Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit Mengetahui Ragam Penyebab Bayi Anda Muntah – Muntah

Mengetahui Ragam Penyebab Bayi Anda Muntah – Muntah

by Nila

Masing – masing orangtua pastilah merasa bangga saat pertama kali mempunyai seorang bayi mungil yang lucu dan cantik. Tetapi jangan lupa, bahwa memiliki bayi wajib disertai dengan menguasai pengetahuan dasar tentang bagaimana cara anda sebagai orangtua dalam merawat bayi yang anda kasihi tersebut.

Kadang – kadang bayi anda yang biasanya lincah tiba – tiba berubah menjadi rewel dan murung serta seringkali muntah – muntah tanpa sebab. Nah anda sebagai orangtua pastilah merasa khawatir tetapi jangan terlalu panik begitu melihat si buah hati tiba – tiba muntah. Karena anda kurang tahu saja penyebabnya apa maka anda menjadi khawatir secara berlebihan. Sehingga kurang menyadari seharusnya anda memberikan pertolongan pertama dari rumah saja untuk selanjutnya nanti akan dibawa ke dokter anak.

Melihat penjelasan singkat dari kami tersebut di atas, alangkah bijaksana jika anda sebagai orangtua mengetahui penyebabnya apa yang membuat bayi anda sakit sehingga dapat dengan sigap mengambil tindakan untuk pertolongan pertama penyembuhan buat si bayi. Pada umumnya, penyebab utama bayi anda muntah – muntah adalah karena masuk angin.

Apakah yang dimaksud dengan masuk angin dan ciri – cirinya bagaimana ?

Masuk angin adalah istilah medis dalam dunia kedokteran dimana penyakit ringan ini hanyalah berupa gejala awal terhadap sebuah penyakit tak dikenal yang membutuhkan diagnosa lebih lengkap dari pemeriksaan seorang dokter.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan tentang beberapa tanda atau gejala bahwa bayi anda terserang penyakit masuk angin yang dapat dengan mudah dikenali sekalipun anda adalah orang awam dalam hal penyakit / bukan seorang dokter. Ciri – cirinya adalah sebagai berikut :

1/Adanya perubahan terhadap perilaku pada bayi anda contohnya adalah bayi biasanya anteng berubah menjadi cengeng dan rewel.

2/Nafsu makan berkurang dan bahkan ada yang tidak mau makan sama sekali. Perut bayi kembung disertai muntah – muntah dan esok pagi bayi mengalami diare yaitu buang air besar sebanyak 2 s/d 3 kali dalam sehari.

3/Bayi anda mengalami suhu badan sangat tinggi alias demam.

Tindakan apakah yang dapat dilakukan agar bayi terhindar dari terkena masuk angin lalu muntah – muntah ?

Sangat penting untuk menguasai beberapa tindakan tersebut di bawah ini yang wajib segera dilakukan jika para orangtua mengetahui bahwa bayi mereka terkena masuk angin. Orangtua harus paham tentang cara merawat si buah hati yang terlanjur masuk angin karena keteledoran para orangtua atau pengasuh mereka. Nah cara merawat bayi terkena masuk angin sehingga muntah – muntah adalah sebagai berikut :

1/Baluri dengan Bawang Merah sekujur tubuh bayi.

Diketahui bahwa Bawang Merah berfungsi ampuh buat merangsang pembuluh darah dan saraf  bekerja optimal terhadap kulit bayi sehingga akan menyebabkan sirkulasi darah di dalam tubuh bayi bekerja dengan lancar dan lebih aktif serta pertukaran oksigen menjadi lebih besar. Usai dibalur sambil melakukan pijit bayi maka bayi anda akan merasa segar dan lebih hangat. Lakukan terapi ini dengan hati – hati dan jangan terlalu keras karena dapat merusak kulit bayi yang sangat sensitif. Terlalu keras akan menyebabkan warna kulit bayi menjadi merah dan mengelupas lalu menghitam. Maka dari itu hindari membalur Bawang merah terhadap bayi anda yang masih berusia di bawah 6 bulan karena kulit tubuh mereka sangat rentan terkena apa pun di luar rumah.

2/Untuk bayi anda di bawah usia 6 bulan maka baluri tubuh mereka dengan Minyak Telon.

Minyak Telon berfungsi untuk menghangatkan badan bayi tanpa harus merasa terlalu panas. Sama halnya dengan Bawang Merah, membantu memperlancar sirkulasi darah dan asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bayi.

3/Berikan obat penurun panas untuk mengatasi demam pada bayi anda.

Obat penurun panas hanya boleh diberikan kepada bayi anda yang berusia di atas 6 bulan. Apabila bayi masih berada di bawah usia 6 bulan maka pemberian obat wajib berdasarkan atas petunjuk dokter.

Masuk angin merupakan gejala awal munculnya penyakit baru yang sulit didiagnosa oleh orang awam, maka dari itu apabila dalam kurun waktu 3 hari belum juga menampakkan gejala membaik maka segeralah membawa bayi anda ke dokter spesialis anak guna diperiksa dengan lebih rinci. Dikhawatirkan ini adalah gejala awal dari beberapa penyakit ganas lain menyerang seperti penyakit Campak atau gangguan pencernaan akut. Semoga bermanfaat !

You may also like