Home Penyakit dan KelainanMimisan Mimisan Jangan Dianggap Remeh, Harus Diwaspadai

Mimisan Jangan Dianggap Remeh, Harus Diwaspadai

by Nila

Apakah yang dimaksud dengan Mimisan ?

Mimisan atau kondisi dimana hidung berdarah merupakan sebuah kondisi buruk yang umum menyerang anak – anak usia sekolah dasar dan cukup sering dijumpai di masyarakat di Indonesia.

Pada kondisi akut, mimisan kemungkinan terjadi karena adanya trauma atau benturan keras di hidung, kondisi biasa adalah ketika anak – anak merasa kelelahan atau pengaruh cuaca terlalu panas di luar rumah.

Dikenal juga mimisan yang disebabkan karena adanya alergi debu dan kotoran yang lainnya masuk ke lubang hidung. Contohnya adalah hidung anak anda dalam kondisi kering karena beberapa penyebab terutama akibat debu di musim kemarau panjang, dan pada waktu malam hari cuaca sangat dingin atau kering dan panas berangin sehingga mudah memicu hidung mimisan.

Kondisi hidung kering sehingga mudah terserang mimisan sering juga terjadi pada jemaah haji. Riset menjelaskan bahwa perubahan cuaca di luar rumah merupakan penyebab utama sehingga mereka dianjurkan untuk mengenakan masker hidung dan mulut yang lembab. Hindari terlalu lama berada dalam ruang ber – AC dimana akan mempengaruhi hidung menjadi mudah kering.

Apakah mimisan termasuk ke dalam penyakit ganas yang patut diwaspadai ?

Menurut dr. Agus Multazar M.Ked (ORL-HNS) Sp.THT-KL adalah seorang dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) dari Rumah Sakit Siloam Jambi (kami rangkum dari berbagai sumber berita) menjelaskan bahwa munculnya mimisan patut diwaspadai apalagi jika menyerang anak – anak. Mimisan merupakan sebuah gejala atau sindrom yang disebabkan oleh banyak faktor,  beberapa diantaranya adalah organ hidung meradang, polip, sinusitis, tumor di area hidung dan adanya tumor di pembuluh darah yang memicu munculnya demam berdarah atau mimisan.

Nah kondisi buruk di ataslah yang paling sering menyebabkan mengapa anak – anak anda mengalami mimisan, bisa saja ini adalah gejala awal bahwa anak anda mengidap penyakit parah sehingga sering mimisan. Jadi dalam kasus ini anda harus melihat penyebabnya apa terlebih dahulu untuk selanjutnya mengambil tindakan cepat guna memberikan pertolongan perawatan terhadap si penderita karena sudah diberi tanda, jadi harus segera diobati.

Di samping itu, hidung berdarah / mimisan yang terlalu sering terjadi harus segera diperiksakan ke dokter dimana mimisan seperti ini dicurigai adalah merupakan sebuah gejala awal terhadap beberapa penyakit ganas akan menyerang anak anda. Seperti diketahui bahwa penyakit ganas bermula dari hal – hal yang kecil hingga menjadi berkembang besar sehingga cukup membahayakan.

Dibagian hidung banyak ada pembuluh darah, terutama dibagian tulang tengah. Ada pembuluh darah besar hingga yang berukuran kecil dimana jika lecet sedikit saja maka daerah ini menjadi rawan terkena mimisan. Apabila pembuluh darah besar yang kebetulan robek maka darah yang keluar akan banyak sekali bahkan dapat menular keluar darah dari area mulut atau muntah darah. Kondisi ini adalah gejala awal anda menderita tumor.

Bagaimana penanganan pertolongan pertama terhadap si penderita mimisan ?

Apabila anak anda mengalami hidung berdarah atau mimisan berulang kali maka wajib mengunjungi ahli THT. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan di area hidung apakah ada organ yang lecet dan meradang terutama pada bagian dalam hidung dan tulang tengah hidung.

Dilarang mengucek – ngucek area hidung yang lecet karena justru memperparah kondisi mimisan karena darah bisa keluar lebih banyak. Basahi area ubun – ubun / kepala dengan air dingin, dan masukkan daun sirih ke bagian lubang hidung yang luka guna mencegah darah agar tidak keluar lebih banyak lalu anak disuruh tidur telentang. Nah pendarahan akan mulai berkurang tetapi tetap harus berkunjung ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

You may also like