15 Cara Mengatasi Periodontitis Paling Alami dan Manjur

1220

Periodontitis adalah sejenis gangguan kesehatan pada gusi berupa bentuk kronis dari adanya iritasi atau peradangan. Ketika periodontitis sudah terjadi, biasanya ini adalah tanda di mana gusi yang rusak sudah cukup berat sehingga risiko sangat besar penderita mengalami penurunan fungsi sebagai tempat tanam gigi. Bila tak segera diatasi, maka kemungkinan lama-kelamaan gigi penderita akan goyang. Lalu apa kira-kira cara mengatasi periodontitis yang bisa dilakukan oleh penderitanya?

  1. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Untuk peradangan gusi, hidrogen peroksida dapat diandalkan karena adanya sifat antibakteri di dalamnya. Tak hanya itu, bila Anda mencari cara memutihkan gigi paling efektif dan alami, maka hidrogen peroksida jugalah yang menjadi jawabannya.

Caranya: Sediakan air dan hidrogen peroksida masing-masing dengan kadar yang sama. Solusi satu ini bisa digunakan untuk berkumur selama beberapa detik sebelum dibuang. Atau, bisa juga dengan mencampurkan sesendok teh baking soda serta hidrogen peroksida secukupnya untuk membentuk adonan pasta yang kemudian diaplikasikan ke bagian gusi; buang setelahnya dengan meludahkan dan kumurlah dengan air biasa untuk membersihkan.

  1. Memakai Jambu

Buah jambu memang merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi dan ini menjadi salah satu alasan untuk mengobati periodontitis. Bahkan jambu ini dapat bekerja juga sebagai anti-plak yang artinya mampu menghilangkan plak pemicu karang gigi.

Caranya: Ambil sebuah jambu yang belum begitu matang dan potonglah menjadi 4 bagian. Bubuhkan garam secukupnya pada setiap potongan tersebut, lalu lanjutkan dengan mengunyah-ngunyahnya secara perlahan. Ini akan membantu dalam mengurangi plak di gigi dan juga menolong agar gusi senantiasa sehat serta gigi pun ikut menjadi lebih kuat.

  1. Menggunakan Garam

Di dalam garam, terdapat kandungan antibakteri dan antiseptik di saat yang sama dan kedua sifat itulah yang akan melawan bakteri penyebab periodontitis. Dengan garam jugalah, penderita periodontitis akan mampu merasakan bahwa peradangan serta rasa nyeri berkurang dengan baik.

Caranya: Sediakan segelas air hangat yang kemudian dicampurkan dengan 2 sendok teh garam. Ambil sesuap ke dalam mulut untuk didesirkan ke sekitar dalam mulut selama kurang lebih 1 menit, buang, lalu lakukan lagi. Sehari Anda dianjurkan untuk melakukannya 2-3 kali. Cobalah cara ini dan terus lanjutkan setiap hari secara rutin sampai gejala peradangan hilang.

  1. Memakai Daun Jambu

Selain buahnya, Anda juga bisa memakai daun jambu sebagai obat alaminya. Sebagai jenis obat analgesik yang alami, maka rasa sakit dan juga pembengkakan yang mungkin menyertai peradangan pada gusi akan dapat diatasi dengan baik tanpa efek samping berbahaya.

Caranya: Ambil beberapa lembar daun jambu yang lembut, bersihkan lebih dulu dengan mencucinya. Barulah setelah itu daun tersebut dapat dikunyah-kunyah secara perlahan sebelum kemudian dibuang. Lakukanlah hal ini secara teratur setiap hari hingga memang Anda merasa gusi jauh lebih baik serta sehat.

  1. Menggunakan Kunyit

Kunyit menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kesehatan mulut dan gusi. Di dalam kunyit ada kandungan baik yang mampu membunuh bakteri berikut meringankan inflamasi berikut rasa sakitnya.

Caranya: Pakailah kunyit bubuk untuk menyikat gigi berikut juga dengan bagian gusi, tentunya dengan memakai sikat gigi yang berbulu sangat halus agar tak melukai gusi. Lakukan perawatan dengan ini 2 kali dalam sehari dan lanjutkan hingga beberapa minggu sampai gusi benar-benar membaik.

  1. Memakai Minyak Wijen

Minyak wijen dapat digunakan sebagai penguat gusi dan gigi sekaligus meningkatkan kesehatan mulut. Anda bisa menggunakan minyak satu ini karena memang sudah terbukti efektif untuk menyehatkan mulut menurut sebuah hasil studi yang dilakukan di India oleh Manipal College of Dental Sciences pada tahun 2014.

