Granisetron Yarindo – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

148

Granisetron Yarindo merupakan sebuah obat yang diindikasikan untuk mengobati rasa mual dan muntah baik yang akut dan yang tertunda paska op.

Kandungan Granisetron Yarindo

Obat Granisetron Yarindo mengandung Granisetron yang mampu mengobati rasa mual dan muntah pasca op.

Fungsi Granisetron Yarindo

Granisetron Yarindo berfungsi untuk mengobati beberapa kondisi sebagai berikut:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Maag
  4. Lambung

Dosis Granisetron Yarindo

Dalam mengkonsumsi obat ini, penting bagi anda mengetahui dosis dan aturan pakai yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan anda. Penting bagi anda mengikuti dosis dan aturan pakai yang dokter anda anjurkan. Selain mengefektifkan pengobatan, mengkonsumsi mengikuti dosis juga akan menghindari anda dari kesalahan dalam dosis obat tersebut.

Dalam mengkonsumsi Granisetron Yarindo, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut:

  • Jangan konsumsi obat Granisetron Yarindo melebihi dosis yang diharuskan. Hal ini akan membuat anda mengalami overdosis obat. Jika anda merasa mengalaminya maka anda perlu tahu bagaimana cara menetralisir overdosis obat.
  • Jika suatu saat anda melewati sebuah dosis, maka perhatikan waktu yang terlewat. Apakah waktu terlewat tersebut mendekati dosis selanjutnya atau tidak. Jika masih jauh dosis selanjutnya maka segera anda konsumsi dosis yang terlewat. Namun, jika dosis yang terlewat mendekati dosis selanjutnya maka anda cukup mengkonsumsi dosis satu kali pada dosis selanjutnya saja. mengkonsumsi dosis yang terlewat bersamaan dengan dosis selanjutnya hanya akan membuat anda mengkonsumsi lebih dosis obat.
  • Jika anda menemukan obat anda sudah kadaluwarsa, sebaiknya jangan dikonsumsi lagi. Meski mengkonsumsi satu dosis saja tidak menimbulkan efek buruk, namun tetap harus kita hindari karena hanya akan membuat pengobatan anda tidak berjalan efektif. Jika anda mengetahui obat anda kadaluwarsa setelah anda mengkonsumsi satu dosis, maka konsultasikan dengan dokter anda.

Efek Samping Granisetron Yarindo

Dalam mengkonsumsi suatu obat, mungkin anda aka nada efek samping yang mungkin ditimbulkan dari penggunaannya. Seperti Granisetron Yarindo, obat ini juga memiliki efek samping sebagai berikut:

  • Sembelit/Konstipasi
  • Sakit kepala dan pusing
  • Munculnya ruam pada kulit
  • Anafilaksis
  • Alergi

Meski tidak semua pasien mengalami efek samping yang ditimbulkan, namun anda tetap harus waspada dengan efek samping tersebut. Jika anda merasa mengalami efek samping yang berbeda dari yang telah disebutkan tadi, sebaiknya hentikan pemakaian dan periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Kontraindikasi Granisetron Yarindo

Granisetron Yarindo kontraindikasi dengan pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap Granisetron.

Interaksi Granisetron Yarindo

Obat Granisetron Yarindo akan interaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan seperti Fenobarbital, Ketokonazol. Norepinefrin Reuptake Innhibitor dan SSRI yang diketahui dapat memperpanjang Interval QT dan inhibitor CYP.

Penyimpanan Granisetron Yarindo

Granisetron Yarindo sebaiknya disimpan di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak dan hewan peliharaan. Obat ini sebaiknya disimpan di dalam suhu ruangan yang jauh dari paparan cahaya secara langsung dan paparan sinar matahari secara langsung.

Pastikan anda tidak membuang obat ke dalam toilet atau saluran air apabila tidak ada intruksi dari dokter anda.

Perhatian

Dalam mengkonsumsi obat Granisetron Yarindo ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  1. Penggunaan obat Granisetron Yarindo harus sesuai dengan resep dokter.
  2. Hati-hati dalam mengkonsumsi obat ini jika anda memiliki morbiditas jantung, atau kelainan elektrolit konkomitan.
  3. Obat ini dapat menutupi progresif ileus dan distensi lambung pada anak, kehamilan dan ibu menyusui.