Home Penyakit dan KelainanPenyakit Asam Lambung 7 Buah Untuk Menurunkan Asam Lambung yang Aman dan Alami

7 Buah Untuk Menurunkan Asam Lambung yang Aman dan Alami

by Nur Wachid, S.Pd

Asam Lambung meruapakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang tubuh kita. Meningkatnya asam lambung akan memicu berbagai masalah lain bagi tubuh Anda. Salah satu gejala yang muncul dari asam lambung adalah rasa nyeri pada bagian ulu hati dan juga dada. Tentu kondisi ini sangat menganggu aktivitas hari-hari karena akan merasakan suatu kondisi yang tidak nyaman. Selain itu, juga akan menurunkan sistem metabolisme tubuh Anda.

Penyebab dari asam lambung ini adalah tidak berfungsinya LES. LES sendiri merupaka sebuah lingkaran otot yang terletak pada bagian bawah esofagus. Fungsi dari LES ini adalah untuk menjadikan pintu pembatas antara esofagus dan lambung. Ketika makanan masuk ke dalam lambung secara otomatis akan membuka dan menutup sendiri setelah makananĀ  turun ke lambung. Ketika LES ini menjadi tidak dapat tertutup yang terjadi asam lambung akan naik sehingga menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati. Sebenarnya penyebab lain dari asam lambung ini adalah faktor keturunan, obat-obatanĀ  dan konsumsi makanan yang tidak seimbang antara lemak dan protein lainnya. Untuk itulah penting bagi Anda menjaga akan asupan baik makanan maupun bahan lainnya. sehingga lambung akan tetap terjaga dengan baik.

Ketika Anda mengalami gejala asam lambung naik. Tentu akan berpikir ulang akan makanan, minuman atau buah apa yang cocok untuk menurunkan penyakit ini. Sebab tidak semua dari makanan dan buah dapat menurunkan dari penyakit ini. Ada juga yang justru membahayakan bagi penderitanya. Untuk itulah melalui artikel di bawah ini Anda akan dipandu untuk memahami akan buah yang sebagai cara menurunkan asam lambung.. Sehingga, penyakit ini segera pulih seperti biasa.

  1. Pisang

Buah ini memang mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Rasa manis yang dihasilkan oleh buah ini juga alami sehingga jelas akan aman ketika di makan. Selain itu, bagi penderita asam lambung sangat cocok. Karena dalam buah pisang ini mengandung pH 5,6. pH inilah yang sangat baik untuk membtnu merigankan asam lambung Anda. Selain itu, dalam buah pisang juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahap tubuh Anda.

  1. Melon

Buah ini banyak yang tidak menyadari bahwa sangat baik untuk penderita asam lambung. Sebab akan mampu menurunkan asam lambung secara cepat dan juga tanpa efek samping. Dalm buah memon ini terdiri pH 6.1, yang tergolong rendah asam. Mengandung sumber mineral dan mangnesium yang tinggi. Tentu kandungan inilah yang akan membantu menyembuhkan asam lambung dalam tubuh Anda. Untuk itulah penting mengkonsumsi dalam jangka waktu yang teratur.

  1. Pepaya

Buah jenis ini memiliki khasiat yang tinggi untuk tubuh. Salah satu khasiat itu adalah untuk menurunkan asam lambung. Berbagai penelitian di Eropa menyebutkan dalam buah ini terdapat enzim yang dapat meringankan dari asam lambung dalam tubuh. Selain itu, mengadung papin, enzim protein larut yang sangat membantu untuk penderita asam lambung. Tidak saja itu, dalam buah ini juga mengandung vitamin A, C, dan E. Vitamin yang sangat baik untuk metabolisme dalam tubuh.

  1. Semangka

Kadar air yang begitu banyak dalam buah ini dapat menyembuhkan asam lambung. Hal ini disebabkan oleh senyawa amonia yang dapat terbentuk dengan cepat dengan bantuan dari nutrisi yang ada dalam buah pepaya. Anomia ini berfungsi untuk mempertahankan tingkat keasaman dalam lambung. Sehingga, jelas asam lambung yang awalnya naik secara perlahan akan turun secara alami.

  1. Apel

Salah satu buah yang lezat ini ternyata mendung khasiat yang baik untuk tubuh. Adapun khasiat itu berupa untuk menurunkan asam lambung. Masyarakat percaya bahwa memakan apel sebelum tidur akan mampu menurunkan asam lambung. Memang dalam apel ini juga mengandung mineral, kalsium, mengnesium, dan pektin yang dapat mencegah kolesterol. Tentu ketika menikmati buah apel ini akan dapat menemukan manfaat ganda, yaitu menurunkan asam lambung dan juga rendah kolesterol.

  1. Mangga

Mangga tidak saja terkenal dengan rasa manisnya. Buah ini juga mampu menurunkan asam lambung. Sebab dalam buah ini memiliki nutrisi dan vitamin yang membantu menurunkan asam lambung. Selain itu, kandungan antioksisan dapat menjaga lapisan perut.

  1. Kelapa

Buah yang santannya dapat dijadikan bumbu masak alami ini memiliki kandungan yang berfungsi sebagai obat asam lambung. Selain menyegarkan, juga sebagai alternatif untuk menetral asam lambung dalam tubuh Anda. Senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Selain itu, elektrolit dalam air kelapa mampu menjaga kadar asam lambung sehingga tetap stabil dan aman dari gangguan.

You may also like