7 Makanan Penyebab Asam Urat Kambuh Wajib Dihindari

308

Penyakit asam urat seringkali ditandai dengan rasa nyeri dan pembengkakan pada persendian yang dapat berlangsung hingga beberapa hari. Mereka yang mengalami obesitas cenderung lebih beresiko mengalami penyakit asam urat. Selain itu, beberapa jenis makanan yang tinggi akan kandungan purin juga dapat memicu seseorang mengalami penyakit ini. Penderita asam urat yang juga disebut hyperuricemia secara medis ini sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan penyebab asam urat kambuh seperti berikut.

1. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi dan daging kambing sangat tinggi kandungan purinnya, karena itu penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ini. Jika harus memakannya, sebaiknya dalam porsi wajar dan tidak terlalu sering.

2. Jeroan

Jeroan yang merupakan organ tubuh dari hewan seperti usus, hati, paru dan lidah memang terasa nikmat, namun makanan ini juga tidak baik dikonsumsi apalagi oleh penderita asam urat. Jika pantangan asam urat ini dikonsumsi, penyakit asam urat dapat beresiko tinggi untuk kambuh.

3. Seafood

Seafood atau makanan laut juga kaya akan kandungan purin, seperti udang, cumi-cumi, lobster dan kerang. Makanan tersebut tidak hanya berbahaya bagi penderita asam urat, bahkan merekan yang memiliki riwayat tekanan dan darah tinggi dan kolesterol juga sebaiknya tidak mengkonsumsi seafood.

4. Makanan Olahan

Penderita asam urat sebaiknya juga menghindari makanan olahahan agar penyakitnya tidak kambuh. Beberapa makanan tersebut antara lain makanan kaleng, sarden, kornet, abon dan yang lainnya yang diolah dan disimpan untuk waktu yang lama. Selain karena mengandung purin, makanan tersebut juga banyak mengandung bahan tambahan makanan kimia yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

5. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan juga tidak baik untuk dikonsumsi penderita asam urat, hal ini dikarenakan kandungan purin di dalamnya. Selain kacang-kacangan, beberapa jenis sayuran juga sebaiknya dihindari penderita asam urat, sperti jamur kuping, kangkung, bayam, kol, asparagus dan buncis.

6. Produk Olahan Susu

Susu dan berbagai produk olahannya seperti keju, yoghurt dan es krim dapat memicu kadar asam urat di dalam darah meningkat. Karena itu, makanan penyebab asam urat kambuh tersebut juga harus dihindari.

7. Makanan dan Minuman Manis

Kandungan gula yang tinggi pada makanan dan minuman manis dapat memicu seseorang terkena obesitas sehingga dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat. Fruktosa juga berperan dalam meningkatnya asam urat di dalam tubuh, karena itu sebaiknya makanan dan minuman manis tidak dikonsumsi.

Jika Anda merasa gejala asam urat tinggi dan menimbulkan gangguan kesehatan yang cukup serius, sebaiknya hindari makanan di atas dan segera temui dokter. Jika terus dibiarkan penyakit asam urat dapat bertambah parah dan menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya untuk kesehatan penderitanya. Namun jika makanan tersebut dijauhi dtambah dengan menjalani pola hidup sehat, maka gejala asam urat dapat dicegah.