Home Penyakit dan KelainanApraksia Penyakit Apraksia Verbal : Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengatasi

Penyakit Apraksia Verbal : Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengatasi

by Lia Yuliana

Apraksi verbal dapat terjadi pada siapapun kapanpun dan dimanapun. Apraksi verbal merupakan gangguan bicara yang terjadi pada anak dimana anak akan mengalami kesulitan dalam mengucapkan huruf huruf konsonan dan huruf-huruf vokal tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut Apa itu apraksi verbal marilah kita di bawah ini tentang penyebab gejala pengobatan apraksi verbal yang terjadi pada anak. Adapun beberapa penyebab yang dapat menyebabkan anak mengalami Apraksi verbal  adalah sebagai berikut:

Penyebab Apraksi verbal

1. Sejak lahir

Salah satu penyebab penyakit Apraksi verbal  adalah seseorang yang mengalami penyakit Apraksi verbal  terjadi sejak dia lahir. Jadi  penyakit Apraksi verbal  tersebut sudah dialaminya sejak lahir. Bagi mereka yang mengalami penyakit Apraksi verbal  ini sejak lahir harus benar benar diperhatikan secara khusu. Agar penyakit Apraksi verbal pada anak ini dapat disembuhkan dengan segera.

2. Kecelakaan

Selain timbul karena faktor bawaan atau sejak lahir ternyata anak yang mengalami penyakit Apraksi verbal  juga dapat disebabkan karena anak tersebut mengalami kecelakaan yang dimana kecelakaan tersebut mengenai otak. Ketika seseorang mengalami kecelakaan maka bagi mereka yang melihat kecelakaan tersebut perlu melakukan pertolongan pertama pada  kecelakaan jika kecelakaan yang terjadi tidak mengenai tulang, jika kecelakaan mengenai tulang maka perlu memberikan pertolongan pertama pada patah tulang seperti memberi topangan ada area patah tulang.

Namun pada dasarnya kecelakaan yang menyebabkan penyakit apraksi verbal adalah kecelakaan yang mengenai bagian otak. Sehingga syaraf otak dapat terganggu dan menyebabkan gangguan apraksi verbal tersebut.

3. Stroke

strok yang terjadi pada anak juga merupakan salah satu pemicu anak mengalami penyakit Apraksi verbal . Bagi anda yang memiliki anak dan mengalami penyakit ini karena struk maka segeralah obati penyakit strok tersebut agar anak tidak mengalami penyakit Apraksi verbal. Penyebab stroke kadang tidak bisa diduga-duga, dan terkadang semuanya terjadi begitu saja, waktu dan kejadian tidak dapat diperkirakan, maka dari itu penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri stroke ringan maupun berat, untuk mempermudah mengidentifikasi apakah terkena stroke atau tidak.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit Apraksi verbal . Penyebab mengalami penyakit Apraksi verbal  pada gejala yang ditimbulkan oleh anak ketika anak mengalami penyakit Apraksi verbal  adalah sebagai berikut

Gejala penyakit Apraksi verbal

1. Tidak dapat mengucapkan konsonan tertentu

Salah satu gejala yang akan ditimbulkan ketika anak mengalami penyakit Apraksi verbal  adalah anak tidak akan dapat mengucapkan konsonan atau huruf vokal tertentu.

2. Sulit dalam berbicara secara spontan

Selain tidak dapat mengucapkan huruf vokal maupun konsonan tertentu seseorang atau anak yang mengalami Penyakit ini akan mengalami kesulitan dalam berbicara atau melakukan pembicaraan secara spontan.

3. Memberikan tekanan pada pengucapan yang salah

Gejala yang lain ketika anak mengalami penyakit telinga adalah anak akan lebih sering memberikan tekanan tekanan tertentu pada pengucapan yang mereka ucapkan namun pengucapan tersebut salah.

4. Mengalami masalah sulit makan

Pada kasus lain seseorang yang mengalami penyakit Apraksi verbal  ini akan memiliki gangguan pada nafsu makan mereka. untuk itu mengapa masalah nafsu makan juga merupakan salah satu gejala dari anak yang mengalami penyakit ini. Permasalahan sulit makan biasanya dapat ditangani dengan pemberian vitamin penambah  nafsu makan, namun berbeda halnya dengan masalah sulit makan yang dialami oleh penderita penyakit apraksi verbal ini, Penderita penyakit apraksi verbal lebih sulit untuk ditangani ke tidak nafsuan makannya.

itulah beberapa gejala anak yang mengalami penyakit Apraksi verbal . Selain mengetahui gejala anak yang mengalami penyakit Apraksi verbal  alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui pengobatan penyakit Apraksi verbal . Adapun cara pengobatan untuk mengobati penyakit Apraksi verbal  adalah sebagai berikut

Pengobatan penyakit Apraksi verbal

1. Melakukan komunikasi pada anak

Salah satu hal yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk membantu pengobatan anak yang terkena penyakit Apraksi verbal  ini adalah dengan terus-menerus melatih serta melakukan komunikasi pada anak agar anak terbiasa mendengar komunikasi yang benar.

2. Melakukan terapi wicara

Dengan melakukan terapi wicara juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengobati seseorang yang mengalami penyakit Apraksi verbal  ini. Terapi wicara bisanya dilakukan dengan cara membiasakan penderita penyakit apraksi verbal ini untuk berbicara terus-menerus dan dengan pembicaraan yang spontan.

3. Sembuh dengan sendirinya

Dalam kasus tertentu sebenarnya penyakit Apraksi verbal  ini dapat sembuh dengan sendirinya. hanya saja seseorang yang mengalami penyakit Apraksi verbal  ini harus diberikan perhatian lebih terutama dalam berkomunikasi.

Itulah beberapa hal yang membahas tentang penyakit Apraksi verbal  pada anak. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan serta menambah pengetahuan anda tentang penyakit Apraksi verbal  pada anak. Semoga kita juga dapat terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

You may also like