Begini Gejala Penyakit Asma Dan Pengobatan Dini yang Wajib Dilakukan

356

Dalam bahasa Yunani, sakit Asma dikenal dengan istilah Asthma merupakan salah satu jenis penyakit kronis / jangka panjang khusus menyerang saluran pernafasan. Gejala awal adalah munculnya peradangan disertai penyempitan pada saluran nafas. Gejala ini jika dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan anda kesulitan dalam bernafas lalu batuk – batuk disertai nyeri pada bagian dada.

Semua golongan baik itu yang muda hingga usia lanjut bisa terserang penyakit Asma. Pemicunya adalah merokok berlebihan atau terkena asap rokok, debu dan bulu binatang, udara sangat dingin di luar rumah, aktivitas fisik yang terlalu berat, terkena infeksi virus dan alergi zat kimia. Bagi orang yang sehat, saluran pernafasannya memiliki kondisi bagus jika dibandingkan dengan mereka yang terkena penyakit Asma.

Mengenal Penyebab Sakit Asma

Dikenal beberapa faktor utama yang menjadi penyebab anda terkena penyakit Asma adalah faktor yang berasal dari dalam maupun faktor dari luar. Meskipun yang sebenarnya penyakit ini penyebabnya belum diketahui secara pasti hingga saat ini namun anda dapat mengenalnya melalui beberapa faktor berikut ini yang menjadi pemicu penyakit Asma mudah menyerang anda : faktor genetik, lingkungan, makanan dan minuman yang buruk, udara sangat dingin, terlalu banyak merokok, terkena stres berkepanjangan, dan polusi udara.

Mengenal Gejala Awal Anda Terserang Penyakit Asma

Gejala awal anda terkena Asma adalah ada dalam kondisi yang buruk yaitu bersifat ringan atau jika dibiarkan begitu saja akan berlanjut kepada gejala akut yang cukup parah. Nah gejala Asma yang cukup parah inilah disebut dengan serangan Asma. Berikut ini merupakan gejala – gejala yang menandakan bahwa anda positif terserang penyakit Asma : kesulitan dalam bernafas, mudah merasa lelah dan lesu, pita suara terganggu sehingga anda dapat kehilangan suara, terserang insomnia atau kesulitan tidur, ada banyak hal di luar rumah yang sulit untuk anda lakukan, mudah merasa tegang dan gugup, berkeringat, mual – mual dan muntah, demam ringan, dan tenggorokan gatal – gatal sehingga menyebabkan anda rentan terserang batuk dan bersin yang parah.

Mengenal Terapi Pengobatan Asma

Meskipun anda baru terkena Asma tahap awal namun harus segera dicegah dengan cara mendeteksi sedini mungkin penyebab dan gejala anda terkena sakit Asma. Ini adalah poin terpenting bagi si penderita agar mereka mampu bertahan dan sembuh sehingga bisa menikmati kehidupan sehari – hari dengan saluran pernafasan yang longgar dan nyaman. Kami rangkum dari berbagai sumber berita di bawah ini akan menjelaskan tentang beberapa terapi pengobatan Asma yang dengan mudah dapat anda mengerti dan ikuti sebagai berikut :

Omalizumab

Fungsi dari obat jenis ini adalah mengikat salah satu zat protein yang erat hubungannya dengan respons imun terhadap organ – organ tubuh manusia. Dalam hal ini jumlah protein akan dikurangi untuk darah sehingga peradangan yang kemungkinan besar akan terjadi menjadi semakin kecil. Peradangan memicu Asma menjadi parah sehingga perlu diperhatikan lebih serius.

Obat jenis ini khusus diaplikasikan terhadap penderita Asma akut yang wajib segera mendapatkan penanganan. Sehingga cukup sering dianjurkan oleh dokter yang merawat anda. Biasanya dokter akan menyuntikkan obat ini sejumlah dua / empat Minggu dalam sekali sehari. Nah apabila dalam waktu 16 Minggu penyakit Asma anda semakin parah maka obat ini harus diberhentikan dengan mengganti mengaplikasikan memakai obat lainnya.

