Panduan Berobat ke Penang Malaysia

11116

Penang, Malaysia, terkenal dengan wisata medis (medical tourism) – nya.  Mengapa Penang menjadi pilihan untuk berobat? Banyak alasan masyarakat memeriksakan kesehatannya di rumah sakit Penang. Pertimbangan utamanya, banyak terdapat rumah sakit bagus di kota tersebut. Selain itu, Penang relatif dekat dan mudah dijangkau, kotanya tidak terlalu besar, lalu-lintasnya cenderung tidak macet, biaya hidup lebih murah dibandingkan dengan Singapura, selain suasana masyarakat yang mirip dengan Indonesia.

Penang memiliki banyak rumah sakit yang berkadar Internasional, jumlah pasien Internasional pun mengalir dari beragai negara, termasuk pasien-pasien dari Indonesia. Penang secara geografis juga dekat dengan Indonesia. Jaraknya yang hanya sekitar 35 menit penerbangan dari Medan, membuat Penang Malaysia menjadi tujuan wisata medis bagi warga Indonesia. Beberapa rumah sakit di Penang banyak dipenuhi pasien dari Indonesia.  Sekitar 90% pasien rumah sakit di Penang berasal dari Medan, Aceh, Riau, Palembang dan kota-kota lain di Indonesia. Medical-tourism akhirnya dikembangkan Malaysia di kota tersebut. Istilah “hostel” muncul dari kecenderungan medicaltourism ala Penang ini. Sebuah akronim dari istilah “hospital” dan “hotel”, paduan 2 (dua) layanan yang dikembangkan sangat baik di Penang.

Penang merupakan kota tua, kecil, teratur, rapi namun lengkap.  Kota ini memiliki akulturasi budaya yang lengkap. Jangan khawatir Anda kesulitan makanan disini, karena Penang dikenal karena kulinernya. Banyak makanan pilihan untuk orang Indonesia, rasanya pun membumi dan cocok dengan selera lidah Indonesia. Selain kulinernya, Penang juga digemari karena wisata pantai-pantainya, peninggalan arsitekturnya, akomodasi penginapan dan hotelnya yang terjangkau. Apalagi George Town, sebagai ibukotanya telah ditetapkan UNESCO menjadi warisan dunia atas lingkungannya yang bersejarah.  Semua rumah sakit di Malaysia wajib memiliki lisensi di bawah UU Fasilitas dan Layanan Kesehatan Swasta 1998 dan Peraturan Fasilitas dan Layanan kesehatan Swasta 2006. Layak kalau Penang menjadi pilihan yang tepat untuk wisata medis.

Pilihan Rumah Sakit di Penang

Ada banyak pilihan rumah sakit yang bisa dipilih. Setidaknya ada 7 (tujuh) rumah sakit besar berkualitas Internasional.  Rumah sakit di Penang yang acapkali dijadikan sebagai tujuan wisata medis pasien dari Indonesia adalah rumah sakit:

  • Hospital Gleneagles Penang, biasanya menjadi tempat para ekspatriat berobat. Rumah sakit Internasional yang melayani segala keperluan pengobatan.
  • Penang Adventist Hospital (PAH), berdiri tahun 1924 oleh Dr. J. Earl Gardner, seorang klinik misionaris AS. Rumah sakit ini untuk menangani penyakit Jantung.
  • RS Lam Wah Ee (LWEH). Rumah sakit ini untuk implantasi bayi tabung.
  • RS Loh Guan Lye. Rumah sakit yang khusus untuk kanker dan komestika
  • RS Island. Rumah sakit umum yang banyak dituju orang Indonesia.
  • RS Kanker Mount Miriam. Rumah sakit untuk para penderita kanker termasuk payudara.
  • RS Pantai Hospital Penang, rumah sakit yang banyak pasien Jantung dan Stroke dari Indonesia.
  • Dan beberapa rumah sakit lainnya.

Meskipun demikian, sebagaimana RS di Indonesia lainnya, rata-rata spesialis bisa menangani  penyakit-penyakit tertentu. Ada rumah sakit untuk spesialis penyakit jantung seperti Penang Adventis Hospital, atau rumah sakit spesialis kanker (Mount Miriam Hospital). Selain itu, ada rumah sakit yang menangani pasien kehamilan bayi tabung (Lam Wah Ee Hospital), atau rumah sakit Gleneagles Penang Hospital yang populer bagi ekspatriat, dan Island Hospital . Di Mount Miriam Hospital terdapat “Layanan Payudara Masyarakat Penang” yang anggota para pejuang Kanker Payudara yang siap memberikan saran dan dukungan kepada pasien kanker payudara. Lam Wah Ee Hospital  untuk implantasi bayi tabung. Di rumah sakit-rumah sakit ini banyak pasien Indonesia berobat dan dirawat.

