Hexymer – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

965

HexymerHexymer adalah salah satu jenis obat yang sering diresepkan dokter untuk membantu mengagatasi Parkinson dan membantu terapi pasca ensifalitis. Selama menggunakan Hexymer, pengguna dimungkinkan mengalami sakit kepala dan demam serta merasa mudah lelah. Namun pengguna akan merasa hal tersebu sementara saja.

Hexymer di produksi dalam bentul tablet oleh Mersifarma TM.untuk bisa menggunakan Hexymer, pengguna bisa membeli Hexymer di apotik dengan menyertakan resep dari dokter.

Kandungan Hexymer

Hexymer memiliki kandungan zat bernama Trihexphenidyl HCl.

Fungsi Hexymer

Hexymer diketahui memiliki kemampuan untuk membantu meringankan dan mempercepat proses penyembuhan beberapa penyakit dan kelainan. Diantaranya:

  • Digunakan untuk membantu meringankan Parkinson
  • Dapat difungsikan sebagai obat untuk gangguan ekstrapiramidal yang disebabkan oleh bat SSP
  • Mampu diberikan kepada penderita pasca ensefalitis

Cara Penggunaan Hexymer

Dengan tujuan untuk mempercepat dan memaksimalkan penggunaan Hexymer, Hexymer harus digunakan sesuai dengan dosis dan juga aturan yang ada. Berikut macam dosis dan cara penggunaan Hexymer yang harus diikuti dengan baik:

  • Untuk pengguna Parkinson, diberikan di hari ke 1 sebanyak 1 mg, hari ke 2 sebanyak 2 mg. Hexymer diberikan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama 3 hingga 5 hari
  • Untuk pengguna pasca ensefalitis, diberikan Hexymer sejumlah 12 hingga 15 mg perhari nya
  • Untuk pengguna Parkinson akibat obat, diberikan Hexymer untuk dosis harian dengan total 5 hingga 15 mg pada awal terapi diberikan sebanyak 1 mg per dosis
  • Berikan Hexymer untuk pengguna dengan usia diatas 65 tahun dengan dosis lebih kecil

Kontraindikasi Hexymer

Kontraindikasi dikenal sebagai sebuah kondisi yang harus dihindari dalam penggunaan Hexymer. Atau bisa dikatakan, dalam kondisi tertentu, pengguna tidak disarankan untuk menggunakan Hexymer. Untuk menambah kewaspadaan, berikut macam-macam kondisi yang harus dihindari dalam kontraindikasi penggunaan Hexymer:

  • Tidak disarankan untuk diberikan kepada pengguna yang memiliki alergi atau reaksi hipersensitif terhadap Hexymer atau bahan penyusunnya
  • Tidak boleh diberikan kepada penderita gangguan fungsi hati dan ginjal seperti sirosis hati

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

Dalam menggunakan sebuah obat, pengguna harus memperhatikan beberapa hal agar pengguna bisa merasakan efek positif dari penggunaan Hexymer, diantaranya:

  1. Tidak boleh mengosumsi alkohol selama penggunaan Hexymer
  2. Simpan Hexymer di ruangan yang sejuk dan kering
  3. Tidak disarankan membekukan Hexymer
  4. Jauhkan Hexymer dari jangkauan anak kecil
  5. Tidak boleh menyimpan Hexymer di kamar mandi
  6. Simpan Hexymer jauh dari paparan sinar matahari terik
  7. Tidak boleh melakukan perubahan dosis konsumsi Hexymer seperti mengurangi atau menggandakan dosis Hexymer tanpa sepengetahuan dokter atau tenaga medis yang berwenang
  8. Simpan Hexymer di ruangan dengan suhu antara 5 hingga 20 derajat celisus
  9. Tidak boleh menyimpan Hexymer di freezer
  10. Jauhkan Hexymer dari hewan peliharaan
  11. Tidak boleh membuang Hexymer di saluran drainase karena dapat mencemari lingkungan sekitar

Hexymer Untuk Wanita Hamil

Sampai saat ini sudah ditemukan adanya pernyataan yang menyatakan bahwa pada beberapa kasus Hexymer mampu memberikan efek yang kurang baik bagi pengguna dalam keadaan hamil atau menyusui. Penelitian juga membuktikan di beberapa sample bahwa Hexymer mampu menimbulkan hal kurang baik bagi pengguna, janin dalam kandungan dan bayi yang sedang menyusu. Namun hal ini tidak terjadi di semua pengguna hamil atau menyusui maka dari itu sebelum menggunakan Hexymer, pengguna harus diperiksa dulu agar bisa memastikan dosis yang sesuai.