Home Featured 5 Gejala Hepatitis A yang Menyerang Warga Pacitan, Jawa Timur

5 Gejala Hepatitis A yang Menyerang Warga Pacitan, Jawa Timur

by Putri Yohani Masnun

Sejak bulan Juni lalu, media memberitakan tentang penyakit Hepatitis A yang menyerang warga Pacitan hingga ditetapkan status KLB atau Kejadian Luar biasa oleh pemerintah. Kejadian ini memang sempat membuat heboh karena dalam waktu beberapa hari saja jumlah penderitanya meningkat pesat hingga berjumlah ratusan orang.

Diduga, penyebab utama warga Pacitan terserang Hepatitis A dikarenakan mengkonsumsi air dari sungai yang tercemar. Virus tersebut menyebar dengan sangat cepat sehingga sulit dikendalikan. Selain karena sanitasi yang buruk, Hepatitis A juga dapat terjadi lantaran penerapan pola hidup yang buruk, makanan yang tercemar dan tidak higienis hingga melakukan kontak dengan penderita Hepatitis A.

Agar dapat lebih waspada, sangat penting bagi kita untuk mengetahui gejala yang muncul saat seseorang terserang Hepatitis A seperti berikut ini.

1. Demam

Gejala awal yang terlihat saat seseorang terserang Hepatitis A adalah timbulnya demam dan gejala flu, disertai dengan sekujur tubuh yang terasa nyeri. Hal ini terjadi karena sel hati yang mulai terserang virus mengalami inflamasi sehingga imunitas tubuh menjadi aktif untuk melawan dan memicu naiknya suhu tubuh.

2. Sakit pada Perut Bagian Kanan Atas

Gejala lainnya dari Hepatitis A adalah rasa nyeri yang terus menerus pada perut bagian kanan atas, karena pada posisi itulah organ hati terletak. Sakit ini mungkin dianggap sebagai gejala magh biasa, namun Anda harus curiga jika sakit terus berlanjut meski telah mengkonsumsi obat.

3. Perubahan pada Urin dan Tinja

Hati menghasilkan zat warna empedu yang dapat mempengaruhi warna urin dan tinja, karena itu jika hati sedang bermasalah maka akan sangat jelas terlihat pada perubahan sisa metabolisme tersebut. Pada penderita Hepatitis A, urin akan berubah warna menjadi lebih gelap, sementara tinja menjadi lebih pucat.

4. Mual dan Muntah

Hepatitis A juga menyebabkan penderitanya mengalami mual hingga muntah, dengan intensitas yang tinggi sehingga dapat mempengaruhi asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan hati yang juga berkaitan dengan sistem pencernaan dan dekat dengan lambung sehingga akan memberikan efek langsung terhadap kondisi kesehatan lambung.

5. Menurunnya Nafsu Makan

Penderita Hepatitis A umumnya akan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga dalam waktu singkat tubuh akan terlihat kurus dengan kondisi tubuh yang semakin lemas. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh yang lain dan menyebabkan kesehatan si penderita semakin menurun.

Penyakit Hepatitis A umumnya bersifat akut dan dapat disembuhkan dalam beberapa minggu. Namun tentu saja lebih baik bagi kita untuk mencegahnya agar tidak sampai terjadi. Salah satu caranya adalah meghindari penyebab penularan Hepatitis A dan mewaspadai setiap gejala yang timbul. Dengan penanganan yang cepat dan tepat penderita penyakit ini dapat segera sembuh, dan tentunya juga harus didukung dengan sanitasi yang baik dan pola hidup yang sehat.

You may also like