Home Penyakit dan KelainanDemam 12 Penyebab Suhu Badan Panas di Malam Hari Yang Harus Diketahui

12 Penyebab Suhu Badan Panas di Malam Hari Yang Harus Diketahui

by Lia Yuliana

Demam merupakan salah satu penyakit yang kadang merupakan suatu gejala dari beberapa penyakit yang umum. Seperti halnya seorang yang sedang batuk berdahak, tipes atau pun beberapa penyakit lain cenderung sering ditandai dengan rasa demam pada tubuh.

Demam pada tubuh biasanya memang menandakan suatu penyakit, karena pada dasarnya demam merupakan reaksi dari tubuh untuk mengatakan pada tubuh bahwa kondisi badan sedang tidak sehat. Itu sebabnya mengapa demam atau tubuh panas sering menandakan bahwa tubuh tidak sehat. Demam memang bisa muncul kapan saja, tapi taukah kamu bahwa terdapat penyebab suhu badan panas di malam hari atau demam dimalam hari ini perlu diwaspadai, karena suhu badan panas dimalam hari bisa merupakan suatu tanda penyakit, sehingga hal tersebut dapat menjadi penyebab suhu badan panas di malam hari. Adapun penyebab suhu badan panas  dimalam hari meliputi

Penyebab Suhu Badan Panas di Malam Hari

1. Mengidap Penyakit tipes

Seorang yang menderita penyakit tipes biasanya akan sering mengalami panas dimalam hari, selain karena cuaca yang dingin dimalam hari tentu karena suhu badan yang harus menyesuaikan perpindahan siang (cuaca yang panas) ke malam (cuaca dingin) sehingga pada saat penyesuaian tersebut, apabila saat mengidap penyakit tipes akan menyebabkan suhu badan menjadi panas. Karena metabolisme pada tubuh yang tidak seimbang.

2. Terkena Demam Berdarah

Pada dasarnya tipes dan demam berdarah tidak begitu berbeda. Mengapa pada saat demam sering mengalami suhu badan panas dimalam hari, hal ini karena reaksi tubuh yang menandakan bahwa tubuh sedang dalam keadaan yang kurang sehat.  

3. Mengalami dehidrasi

Seorang yang mengalami dehidrasi tentu harus hati-hati dengan bahaya dehidrasi karena dengan mengalami dehidrasi ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Sehingga menyebabkan suhu tubuh menjadi panas saat dimalam hari. Terutama ketika siang hari beraktivitas berlebihan di bawah sinar matahari.

4. Adanya perubahan cuaca

Perubahan cuaca yang tidak menentu dapat membuat kesehatan metabolisme pada tubuh menjadi terganggu. Tentu hal tersebut akan menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat dan menimbukan reaksi suhu badan menjadi panas terutama di malam hari.

5. Mengalami Kelelahan

Mengalami kelelahan atau tubuh yang cepat lelah  dapat membuat kondisi tubuh menjadi tidak seimbang, tentu hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi tidak baik atau tidak sehat. Bahkan kondisi tubuh yang cepat lelah ini dapat menyebabkan Kelelahan otot yang juga dapat membahayakan tubuh.

6. Sedang menderita penyakit Batuk

Sepeti yang telah dijelaksan pada pembukaan tadi, bahwa salah satu gejala seorang mengalami batuk adalah meraka mengalami panas, panas atau suhu badan tinggi ini dapat terjadi baik itu disiang hari ataupun dimalam hari. Sehingga sangat wajar ketika seorang mengalami panas jika mereka sedang menderita batuk.

7. Terinfeksi Virus

Terinveksi virus bisa disebabkan karena banyaknya bakteri yang ada pada lingkungan ataupun reaksi tubuh karena Alergi maka hal ini tentu akan menyebabkan suhu badan meningkat, terutama di malam hari. Karena pada saat malam hari tubuh cenderung lebih sensitif.

8. Suhu Ruangan yang panas

Tak lain tak bukan, ketika suhu ruangan yang digunaakan pada saat malam hari, misal saat tidur menggunakan suhu ruangan yang panas, tentu akan menyebabkan suhu badan menjadi meningkat dan menyebabkan suhu badan menjadi panas. Hal ini dikarena lingkungan yang panas. Meskipun itu terjadi di malam hari.

9. Terlalu lelah

Terlalu lelah tentu dapat menyebabkan Stress dimana sterss ini dapat mempengharui kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan tubuh meresakan demam atau suhu badan menjadi meningkat terutama di malam hari. Jadi jika badan mulai merakan lelah, segeralah menghistirahatkan tubuh agar tidak mengalami stress.

10. Mengunakan pakaian yang tebal

Menggunakan pakaian yang tebal dapat menyebabkan suhu badan panas atau sering disebut dengan gerah. Hal ini dikerenakan tubuh yang terbalut dengan pakaian tebal akan mereaksikan pada tubuh menjadi keringat. Itu sebabnya ketika tubuh meresa kedinginan di malam hari sering menggunakan pakaian tebal untuk meningkatkan suhu tubuh agar panas terutama di malam hari dan ketika mengalami kedinginan.

11. Terlalu lama beraktivitas dibawah sinar matahari

Beraktivita teralu lama di bawah sinar matahari dapat meneybabkan penderitanya mengalami dehidrasi, sehinga dapat menyebabkan suhu badan meningkat di malam hari. Untuk mengatasinya tentu harus banyak-banyak mengonsumsi air putih di siang hari.

12. Memiliki gejala Bronkitis

Salah satu gejala yang ditimbulkan dari penyakit bronkitis biasnaya adalah kondisi badan yang menjadi panas atau suhu badan yang meningkat. Jika hal tersebut telah terjadi harus segera di atasi agar bronktitis tidak semakin parah.

Itulah 12 penyebab suhu badan panas di malam hari, disetiap penyebab tentu memiliki solusi yang harus dilakukan. Maka dari itu selain mengetahui penyeab suhu badan panas dimalam hari juga harus mengetahui cara mengatasi atau solusi suhu badan panas dimalam hari. Seperti ketika penyebab panas dimalam hari adalah dehidrasi, maka pada saat itu harus memperbanyak konsumsi air mineral. Sehingga dehidrasi akan berkurang, dan suhu badan yang demam juga akan berkurang.

You may also like