Home Featured 5 Minuman Mudah Dibuat Yang Membantu Anda Tidur Nyenyak

5 Minuman Mudah Dibuat Yang Membantu Anda Tidur Nyenyak

by Syara

Tidur yang berkualitas dianggap sebagai salah satu hal terpenting dalam dunia kesehatan. Para ahli merekomendasikan waktu tidur 7 – 9 jam tiap malamnya bagi orang dewasa dengan kisaran usia 18 – 60 tahun.

Kurang tidur atau tidur yang berlebihan seringkali dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit diabetes, depresi, jantung, dan bahkan kematian. Sayangnya waktu tidur yang direkomendasikan para ahli terkadang sulit dipenuhi.

Ada banyak cara untuk membuat waktu tidur di malam hari berkualitas, salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman yang membantu proses tidur seperti dilansir dari Healthline. Lima jenis minuman ini dianggap para ahli mengandung zat – zat yang berguna untuk tubuh dan meningkatkan kualitas tidur ditambah proses pembuatan dan bahan – bahannya dapat dilakukan dan ditemukan di rumah.

Teh Chamomile

Chamomile adalah salah satu jenis bunga yang merupakan bagian dari famili Asteraceae. Teh chamomile sebenarnya telah dikonsumsi selama berabad – abad. Manfaatnya bagi kesehatan diantaranya adalah meredakan gejala flu, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Teh ini dibuat dengan menyeduh bunga chamomile dalam air panas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga chamomile meningkatkan kualitas tidur. Satu penelitian yang dilakukan pada 60 orang dewasa yang mengonsumsi 400 mg ekstrak bunga chamomile selama 28 hari berturut – turut kualitas tidurnya meningkat.   

Untuk membuat teh chamomile di rumah, tambahkan 4 sendok bunga chamomile segar atau dua sendok bunga chamomile kering dalam secangkir air panas. Biarkan bunga chamomile meresap selama 5 menit sebelum menyaring campuran air panas dan bunga chamomile tersebut. Aman untuk mengonsumsi teh chamomile setiap hari.

Golden Milk

Golden milk merupakan campuran dari susu, kunyit dan jahe. Ketiga bahan ini mengandung zat yang meningatkan kualitas tidur melalui beberapa mekanisme yang berbeda.

Susu mengandung tryptophan, prekusor melatonin yang membantu meningkatkan kadar melatonin. Melation merupakan hormon utama yang mengatur siklus bangun tidur tubuh.

Kunyit kaya akan zat kurkumin yang dapat mengurangi beberapa efek akibat kurang tidur, mengurangi peradangan, dan mengobati gejala kecemasan dan depresi. Untuk membuatnya campurkan setengah cangkir susu, satu sendok teh kunyit, satu irisan kecil jahe, dan satu sendok teh madu.  Kemudian rebus dan didihkan selama 3 – 5 menit, angkat dan biarkan hingga panasnya mendingan sebelum diminum.

Bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan tertentu seperti pengencer darah dan mengonsumsi obat – obatan untuk mengurangi asam lambung dan diabetes, sebaiknya berhati – hati dengan kunyit dan jahe.

Susu Hangat

Beberapa penelitian menemukan bahwa susu hangat akan meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi Anda banyak bergerak selama tidur, namun penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk membuktikan klaim ini.

Anda dapat mempertimbangkan untuk minum susu hangat di malam hari hanya jika Anda tidak alergi laktosa atau alergi susu.

Susu Almond

Kacang almond kaya akan serat, vitamin dan mineral. Susu almond lebih creamy dan lebih berasa kacang dibandingkan susu sapi. Kacang almond dipercaya meningkatkan kualitas tidur. Violet oil yang dibuat dari kacang almond atau biji wijen telah digunakan dalam pengobatan tradisional Iran selama bertahun – tahun dalam pengobatan insomnia.

Dalam sebuah studi pada 442 mahasiswa, sejumlah partisipan yang menderita insomnia menurun 8,4 % setelah mengonsumsi 10 kacang almond tiap hari selama dua minggu. Susu almond kaya akan hormon yang menginisiasi tidur serta mineral termasuk tryptophan, melatonin dan magnesium.

Smoothie Pisang dan Almond

Pisang merupakan buah yang kaya akan magnesium, tryptophan dan melatonin. Pisang juga kaya akan potassium. Potassium dan magnesium adalah dua mineral yang merilekskan otot Anda.

Membuatnya sangat mudah. Cukup campurkan satu buah pisang segar dan secangkir susu almond, satu sendok almond butter dan setengah cangkir es batu dan blender bahan – bahan tersebut.

You may also like