Ini 5 Pengobatan Pembesaran Prostat yang Dapat Dilakukan di Rumah

148

Ada banyak faktor resiko yang menyebabkan seorang pria mengalami pembesaran prostat, mulai dari kondisi alami tubuh hingga faktor luar akibat pola hidup tidak sehat. Umumnya penyebab pembesaran prostat sering diabaikan para pria, padahal jika sudah terjadi prostat yang bermasalah akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Sebagian dari mereka yang mengalami pembesaran prostat, lebih memilih untuk menjalani pengobatan di rumah. Selain alami, pengobatan di rumah lebih memudahkan anggota keluarga untuk mengurus dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang besar. Yuk simak apa saja pengobatan di rumah yang bisa dilakukan.

  1. Olahraga

Olahraga dapat menekan munculnya gejala pembesaran prostat pada pria, karena aktivitas fisik yang dilakukan dengan rutin akan menguatkan otot tubuh, menstabilkan kadar hormon dan menguatkan sistem daya tahan tubuh. Olahraga dapat dilakukan sesuai dengan waktu yang tersedia, jadi bisa dilakukan kapan saja. Tidak hanya baik dilakukan para penderita pembesaran prostat, olahraga juga baik dilakukan pria yang sehat atau siapa saja termasuk wanita.

2. Kontrol Berat Badan

Pria yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, sangat rentan mengalami pembesaran prostat. Karena itu, jika penyakit tersebut muncul dan pria tersebut memang memiliki berat badan yang berlebih, segeralah atur diet dan jalani pola hidup sehat agar tubuh kembali normal. Dengan begitu, proses penyembuhan pembesaran prostat dapat berlangsung lebih cepat. Obesitas tidak hanya berpengaruh terhadap prostat, namun dapat memicu munculnya berbagai penyakit serius lainnya.

3. Hindari Alkohol dan Kurangi Soda

Jenis minuman yang paling baik diminum adalah air putih. Jika Anda punya kebiasaan minum minuman bersoda yang dipenuhi dengan pemanis, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Terlebih lagi hindari konsumsi alkohol karena jenis minuman tersebut sangat membahayakan kesehatan, terlebih dapat memperburuk pembesaran prostat.

4. Kurangi Minum di Malam Hari

Dari segi kesehatan memang minum banyak air putih itu bagus untuk tubuh, namun sebaiknya kurangi porsi minum tersebut saat malam hari atau sebelum tidur. Apalagi jika Anda menderita pembesaran prostat, maka perbanyaklah minum di siang hari namun hindari minum banyak di malam hari.

5. Perhatikan Obat yang Dikonsumsi

Beberapa jenis obat memang dapat memperparah kondisi pembesaran prostat, karena itu sebaiknya perhatikan secara detail jenis obat yang diminum. Bila perlu, konsultasikan ke dokter mengenai dampak obat tersebut, apakah aman bagi penderita gangguan prostat atau tidak. Kenali gejala yang timbul saat mengkonsumsi obat apapun untuk mencegah pembesaran prostat bertambah parah.

Cara pengobatan di atas memang tidaklah dapat menyembuhkan pembesaran prostat secara cepat. Namun dengan menerapkannya dalam hidup sehari-hari maka penyakit tersebut diharapkan dapat segera sembuh. Jika dalam waktu lama pembesaran prostat tidak juga sembuh atau justru semakin parah, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter demi menghindari dampak yang serius.