Caranya: Sediakanlah minyak wijen organik yang bisa didesirkan di dalam mulut selama kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu, buang dan gunakan air hangat sebagai pembersih mulut dengan cara mengumurkannya. Melakukan cara ini setiap hari tiap pagi bisa sangat membantu memulihkan kondisi gusi, terutama bila melakukannya sebelum menggosok gigi.

  1. Menggunakan Cabai

Sifat anti-inflamasi ada di dalam cabai di mana sifat inilah yang akan menawarkan penyembuhan bagi gusi. Gusi yang membengkak karena periodontitis pun diketahui mampu diatasi dengan baik oleh kandungan capsaicin di dalam cabai. Rasa sakit yang dirasakan dan terlalu mengganggu juga dapat ikut hilang secara alami.

Caranya: Larutan cabai bisa disediakan dan kemudian ambil beberapa tetes dengan meneteskannya pada sikat gigi yang berbulu sangat halus. Gunakan untuk membersihkan atau menyikat gusi secara perlahan dalam beberapa menit. Sesudah beberapa menit, berkumurlah dengan air biasa untuk membersihkan bagian dalam mulut. Namun lebih dianjurkan untuk melakukan cara ini sehari sekali saja namun secara teratur.

  1. Memakai Daun Kemangi

Gusi dapat berdarah karena peradangan yang terjadi dan masalah periodontitis dapat diatasi dengan menggunakan daun kemangi. Sifat antibakterinya mampu mengurangi efek berbahaya yang diciptakan oleh bakteri di dalam mulut. Bahkan sakit gigi atau penyakit gusi lainnya dapat berkurang risikonya berkat penggunaan daun kemangi ini selain mampu menghilangkan bau mulut.

Caranya: Campurkanlah daun kemangi yang sudah dikeringkan dan menjadi bubuk sebanyak 1 sendok teh dengan minyak mustard. Tujuannya adalah untuk membentuk pasta, lalu pasta ini dioleskan pada bagian gusi dan gigi sambil juga digosokkan menggunakan sikat gigi berbulu sangat halus. Melakukannya sehari 2 kali dalam beberapa minggu akan menunjukkan hasil yang luar biasa.

  1. Menggunakan Lada Hitam

Lada hitam juga merupakan solusi bagi periodontitis dan cara ini sangatlah mampu mengurangi infeksi bakteri dengan menghilangkan plak-plak pada gusi dan gigi. Lada hitam pun mampu menjadi penguat gusi dan selalu menjaganya dalam kondisi yang sehat.

Caranya: Ambil bubuk lada hitam berikut juga garam dengan takaran masing-masing yang sama, lalu gunakanlah untuk dipijatkan pada gusi sehari 2-3 kali secara teratur. Cara ini cukup ampuh dan layak dicoba bila Anda ingin menyembuhkan periodontitis secara alami.

  1. Memakai Minyak Pohon Teh

Antiseptik dan antibakteri di dalam minyak pohon teh sangat besar sehingga dapat melawan mikroorganisme. Jenis minyak ini juga mampu membantu menghentikan perdarahan serta inflamasi pada gusi.

Caranya: Aplikasikan minyak pohon teh yang datang dalam bentuk gel menggunakan sikat gigi, lalu gunakan setiap hari di mana seharinya Anda dapat menggunakan 2 kali. Cara ini dapat dicoba selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil paling baik bagi kesembuhan periodontitis Anda.

Cara Lainnya dalam Mengatasi Periodontitis

Selain dari 10 cara di atas, masih ada beberapa alternatif yang layak untuk dipertimbangkan maupun dipraktikkan.

  • Meningkatkan asupan vitamin C dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.
  • Mengonsumsi suplemen vitamin D, namun sebelumnya harus sudah berkonsultasi dengan dokter.
  • Menggunakan minyak kelapa sebagai obat oles gusi.
  • Mengombinasikan jus wortel dan jus bayam dalam takaran masing-masing yang sama dan meminumnya sehari sekali.
  • Menghindari produk-produk makanan yang terbuat dari gula halus.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi periodontitis secara alami dan paling manjur untuk Anda coba. Alangkah baiknya untuk memiliki gaya hidup sehat agar penyakit periodontitis mampu dicegah.