Home Featured 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Alopecia Universalis

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Alopecia Universalis

by Putri Yohani Masnun

Alopecia universalis merupakan sebuah penyakit yang mengakibatkan seseorang mengalami kebotakan secara menyeluruh. Hal ini membuat si penderita memiliki kepala yang tidak tertutupi rambut sama sekali. Penyakit ini sangat langka, meskipun tidak berbahaya namun tentu saja sangat dihindari karena dapat membuat penampilan terlihat buruk. Tidak hanya itu, penderita penyakit ini juga akan kehilangan semua rambut yang tumbuh di tubuhnya termasuk alis, bulu mata hingga rambut di seluruh tubuh.

Penyebab Alopecia Universalis

Penyakit yang menyebabkan kebotakan menyeluruh ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

  • faktor keturunan, dimana jika salah seorang atau lebih dari anggota keluarga ada yang mengalami alopecia universalis maka anggota keluarga yang lain memilki resiko yang besar untuk mengalami penyakit yang sama
  • kondisi kulit, bila kulit seseorang bermasalah seperti adanya infeksi jamur di kulit kepala atau penyakit seperti lupus maka rambut akan rontok dan menyebabkan alopecia universalis
  • masalah hormon, saat kondisi hormon dalam tubuh terganggu seperti karena gangguan pada kelenjar tiroid, menopause atau sedang hamil dan melahirkan, maka kebotakan akan lebih mudah terjadi meskipun ini hanya bersifat sementara
  • pengaruh obat, seperti pengobatan kanker, depresi, hipertensi dan penyakit jantung juga sangat berpengaruh terhadap kekuatan akar rambut hingga dapat memicu terjadinya kebotakan.

Cara Mengatasi Alopecia Universalis

Alopecia universalis dapat menunjukkan gejala seperti permukaan kepala atau tubuh yang halus dan licin mengkilap, terkadang disertai rasa perih dan gatal hingga kerontokan yang melebihi 100 helai perharinya. Kondisi ini tentu tidak mengenakkan, sehingga dicarilah berbagai cara untuk mengatasinya.

Beberapa solusi telah ditemukan baik secara medis maupun tidak, dan biasanya dibutuhkan saran dan bantuan dari dokter untuk mengurangi gejala penyakit ini. Beberapa cara untuk mengatasi alopecia universalis antara lain:

  1. pemberian obat-obatan, dimana dokter biasanya akan menganjurkan dua jenis obat yaitu minoxidil (rogaine) yang berbentuk cairan atau sabun dan finasteride (Propecia) yang berbentuk obat minum (khusus laki-laki)
  2. terapi laser, dilakukan secara medis untuk mengurangi gejala kerontokan dan memicu rambut tumbuh lebih tebal
  3. pembedahan, yaitu dengan cara implantasi rambut pada kulit kepala meskipun cara ini akan menimbulkan nyeri dan butuh biaya besar
  4. rambut palsu, cara ini lebih mudah dan aman untuk menutupi kebotakan bahkan dapat dilakukan setiap saat tanpa mengganggu kesehatan tubuh.

Biasanya dokter akan memberikan solusi satu atau kombinasi dari beberapa terapi di atas, agar penyakit alopecia universalis dapat diatasi dengan baik. Selain itu, sangat penting bagi kita untuk mencegah penyakit ini muncul yaitu dengan cara perawatan rambut dan kulit kepala secara intensif, hindari perlakuan pada rambut dengan bahan kimia, perbanyak asupan nutrisi dan air putih, serta hindari paparan matahari langsung. Dengan tindakan yang sederhana kita dapat mencegah resiko kebotakan baik sedikit atau seluruh tubuh.

You may also like