Invomit – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

271

Invomit adalah obat yang biasa digunakan untuk mengobat maag kronis dan sebagai penghilang rasa mual dan muntah pasca operasi, kemoterapi, dan mual muntah yang dipicu oleh radioterapi. Obat ini diproduksi oleh PT. Interbat dalam bentuk tablet salut selaput (3 Strip @ 6 Tablet). Obat ini merupakan obat keras, jadi penggunaannya harus dengan resep dokter.

Fungsi Invomit

Suatu obat pasti memiliki aneka macam fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda tergantung jenis dan kandungannya untuk kesehatan pasien. Dan adapun fungsi dan kegunaan dari Invomit yaitu untuk

  1. membantu mengatasi gejala kesulitan menelan dan batuk yang berkelanjutan,
  2. mengobati masalah perut seperti naiknya asam lambung, nyeri pada ulu hati dan nyeri pada bagian perut terutama lambung, seperti gejala mual muntah akibat radioterapi, pasca kemoterapi dan pasca operasi
  3. membantu mencegah bisul
  4. membantu mencegah kanker kerongkongan

Kandungan dan Cara Kerja Invomit

Obat Invomit ini diproduksi dalam bentuk tablet salut selaput 8 mg, yang pada setiap tabletnya terdapat kandungan zat aktif berupa Ondansetron HCl dihydrate (sebanyak 8 mg).

Dosis dan Cara Penggunaan Invomit

  • PENGGUNAAN OBAT INI HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER.
  • Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan
  • Untuk mengatasi mual dan muntah karena radioterapi, berikan obat Invomit 1 atau 2 jam sebelum melakukan radioterapi.
  • Untuk anak usia kurang dari 4 tahun, berikan obat sebanyak 5 mg 15 menit sebelum kemoterapi dilakukan, dan berikan 4 mg setiap 12 jam selama kurang dari 5 hari.
  • Untuk mencegah timbulnya mual dan muntah akibat kemoterapi pada orang dewasa, berikan 8 mg (injeksi IV lambat) 15 menit sebelum dilakukan kemoterapi. Lalu beri infus IV 1 mg per jam secara lambat selama 24 jam, atau 8 mg (2x injeksi) secara IV lambat. Atau 8 mg (injeksi IV lambat) atau berikan infus IV 15 menit sebelum dilakukannya kemoterapi, disertai dengan dosis 8 mg sebanyak 2x sehari selama kurang dari 5 hari.
  • Untuk mengatasi mual dan muntah setelah operasi, berikan 8 mg (oral) 1 jam sebelum dilakukan anestesi, lalu 2x 8mg (oral) setiap 8 jam sekali atau 4 mg (injeksi intra muskular atau intra vena secara lambat, tunggal).

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Invomit

  1. Simpanlah obat Invomit ini pada tempat yang sejuk, tidak lembab dan terhindar dari cahaya langsung.
  2. Jika telah lewat satu dosis pemakaian, konsumsi dosis yang terlewat tersebut segera. Tetapi apabila telah dekat jadwal untuk mengkonsumsi dosis yang selanjutnya, loncati dosis yang terlewat tersebut dan kembali mengkonsumsi dosis seperti biasanya. Menggandakan jadwal pemakaian dosis tidak dianjurkan tanpa ketentuan maupun anjuran dari dokter.
  3. Obat ini dilengkapi dengan brosur informasi untuk pasien. Bacalah petunjuk yang ada dengan seksama. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait obat ini, tanyakan pada dokter, perawat, atau apoteker.
  4. Sampaikan pada dokter apabila pengguna memiliki penyakit-penyakit atau sedang menjalani pengobatan lainnya.