Khasiat Asi Untuk Balita Ini, Layaknya Super Food

208

Hari pertama bayi adalah masa dimana bayi ini rentan terkena beragam penyakit yang akan membuat Bunda merasa khawatir. Berikan perlindungan pertama dan terpenting dilakukan terhadap bayi anda adalah dengan memberi asupan ASI dalam jumlah yang mencukupi. Dimana diketahui bahwa jumlah ASI dari Bunda sangat terbatas sehingga jangan sampai anda lalai dengan melewatkan kesempatan untuk memberikan ASI atau menyusui si buah hati. Berilah ASI pada hari pertama mereka lahir sehingga Bunda dan bayi dalam kondisi sehat.

Yang dimaksud dengan ASI adalah :

  • Dengan memberikan ASI kepada bayi anda maka akan terjadi ikatan bathin yang sangat kuat antara Bunda dan bayi berupa kasih sayang orangtua dengan anak sehingga bayi akan merasa aman, nyaman dan terlindungi.
  • ASI merupakan nutrisi bergizi terbaik diberikan kepada bayi anda. Dimana di dalamnya banyak mengandung asupan nutrisi sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi di masa depan. Juga didukung oleh zat – zat kekebalan tubuh yang akan berfungsi melindungi bayi dari serangan beragam penyakit.
  • ASI adalah air susu ibu yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap bayi dari kemungkinan bayi anda terkena alergi   dan infeksi juga mampu merangsang pertumbuhan sistem kekebalan tubuh bayi menjadi kuat.
  • ASI adalah air susu ibu yang sangat mudah dicerna serta diserap oleh bayi dimana air ini mengandung Protein (Whey dan Casein) dengan memiliki perbandingan yaitu 60 : 40 dan inilah yang menyebabkan air ini mudah dicerna oleh bayi. Zat – zat gizi di dalam ASI ampuh buat menjaga kesehatan dan kecemerlangan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dan fungsi kognitifnya.

Apakah manfaat dari Bunda menyusui bayi mereka dengan ASI daripada menyusui anak dengan menggunakan susu formula ?

Di bawah ini kami berikan manfaat apa saja yang di dapat apabila Bunda menyusui bayi – bayi mereka dengan ASI sebagai berikut :

1/Aspek kesehatan.

ASI mencegah terjadinya perdarahan pasca persalinan serta mengembalikan ukuran rahim kepada ukuran standar sebelum hamil. ASI yang diberikan dengan rutin dapat membakar kalori sehingga membantu membentuk tubuh menjadi ideal / tidak kelebihan berat badan. 200 s/d 500 kalori mampu dibakar dalam sehari, ibarat anda berenang dalam beberapa jam atau melakukan olahraga naik sepeda selama satu jam. Juga pemberian ASI yang teratur mampu mencegah Bunda terkena kanker payudara, kanker indung telur, dan kanker rahim, mencegah Anemia, mengurangi Osteoporosis dan patah tulang panggul usai masa menopause.

2/Aspek Keluarga Berencana / KB.

Dengan Bunda memberi ASI kepada si buah hati secara eksklusif maka akan membantu menunda kesuburan sehingga dapat berfungsi sebagai alat kontrasepsi alamiah yang dikenal dalam istilah medis bernama Metode Amenorea Laktasi / MAL.

3/Aspek Psikologis.

Dengan memberikan ASI kepada buah hati anda maka akan berdampak bagus terhadap psikologis antara orangtua dengan anak – anak mereka terjalin ikatan bathin berupa kasih sayang yang kuat diantara Bunda dan bayinya.

4/Aspek ekonomi.

Dapat menghemat pengeluaran rumah tangga dimana Bunda tidak perlu lagi mengeluarkan dana tambahan untuk membeli makanan bayi hingga bayi anda berusia sekitar 4 bulan.

Nutrisi apakah yang terkandung dalam ASI Bunda ?

Seperti dijelaskan di atas bahwa ASI merupakan makanan terbaik untuk tumbuh kembang bayi anda di masa depan. Dimana di dalamnya terkandung beragam gizi yang mencukupi kebutuhan gizi si buah hati. Maka dari itu ASI dilambangkan sebagai salah satu bentuk kasih sayang seorang Bunda terhadap bayinya.

Makanan bayi terdiri atas 3 stadium yaitu Kolostrum, ASI Transisi, dan ASI Matur. Kolostrum akan diproduksi dari hari ke 1 hingga hari ke 5 Bunda menyusui bayi – bayi mereka, sedangkan ASI Peralihan diproduksi dari hari ke 4 sampai dengan hari ke 10 dan ASI Matur diproduksi setelah ASI peralihan.

Dengan rutin Bunda memberikan sekitar 750 s/d 850 ml ASI per hari kepada si buah hati maka Bunda telah sukses memberikan asupan nutrisi bergizi untuk tumbuh kembang si buah hati di masa depan. Nah kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan tentang nutrisi apa sajakah yang terkandung dalam ASI Bunda ?

  • Kandungan air sekitar 87,5% air yang menyebabkan bayi merasa nyaman karena tidak kekurangan cairan di dalam tubuh mereka sehingga berpengaruh bagus terhadap kelancaran saluran pencernaan bayi.
  • Laktosa sebagai salah satu wujud zat Karbohidrat dalam ASI merupakan sumber energi yang bagus untuk tumbuh kembang otak bayi anda di masa depan.
  • Zat Protein dalam dua jenis yaitu ‘Whey’ dan ‘Casein’ yang menghalangi bayi anda rentan terserang alergi. Didukung oleh zat Asam Amino yang terdapat dalam Protein ASI berperan penting dalam menjaga kondisi otak bayi tetap sehat dan dinamis. Juga kandungan zat Nukleotida bermanfaat sebagai media guna menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan memperlancar penyerapan zat besi sehingga diharapkan bayi terhindar dari penyakit bernama Anemia Defisiensi Besi / ADB.
  • ASI mengandung lemak (lemak omega 3 dan omega 6) yang berperan aktif dalam menjaga perkembangan otak bayi menjadi bekerja secara optimal. Juga didukung oleh zat Asam Dokosaheksanoik / DHA dan Asam Arakidonat / ARA memiliki fungsi sebagai media penjaga perkembangan jaringan saraf dan retina mata, dimana pada umumnya lemak di dalam ASI bagus buat kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  • Terdapat zat Karnitin yang memiliki fungsi guna mempertahankan metabolisme tubuh bayi.
  • ASI mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin K,A,D,E,C dan B didukung oleh Asam Folat serta Kalsium.

Nah kandungan bergizi tersebut di atas akan tersedia bagi bayi apabila kondisi Bunda dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta mempunyai gizi yang sempurna. Maka dari itu Bunda yang sedang menyusui bayi – bayi mereka dangan ASI dianjurkan untuk dengan rutin mengkonsumsi makanan / minuman yang bernilai gizi tinggi.