Inhaler

Untuk memilih salah satu obat – obatan Asma maka anda dianjurkan memakai Inhaler. Merupakan obat yang dihirup saat sakit Asma anda kambuh, dimana cara kerja obat ini adalah dengan menyalurkan obat Asma ke dalam Inhaler untuk selanjutnya Inhaler menyebarkan obat ke sekitarnya sehingga akhirnya obat sampai pada saluran pernafasan yang sakit. Obat Inhaler merupakan terbanyak digunakan oleh para penderita sakit Asma. Karena praktis dan efektif yaitu mudah dibawa kemana – mana sehingga apabila penyakit Asma anda kambuh maka anda sudah siap obat guna mencegah kondisi menjadi semakin buruk, seperti pertolongan pertama terhadap si penderita dimana obat Inhaler ini merupakan obat yang secara langsung meresap ke dalam paru – paru.

Spacer

Spacer adalah sebuah wadah yang terbuat dari bahan plastik atau ada yang terbuat dari bahan logam. Peralatan ini dilengkapi dengan corong hisap pada salah satu bagian / ujung dari alat ini dan berlubang pada bagian ujung lainnya dimana ujung inilah yang akan dipasangkan dengan alat Inhaler tersebut di atas. Selanjutnya alat Inhaler dipencet untuk memasukkan obat ke bagian Spacer dan dihirup dengan bagian corong dari Spacer tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa lebih bermanfaat apabila anda memakai Spacer yang bersifat higienis jika dibandingkan secara langsung anda menghirup obat dengan Inhaler. Spacer bisa berfungsi untuk mengurangi area mulut terkena sariawan, membengkak menjadi radang tenggorokan serta menghindarkan anda dari efek samping yang buruk terhadap pengaplikasian obat – obatan kimia untuk sakit Asma. Obat Asma yang anda hirup secara tak langsung akan masuk ke tenggorokan sehingga jika terjadi sesuatu maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan tenggorokan anda. Nah disinilah Spacer memegang peranan penting yaitu mencegah munculnya radang tenggorokan sebagai akibat terlalu lama mengkonsumsi obat – obatan Asma dan jarang konsultasi ke dokter.

Streroid Oral

Penyakit Asma kronis atau yang kambuh setiap hari bisa diatasi dengan mengaplikasikan obat bernama Streroid Oral dimana porsi pemakaian obat – obatan ini wajib berturut – turut sekitar 2 minggu / lebih. Apabila dalam tenggang waktu ini sakit yang anda derita intensitasnya mulai menurun maka dapat mengaplikasikan obat – obatan Asma sebelumnya. Streroid Oral bisa berfungsi sebagai obat guna meredakan sakit Asma yang muncul karena alergi. Alergi dingin dan debu merupakan dua alergi penyebab seseorang rentan terkena Asma.

Mengetahui Tentang Jenis – Jenis Obat Pencegah Dan Penyembuh Sakit Asma

Pada umumnya tim dokter akan merawat anda dengan memberikan obat – obatan tambahan yang berfungsi sebagai pencegah Asma, apabila sakit Asma yang anda derita sulit untuk diberhentikan. Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan mencoba memberikan rekomendasi obat yang umum diberikan oleh dokter sebagai berikut :

1/Obat Leukotriene Receptor Antagonist. Merupakan salah satu jenis obat berbentuk tablet mempunyai fungsi sebagai media penghambat munculnya proses reaksi kimia berupa peradangan pada saluran pernafasan manusia.

2/Obat Theophylline. Merupakan salah satu obat yang berfungsi sebagai media pelebar pada saluran pernafasan. Dimana diketahui bahwa saluran pernafasan akan menyempit apabila penyakit asma tiba – tiba menyerang. Cara mengembalikan kondisi ke normal adalah dengan membuat otot – otot pada saluran pernafasan menjadi lemas.

Mengenal Tentang Obat Asma Tradisional

Dua obat di atas adalah penyembuhan sakit Asma dengan cara – cara medis, jika dirasa perlu maka anda bisa mengaplikasikan cara – cara tradisional guna pengobatan dini agar terhindar dari bahaya efek samping terhadap minum obat – obatan kimia secara berlebihan dalam jangka waktu lama. Berikut ini kami rekomendasikan beberapa obat Asma tradisional yang dengan mudah dapat anda buat di rumah, kami rangkum dari berbagai sumber berita.

Obat tradisional dengan memanfaatkan Jahe

Sejak jaman dulu jahe terbukti ampuh untuk meredakan dan meringankan gejala awal sesak nafas serta mengobati peradangan akut yang terjadi pada saluran pernafasan. Di bawah ini kami berikan resep praktis membuat ramuan tradisional jamu yang terbuat dari bahan dasar yaitu rimpang jahe.

