Klinset – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

184

Klinset adalah obat yang dibuat untuk mengobati berbagai macam kondisi yang berhubungan dengan alergi. Klinset mengandung loratadine yang merupakan obat golongan long acting antihistamin yang nantinya akan berperan sebagai inverser agonist selektif. Obat yang diproduksi oleh Bernofarm ini masuk ke dalam obat resep. Jadi, ketika anda harus menggunakannya maka anda harus menggunakannya berdasarkan keterangan resep dokter.

Setiap kemasan dari Klinset mengandung setidaknya loratadine sebanyak 10 mg. Sekedar informasi bahwa loratadine merupakan obat yang memang seringkali digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi yang berhubungan dengan alergi. Loratadine masuk ke dalam golongan trisiklik.

Sebenarnya, histamin sudah secara alami berada di dalam tubuh yang mana ia bisa menghasilkan berbagai macam reaksi alergi. Cara kerja dari loratadine ini nanti akan menghambat efek yang ditimbulkan oleh histamin sehingga reaksi alergi yang timbul bisa dikurangi. Dikarenakan loratadine masuk ke dalam golongan long acting antihistamin non-sedatif, maka efek sedasi dan juga gangguan psikomotor yang ditimbulkan lebih sedikit dibandingkan dengan obat antihistamin yang lainnya.

Fungsi Klinset

  1. Klinset merupakan obat yang digunakan untuk mengobati berbagai macam gejala alergi. Beberapa kondisi tersebut antara lain seperti urtikaria, urtikaria idiopatik kronis, dan berbagai macam alergi kulit yang lainnya.
  2. Klinset juga digunakan sebagai solusi bagi seseorang yang menderita rhinitis alergi atau hay fever.
  3. Klinset juga efektif digunakan untuk mengatasi alergi pada mata maupun juga hidung. Beberapa kondisi tersebut antara lain seperti hidung meler, bersin, maupun gatal dan terbakar pada bagian mata.
  4. Sama halnya dengan cetirizine, obat-obatan yang didalamnya mengandung loratidine juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal yang diakibatkan oleh penyakit Kimura atau kimura’s disease.

Dosis Klinset

  • Dosis lazim yang harus diberikan kepada anak-anak yang usianya 12 tahun atau lebih adalah sebanyak 10 mg untuk sekali sehari dan diberikan secara oral. Dosis tersebut juga bisa diberikan sebanyak 5 mg dan dikonsumsi untuk setiap 12 jam.
  • Sementara itu, dosis yang harus diberikan kepada anak-anak yang berusia 2 sampai dengan 5 tahun adalah 5 mg oral untuk sekali dalam sehari.
  • Untuk doss yang diberikan kepada anak yang berusia 6 tahun atau lebih adalah 10 mg untuk sekali sehari. Dosisnya juga bisa diberikan 5 mg pada setiap 12 jam.
  • Klinset bisa diminum baik dengan makanan maupun tidak.

Cara Penggunaan Klinset

  1. Klinset harus digunakan sebagaimana penjelasan yang diberikan dokter.
  2. Dilarang menambah dosis Klinset dengan alasan untuk semakin mempercepat kesembuhan.
  3. Klinset harus anda minum secara rutin dan dianjurkan di waktu yang sama setiap kali hendak mengkonsumsinya.
  4. Meskipun Klinset menimbulkan efek sedasi yang rendah dan jarang, tetap saja anda harus mewaspadai penggunaan obat ini.
  5. Penggunaan obat antihistamin harus segera anda hentikan dalam waktu 48 jam sebelum dilakukannya tes alergi pada kulit. Hal ini dikarenakan bisa menggangu hasil dari tes yang dilakukan.
  6. Penggunaan Klinset untuk ibu menyusui harus dilakukan secara hati-hati karena ternyata Klinset dapat bercampur dengan ASI.