Pengelolaan Rumah Sakit di Penang

Rata-rata rumah sakit di Penang telah dikelola dalam satu sistem layanan satu atap, dokter dan rumah sakit saling berintegrasi sesamanya. Sistem ini memudahkan pasien negeri  tetangga berobat dan dirawat di rumah sakit-rumah sakit Penang. Anda dapat browsing di internet untuk memilih dan menentukan RS dan dokter-dokter ahlinya. Rata-rata dokter dan perawatnya bisa berbahasa Indonesia sehingga tidak ada kendala dalam bahasa. Atau Anda dapat memanfaatkan representatif rumah sakit di Malaysia dan Singapura yang banyak membuka cabang di Indonesia.

Penerbangan di Penang

Penang mudah dijangkau dari Indonesia. Bandara Penang adalah salah satu dari bandara Internasional  terbaik di Malaysia. Sedikitnya ada 5 (lima) maskapai penerbangan yang melayani jurusan dari Indonesia ke Penang. Seperti misalnya Air Asia, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, dan Singapore Airlines. Dari Medan bisa menggunakan Lion atau SriwijayaAir Asia, terbang direct langsung dari Surabaya, Medan, Jakarta langsung ke Penang. Air Asia terbang dari Jakarta dan Medan berlangsung setiap hari, sementara dari bandara Juanda Surabaya mulai November 2010 terbang setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Garuda Indonesia (GIA) harus transit di Medan (sekitar 3 jam). Sementara Singapore Airlines transit di Singapura (sekitar 1 jam) namun tidak ganti pesawat sehingga memudahkan pasien dan keluarganya saat mau periksa ke hospital.

Anda bisa pertimbangan maskapai mana yang dipilih. Pilih yang memudahkan pasien dan keluarganya. Apapun maskapai yang dipilih untuk wisata medis ini, cari maskapai yang mudah ketika harus membawa kursi roda, bed pasien di pesawat, jemputan ke bandara, dan lain-lain yang terkait dengan kenyamanan pasien. Sebaiknya carilah tiket berangkat paling pagi sehingga dari bandara langsung bisa mengikuti prosedur pemeriksaan di rumah sakit.

Penginapan dan Hotel

Banyak hotel dan penginapan berdiri di Penang, mulai dari kelas melati (istilah hotel Indonesia) sampai Hotel bintang 5. Hotel di Penang berkompetisi pada masa-masa panen seperti Imlek, menjelang Natal, Tahun Baru atau pada saat musim liburan. Hotel dan kondominium juga banyak ditemukan di sekitar rumah sakit. Penginapan sederhana juga banyak ditawarkan di rumah sakit oleh para penjual jasa. Untuk menghemat biaya, sebaiknya menginap di kondominium yang disewakan di sekitar rumah sakit. Biasanya kondo ini jadi pilihan karena bisa memasak, mencuci sendiri, sekaligus menyeterika. Apalagi banyak pengiring pasien yang memerlukan waktu inap yang relatif panjang. Ada beberapa pasar tradisional di ada di dekatnya sehingga memudahkan kalau ingin berhemat. Harganya relatif sama dengan harga di Indonesia. Tidak perlu ditawar sebab harga sudah tercantum di setiap item barang.

Sebaiknya, pesanlah hotel atau penginapan terlebih dahulu sebelum sampai di Penang. Apalagi pada masa-masa peak season (penuh). Bila harus ada down payment, transfer ke rekening yang disediakan atau melalui representatif/biro perjalanan yang Anda pakai.

Kursi Roda

Bisa jadi maskapai telah menyediakan layanan kursi roda bagi penumpangnya yang sakit. Beberapa maskapai menyediakan layanan kursi roda (tidak masuk ke pesawat), namun ada juga yang dilayani sampai tempat duduk. Tidak ada salahnya, bisa membawa kursi roda sendiri dalam pesawat. Kursi roda tersedia di banyak tempat di Penang. Usahakan konfirmasi jauh sebelumnya supaya kursi roda bisa disediakan pada waktunya (saat boarding naik pesawat atau turun pesawat).