Sediakan bahan – bahan dan cara membuat :

    • Cuci bersih lalu kupas dan rebus beberapa rimpang jahe segar baru dipetik,
    • Untuk jahe yang sudah agak layu dan lama tersimpan di dapur sebaiknya dibuang saja / hindari memakai,
    • Setelah itu saring dan hangat – hangat kuku diminum setiap hari sekali selama anda memperlihatkan gejala Asma kambuh.

Obat tradisional dengan memanfaatkan Bawang Putih

Dengan memanfaatkan Bawang Putih seoptimal mungkin maka tidak hanya sakit Asma saja yang bisa disembuhkan, penyakit akut lainnya juga dapat dihindari. Asma tahap awal bisa diobati dengan rempah ini dimana Bawang Putih merupakan media guna membantu organ – organ tubuh terutama organ pernafasan menjadi lega dan nyaman bernafas serta cairan lendir dalam organ pernafasan dapat dikurangi.

Cara pengaplikasian adalah :

  • Cuci bersih 2 siung Bawang Putih lalu rebus dengan air bersih sebanyak 100 ml,
  • Selanjutnya saring dan jamu ini diminum sesudah dingin.

Dianjurkan untuk mengaplikasikannya pada waktu malam hari sekali dalam sehari selama anda sakit.

Obat tradisional dengan memanfaatkan Bawang Bombay

Diketahui bahwa Bawang Bombay banyak mengandung zat anti inflamasi yang ampuh buat mengurangi peradangan di dalam saluran pernafasan. Fungsi yang lainnya adalah membantu peradangan menjadi ringan terutama di area paru – paru. Konsumsilah Bawang Bombay mentah setiap hari seperlunya saja guna mengobati sakit Asma tahap awal.

Obat tradisional dengan memanfaatkan Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang ampuh membantu perawatan Asma dalam tahap awal. Konsumsilah secangkir minuman Kopi pahit panas setiap pagi hari selama anda sakit dimana zat Kafein di dalam Kopi bermanfaat besar untuk melenyapkan gejala Anda mengalami gangguan pernafasan untuk selanjutnya menyembuhkan sehingga bernafas menjadi lega. Jika dirasa gangguan awal sakit Asma anda mulai hilang, kurangi mengkonsumsi Kopi karena zat kafein di dalamnya berbahaya untuk kesehatan organ tubuh yang lainnya.

Obat tradisional dengan memanfaatkan Madu

Madu banyak mengandung zat alami yang berfungsi ampuh untuk melegakan saluran pernafasan bagi anda yang terkena gejala awal sakit Asma. Madu juga mengandung zat Alkohol yang bersifat menenangkan rongga pernafasan didukung oleh kandungan nutrisi lainnya yang ampuh buat menjaga sistem kekebalan tubuh sekaligus menghindari anda terserang penyakit yang lainnya.

Cara pengaplikasian adalah sebagai berikut :

    • Anda hanya membutuhkan 1 sdt madu murni,
    • Lalu taburi secukupnya bubuk kayu manis dan larutkan,
    • Konsumsilah madu ini secara langsung atau dapat anda larutkan dalam secangkir air hangat – hangat kuku diminum pada waktu malam hari sekali saja selama anda sakit.

Pengobatan Akupuntur

Pengobatan jenis ini mengaplikasikan metode perawatan terhadap sakit Asma yang petama kali diaplikasikan di China. Sistemnya adalah perhatikan beberapa jenis titik – titik tubuh yang terkait dengan kesehatan rongga pernafasan akan diterapi dengan menggunakan jarum. Ternyata ampuh buat beberapa orang jika terapinya diberlakukan secara rutin setiap hari sekali selama anda sakit.

Melakukan Senam Pernafasan

Seperti halnya pengobatan Akupuntur, melakukan senam pernafasan dikenal cukup ampuh guna mengurangi gejala – gejala anda akan terserang sakit Asma, dimana senam ini mengkhusus melatih organ paru – paru agar mampu bekerja secara optimal dan menyimpan kapasitas udara dalam jumlah normal. Gerakan – gerakan yang diciptakan adalah berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh pada umumnya dan pikiran agar anda dapat rileks serta terhindar dari penyakit stres yang berpengaruh buruk terhadap sakit Asma.

Apabila anda secara kebetulan mengidap penyakit Asma maka dianjurkan untuk segera konsultasi ke dokter guna melakukan serangkaian perawatan dan pemeriksaan untuk menemukan penyebabnya sehingga memudahkan anda untuk melakukan pengobatan.