Kenali Penyakit Alzheimer Sejak Dini, Sebelum Terjadi pada Anda

472

Apakah yang dimaksud dengan Alzheimer ?

Yang dimaksud dengan Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyebab pemicu anda terkena Penyakit Demensia yaitu sebuah kondisi kesehatan yang buruk dan akan mempengaruhi kinerja otak yang berfungsi utama sebagai pengendali pola pikir, daya ingat dan kemampuan berbahasa. Penyakit Alzheimer dikenal sebagai penyebab munculnya Penyakit Demensia yang akan mempengaruhi seseorang terutama dari kelompok lansia dalam melakukan aktivitas mereka sehari – hari menjadi berjalan agak lamban.

Seperti diketahui bahwa Alzheimer akan semakin parah seiring dengan usia seseorang bertambah tua. Rata – rata individu yang terkena Alzheimer adalah yang berusia di atas 65 tahun, namun bagi individu yang memiliki usia di bawah usia 65 tahun juga rentan mengalami Alzheimer meskipun di Indonesia jarang terjadi.

Meskipun ada banyak riset yang mempelajari tentang penyakit yang satu ini namun hingga saat ini para pakar kesehatan belum berhasil mengetahui tentang apa penyebab lansia rentan terserang Alzheimer. Diduga karena terjadi oleh banyak penyebab seperti beberapa diantaranya adalah terkena beberapa penyakit kronis memegang peranan penting dalam terjadinya kondisi buruk tersebut.

Alzheimer merupakan sebuah keadaan yang bersifat ‘progresif’ yang menjadi penyebab utama terjadinya memori dan beberapa fungsi otak terganggu. Dimana pada tahap awal, seseorang terkena penyakit ini adalah dengan menunjukkan gejala kebingungan dan kadang-kadang kesulitan dalam mengingat sesuatu dengan lebih teliti. Pada gejala selanjutnya, seseorang yang positif terkena penyakit ini kadang-kadang melupakan orang-orang terpenting dalam hidupnya dan mulai mengalami kepribadian yang berubah secara signifikan.

 Alzheimer Bukanlah Menjadi Penyebab / Bagian Dari Proses Penuaan

Meskipun otak memiliki kemampuan masing-masing terhadap satu dengan yang lainnya seseorang adalah berbeda-beda, kemampuan otak bisa berubah-ubah sesuai dengan bertambahnya usia, sehingga sangat penting guna memahami bahwa Alzheimer bukanlah merupakan salah satu bagian yang normal dari terjadinya proses penuaan terhadap seseorang. Tanda-tanda awal terjadinya penurunan kemampuan untuk mengingat adalah gejala awal seseorang terkena Alzheimer. Contohnya adalah cepat melupakan kata-kata tertentu, lupa tanggal ulang tahun anggota keluarga, atau melupakan nama seseorang yang pernah dekat dengan anda dahulu, namun jika hanya terjadi sesekali saja maka bukan berarti bahwa seseorang sudah positif terkena penyakit ini.

Selain menunjukkan daya ingat yang mulai menurun, ditemukan tanda-tanda yang lain biasa dialami oleh seseorang yang dicurigai terkena Alzheimer pada tahap awal.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan tentang beberapa hal yang dialami oleh seseorang merujuk kepada tanda – tanda awal anda mendapatkan Alzheimer adalah sebagai berikut :

  1. Mengalami kebingungan dan kesulitan dalam mengelola uang untuk membayar iuran bulanan apakah itu listrik, telepon, air, dan sebagainya.
  2. Merasa kikuk dan kehilangan arah ketika sedang berada pada tempat – tempat tertentu yang familiar sebelumnya.
  3. Memerlukan lebih banyak waktu guna melakukan kegiatan sehari-hari.
  4. Suka mengulang pertanyaan yang sama berkali-kali.
  5. Lebih cenderung memperlihatkan pertimbangan yang buruk.
  6. Teledor
  7. Adanya gangguan kepribadian atau suasana hati.

Jika anda merasa ada gangguan mengacu kepada tanda-tanda tersebut di atas, segeralah mengunjungi dokter anda yang akan memberikan beberapa jenis resep obat sesuai dengan tanda / gejala yang sedang anda alami. Juga anda wajib berhati-hati jika anda diberikan tugas menjaga salah satu anggota keluarga yang positif mengidap Penyakit Alzheimer, pastikan bahwa lingkungan dimana anda tinggal adalah lingkungan yang ideal untuk anda tinggali bersama dengan keluarga.