Representatif  Rumah Sakit.

Sekarang ini sudah banyak representatif (kantor perwakilan) rumah sakit Malaysia dan Singapura yang ada di Indonesia, seperti di kota Jakarta, Surabaya atau Medan. Mereka biasanya merupakan representasi dari rumah sakit tertentu yang diwakilinya. Mereka akan aktif membantu pasien-pasien dari Indonesia untuk mempermudah akses berobat, info tentang rumah sakit, membuat janji dengan dokter, termasuk alternatif biaya, akomodasi penunggu, pilihan dokter yang tepat, pembuatan janji bertemu dengan dokter, sampai menguruskan klaim-klaim asuransi. Setiap komunikasi biasanya di-forwardkan ke dokternya langsung. Konsep yang ditawarkan mirip “one stop service”, pasien menginformasikan penyakit yang diderita, kapan kedatangan mereka ke Penang, lalu Penang yang akan menyediakan layanan kesehatan komprehensif beserta kebutuhan dasarnya seperti hotel, transfortasi dan berbagai penunjang lainnya (gratis).  Sebaiknya, untuk kelancaran di Penang nanti, lakukan kontak dan booking terlebih dahulu melalui mereka.

Konsultasi Jarak jauh

Komunikasi dengan dokter atau suster/contact person sebelum kedatangan di Penang perlu dilakukan. Misalnya menyangkut hari dan jam praktek dokter, kapan waktu yang tepat, diet apa yang harus dilakukan sebelum pemeriksaan, dan sebagainya. Dengan demikian, sebelum pemeriksaan sebenarnya di rumah sakit Penang, pasien sudah menyelesaikan hal-hal yang perlu disiapkan.  Sementara dokter dan rumah sakit akan langsung bisa menentukan waktu dan langkah yang tepat untuk pemeriksaan. Konsultasi bisa dilakukan melalui e-mail atau telepon tentang penyakitnya. Hal ini akan menghemat waktu dan uang.

Lokasi Wisata yang Pantas Dikunjungi

Sambil berwisata medis, Penang juga banyak memiliki daerah wisata. Lokasi wisatanya dekat dan mudah dijangkau.  Penang memiliki peninggalan berkaitan sejarah pendudukan Inggris dan para imigran China. Lokasi yang dikenal seperti Rumah Cheong Fat Tze, Benteng Cornwallis, Balai Kota Tua, atau kuil dan museum.  Ada juga resor pantai yang layak dikunjungi seperti Batu Feringgi. Kawasan ini memiliki toko-toko kuliner, restoran, serta butik. Tempat lain yang menarik di Penang adalah Masjid Ache Street, masjid Kapitan Keling, British Council Penang, Kuil Penang Nagarathar Sivan, Kuil Asosiasi Buddha Penang, Klenteng Teochew dan sebagainya.  Demikian juga Pasar Malam Batu Feringgi, Bukit Anggrek Jambul dan Kebun Kembang Sepatu memiliki cita rasa khas Penang.

Wisata Kuliner

Penang adalah sorga kuliner. Makanan chinese, indian food, moslem food, tersedia di mana-mana. Suasana kota tua menjadikan wiata kukiner seperti ini tumbuh subur. Makanan sehat pun banyak tersedia.

Transportasi Lokal

Angkutan masal di Penang bisa dengan bus-bus yang menghubungan satu tempat dengan tempat lainnya. Anda dapat pula menggunakan officials taxi  atau angkutan berlisensi lain meskipun harus tawar menawar karena Penang tidak mengenal taksi argo. Bisa juga meminta bantuan layanan consierge hotel untuk menawar. Beberapa rumah sakit memberikan transportasi antar jemput/shuttle bus ke bandara. Pastikan hal ini ke representatif atau rumah sakit sebelumnya. Usahakan memakai taksi dibawah jam 12 malam karena harganya masih bisa ditawar dan tidak terlalu mahal.

