Anda juga disarankan untuk mengganti kotak penyimpanan lensa kontak setiap tiga bulan sekali.

Jika Anda menggunakan lensa kontak sekali pakai, maka Anda tidak perlu repot – repot membersihkannya karena lensa kontak ini diciptakan hanya untuk digunakan sekali saja. Setelah dipakai buang lensa kontak Anda dan jangan pernah gunakan lebih dari sekali untuk lensa kontak sekali pakai.

You may also like