Konsumsi Makanan Ini, untuk Mempercepat Penyembuhan DBD

418

Apakah yang dimaksud dengan Penyakit Demam Berdarah Dengue ?

Demam berdarah dengue adalah penyakit yang muncul karena adanya Virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk demam berdarah bernama ‘Aedes Aegepty’.

Orang yang terinfeksi virus penyebab Demam Berdarah ini akan mengalami 3 fase gejala awal panas demam yaitu fase pertama adalah suhu tubuh panas tinggi namun tidak lama kemudian menjadi turun, merupakan masa – masa kritis bagi si penderita DBD Dengue untuk selanjutnya menuju ke fase berikut yaitu tubuh si penderita akan mengalami panas cukup tinggi yang merupakan proses menjelang penyembuhan.

Gejala umum lainnya adalah selain demam panas, akan ada mual muntah mendadak, sakit kepala, nyeri belakang mata, nyeri sendi hingga ruam kulit dan akhirnya muntah darah yang menandakan bahwa kondisi sudah sangat parah.

Ada beberapa jenis makanan / minuman yang dapat membantu anda untuk meningkatkan kinerja sistem imun sehingga anda tak rentan terserang infeksi oleh bakteri atau virus ganas semacam Dengue. Apabila anda sedang dalam masa – masa pengobatan oleh dokter karena positif terserang DBD maka makanan – makanan sederhana di bawah ini mampu membantu meringankan gejala DBD sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Kami rangkum dari beberapa sumber berita akan menjelaskan tentang beberapa jenis makanan / minuman yang bagus untuk membantu mempercepat anda sembuh dari terkena penyakit DBD.

Mengonsumsi Buah Jeruk

Jeruk merupakan buah segar yang kaya akan kandungan Vitamin C dan Antioksidan penting untuk kebugaran tubuh anda di dalam menjalani aktivitas di luar rumah. Kandungan yang lainnya adalah serat yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati gangguan pencernaan. Maka dari itu tambahkan Buah Jeruk ke dalam daftar makanan anda setiap hari selama anda dalam proses penyembuhan terhadap suatu penyakit atau guna pencegahan.

 Mengonsumsi Buah Pepaya

Diketahui bahwa buah meja ini banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Buah ini rasanya enak, banyak air, mudah didapat dan di pasar harganya cukup murah serta mempunyai khasiat untuk obat beberapa jenis penyakit ringan atau penyakit akut. Riset menjelaskan bahwa buah pepaya bagus sebagai media untuk mendorong produksi zat trombosit menjadi lebih cepat di dalam tubuh, sehingga buah ini tepat diberikan kepada pasien penderita penyakit DBD.

Caranya adalah sebagai berikut : minumlah ekstrak daun Pepaya dengan cara sebagai berikut : ambil beberapa lembar daun Pepaya segar lalu cuci dengan bersih dan hancurkan. Kemudian tambahkan air matang secukupnya saja lalu peras airnya seperti anda membuat jamu kemudian jamu ini diminum 2 kali dalam sehari dengan rutin selama anda sakit dan dalam fase penyembuhan. Untuk pencegahan saja, cobalah makan Buah Pepaya sehari – hari usai anda makan sebagai buah pencuci mulut.

Hindari Mengonsumsi Makanan Berminyak

Gejala termudah untuk mengenali bahwa anda terkena penyakit DBD adalah munculnya masalah pencernaan. Untuk sementara waktu hindari makan makanan yang terlalu pedas atau berminyak. Perbanyak mengonsumsi makanan yang direbus karena kaya nutrisi dan tidak mengganggu pencernaan.

Minum Minuman Jahe Hangat

Diketahui bahwa rempah Jahe kaya akan sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kedua zat ini ampuh buat mengurangi demam tinggi akibat DBD. Cara mengonsumsinya adalah bersihkan secukupnya saja Jahe ukuran ibu jari lalu geprek kemudian dicampur dengan air panas dan minumlah ketika masih hangat – hangat kuku secara rutin sehari dua / tiga kali selama anda sakit.

Mengonsumsi Air Kelapa

Penyakit DBD menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, yang menyebabkan tubuh dalam kondisi sakit. Air kelapa muda merupakan salah satu cairan terbaik yang bagus diberikan kepada si penderita agar segera sembuh. Air kelapa banyak mengandung mineral dan elektrolit yang dapat membantu mengatur kadar cairan agar tetap seimbang di dalam tubuh sehingga ampuh buat mempercepat pemulihan pasien DBD.

Demikianlah 5 jenis makanan dan minuman yang bagus diberikan kepada pasien DBD agar tetap kuat sehingga bisa segera sembuh dan terhindar dari kondisi terburuk.