Tips Untuk Wisata Medis  (Medicaltourism)

  • Jadwal Janji. Buatlah jadwal janji dengan representatif rumah sakit tersebut di kota Anda sebelum kedatangan Anda di Penang. Tentukan juga lama waktu medical beserta kemungkinan perpanjangannya.
  • Bawa Surat yang Penting. Jangan lupa bawa Paspor dan ID lain, siapkan surat rujukan dari dokter serta surat dari asuransi serta surat-surat lain yang diperlukan. Tempatkan tiket dan paspor pada tempat yang mudah dijangkau.
  • Jemputan di Bandara. Biasanya ada perwakilan dari rumah sakit yang menjemput di bandara. Bisa memakai  kendaraan sendiri atau naik shuttle bus. Pastikan ada penjemputan di bandara dan pengantaran ke rumah sakit.
  • Akomodasi & Transportasi. Pastikan akomodasi yang akan Anda pilih yang dekat dengan rumah sakit, serta transportasi seandainya diperlukan. Setidaknya kepastian sudah diperoleh dalam 3 (tiga) hari sebelum hari “H” nya.
  • Penukaran Valuta Asing. Siapkan uang dalam bentuk pecahan mata uang setempat (Malaysia) serta uang asing (Dollar AS atau Dollar Singapore).
  • Alat Komunikasi. Siapkan alat komunikasi (HP/BB/android) beserta SIM providernya yang berlaku di negara tersebut, dan siapkan pulsanya untuk setengah bulan ke depan. Cari tahu sistem elektrik di negara tersebut seandainya membawa kabel  charger HP, atau Laptop agar mudah saat men-charge HP/BB.
  • Konfirmasi Tiket Penerbangan. Pastikan tanggal keberangkatan pesawat ke Penang dan jam keberangkatan. Pesawat untuk pulang sebaiknya open date, karena ada pemeriksaan lanjutan yang akan ditentukan oleh dokter tergantung pada derajat penyakitnya.
  • Desk Indonesia. Biasanya rumah sakit memiliki desk Indonesia yang menjadi cutomer service untuk layanan pasien-pasien dari Indonesia. Kadangkala semua stafnya diambil orang Indonesia atau mereka yang bisa berbahasa Indonesia.
  • Proses Medis Pemeriksaan Dokter. Dokter akan memeriksa dan memberikan advis pemeriksaan. Anda akan diantar ke masing-masing pemeriksaan. Pemeriksaan bisa selesai satu hari, ada juga yang harus selesai beberapa hari. Dokter biasanya akan memberikan tahapan dan alasannya.
  • Proses Di Rumah Sakit. Ikuti aturan regristasi di rumah Sakit, termasuk dalam hal pembayaran. Bicarakan dengan penerbit kartu kredit (KK) di Indonesia seandainya terpaksa harus menggunakan KK.
  • Asuransi. Pembiayaan biasanya ditanyakan langsung, apakah mau membayar cash atau asuransi. Beberapa rumah sakit menerima asuransi bagi pasiennya. Siapkan surat keterangan dari perusahaan asuransi yang dimiliki (surat jaminan asuransi kesehatan/guarantee letter). Ada beberapa formulir yang harus diisi untuk kepentingan klaim Biasanya diperlukan waktu sekitar 3 (tiga) hari untuk pengisian klaim ini.
  • Hospital Kit. Pasien mendapatkan hospital kit, seperti handuk kecil, perawatan mandi, dan tempat minum, dan lain-lain. Anda bisa menolaknya kalau membawa sendiri dari rumah. Colokan listrik tersedia, baik untuk laptop atau HP. Pasien hanya diminta jangan berisik.
  • Komunikasi Bahasa. Rumah Sakit kadangkala menawarkan ke kita, apakah kita ingin dilayani dengan bahasa Inggris, China, atau Melayu. Perawat biasanya menguasai 3 (tiga) bahasa tersebut. Pilihlah yang menurut Anda paling nyaman.
  • Pasien Boleh Ditunggu. Rumah sakit di Penang biasanya mengijinkan keluarga untuk menunggu pasien. Penunggu harus berjenis kelamin sama dengan pasien. Bila tidak ditunggu para perawat akan setia menjaga. Pastikan ke rumah sakit bersangkutan untuk layanan ini.

Itu semua, adalah tips-tips ideal ketika Anda melakukan wisata medis untuk pengobatan penyakit tertentu. Tentu saja harus disiapkan rencana alternatif lain seandainya terjadi perubahan yang mendadak, atau kemungkinan harus tinggal lebih lama lagi di Penang.

Baca Juga : Gaya Hidup Sehat