Home Featured Apakah Penyakit Lupus Bisa Disembuhkan? Ini Jawabannya

Apakah Penyakit Lupus Bisa Disembuhkan? Ini Jawabannya

by Putri Yohani Masnun

Penyakit lupus termasuk salah satu penyakit yang cukup ditakuti, karena penyakit satu ini seringkali mempengaruhi kualitas hidup penderitanya. Penyakit ini dapat muncul tiba-tiba dan hilang, lalu muncul kembali ketika ada pemicunya. Lupus sendiri merupakan penyakit peradangan kronis, yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh sendiri. Penyakit lupus dapat menyerang organ apa saja, sepertit kulit, ginjal, jantung, paru-paru, otak, sendi dan sumsum tulang belakang.

Setiap orang akan mengalami gejala yang berbeda-beda, tergantung organ mana yang menjadi sasaran antibodinya sendiri. Karena itu, penyakit ini sulit dideteksi dan jarang disadari dengan cepat. Pada penderita lupus yang menyerang kulit, maka akan terlihat gejala penyakit autoimun kulit seperti munculnya ruam kemerahan pada kulit wajah dan tangan, dan terkadang disertai rasa nyeri. Melihat dampak yang cukup fatal terhadap kesehatan penderitanya, benarkah penyakit lupus bisa disembuhkan secara total?

Apakah Penyakit Lupus Bisa Disembuhkan?

Tidak heran bila banyak yang bertanya-tanya, apakah penyakit lupus bisa sembuh atau tidak, mengingat gejalanya yang dapat membahayakan nyawa dan dapat kambuh kapan saja. Penyakit lupus sendiri ada beberapa jenis, yaitu:

  • penyakit lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE)
  • penyakit lupus eritematosus kutaneus (cutaneous lupus erythematosus/CLE)
  • penyakit lupus Eritematosus Neonatal
  • penyakit lupus yang disebabkan penggunaan obat tertentu.

Untuk penyakit lupus eritematosus sistemik dan lupus eritematosus kutaneus, keduanya memang tidak dapat disembuhkan. Jadi penderitanya akan mengalami gejala penyakit tersebut hingga sepanjang hidupnya. Namun tentu saja, tindakan medis dan pengobatan yang tepat dapat dilakukan untuk menekan gejala yang muncul dan mencegah kerusakan pada organ. Jadi penderita penyakit lupus tetap dapat melanjutkan hidupnya dan mampu bertahan hidup lebih lama meski penyakit tersebut bersarang dalam tubuhnya.

Sementara itu, untuk penyakit lupus eritematosus neonatal dan lupus akibat penggunaan obat, biasanya penyakit ini dapat disembuhkan. Penyakit lupus eritematosus neonatal biasanya terjadi pada bayi yang baru dilahirkan, dan biasanya ini dikarenakan kondisi ibu saat hamil atau faktor genetik. Namun tidak semua penderita lupus saat lahir akan tetap menderita lupus selamanya. Karena faktanya, beberapa dari mereka yang menderita penyakit lupus pada anak dapat tumbuh dewasa tanpa menderita penyakit lupus lagi.

Penyakit lupus yang disebabkan mengkonsumsi obat tertentu juga dapat disembuhkan, dan gejala akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan berhenti mengkonsumsi obat tersebut. Biasanya, jenis obat yang dapat menyebabkan bahaya penyakit lupus yaitu metildopa, procainamide, D-penicillamine, dan minocycline. Jika Anda sedang mengkonsumsi obat tersebut, sebaiknya rutin berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengatasi gejala yang muncul selama mengkonsumsi obat.

Jadi, penyakit lupus ada yang bisa disembuhkan dan ada juga yang tidak bisa disembuhkan. Sayangnya, kebanyakan penderita lupus tidak dapat disembuhkan, karena itu penyakit ini harus selalu diwaspadai dengan selalu menjaga kesehatan dan menjauhi berbagai sumber penyakit.

You may also like