Gerdilium – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

831

Kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda berkaitan dengan Gerdilium yang merupakan salah satu obat yang banyak direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Di dalam Gerdilium, terkandung sebuah zat aktif yang bernama domperidone yang memiliki peran utama di dalam membantu mengobati mual tanpa muntah maupun juga muntah akut.

Gerdilium tidak bisa anda dapatkan tanpa melalui resep dokter karena memang obat ini termasuk kedalam obat yang tidak dijual secara bebas di toko obat. Obat Gerdilium berbentuk kaplet dengan setiapnya mengandung zat domperidone sebanyak 10 mg. Informasi yang lebih lengkap mengenai Gerdilium, akan kami jelaskan seperti yang ada di bawah ini:

Fungsi Gerdilium

  1. Perlu anda ketahui bahwasanya fungsi utama yang terkandung di dalam Gerdilium adalah sebagai obat untuk membantu mengobati mual atau jgua muntah akut yang disebabkan oleh penggunaan levodopa maupu juga bromkriptin selama kurang lebih 12 tahun.
  2. Obat Gerdilium juga bisa digunakan sebagai obat yang terbukti ampuh sebagai terapi simtomatik bagi pasien yang menderita dispepsia funsional.

Bagi anda yang ingin memperoleh informasi lainnya seputar indikasi Gerdilium, maka kami sarankan agar anda bertanya kepada dokter.

Kontraindikasi Gerdilium

  • Bagi pasien yang pernah mengalami alergi terhadap kandungan dari Gerdilium, sebaiknya berhati-hati ketika ingin mengkonsumsinya agar supaya tidak sampai mengalami masalah yang tidak diinginkan.
  • Pasien yang juga pernah mengalami alergi terhadap kandungan dari Gerdilium juga sabaiknya berhati-hati agar supaya tidak sampai mengalami permasalahan yang tidak diinginkan.
  • Sementara itu, bagi pasien yang memiliki riwayat gangguan kejang, seperti epilepsi, penggunaan obat Gerdilium harus mendapatkan persetujuan dari dokter agar supaya anda tidak menderita masalah yang tidak diinginkan.
  • Untuk ibu hamil dan menyusui, jika ingin mengkonsumsi Gerdilium, maka ia harus bertanya kepada dokter mengenai keamanan dari obat tersebut.

Dosis Gerdilium

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan mengenai takaran dosis Gerdilium yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsinya.

  • Untuk dosis orang dewasa yang digunakan sebagai obat mengatasi dispepsia fungsional adalah sebanyak 10 sampai dengan 20 mg dan dikonsumsi selama 3 kali dalam sehari. Jika memang diperlukan, pemberian obat ini nantinya bisa diberikan sesaat sebelum tidur.
  • Dosis mual dan muntah bagi pasien dewasa adalah sebanyak 10 sampai dengan 20 mg dan diberikan setiap 4 sampai dengan 8 jam.
  • Sementara itu, dosis yang harus diberikan kepada anak-anak adalah sebanyak 0,2 sampai dengan 0,4 mg/kg BB dan diberikan untuk setiap 4 sampai dengan 8 jam setiap harinya.

Dan yang harus anda perhatikan bahwa pemberian Gerdilium harus diberikan 15 sampai dengan 30 menit sebelum makan dan jika memang diperlukan, maka pasien bisa mengkonsumsi satu kali lagi sebelum ia tidur.

Informasi yang lebih lengkap mengenai takaran dosis Gerdilium, bisa anda tanyakan kepada dokter.

Efek Samping Gerdilium

  1. Efek samping yang bisa anda alami ketika menggunakan Gerdilium adalah seperti gangguan yang berhubungan pada saluran pencernaan. Beberapa gangguan tersebut seperti sakit perut maupun juga bisa menyebabkan diare.
  2. Penggunaan Gerdilium bisa mengakibatkan pasien mengalami sembelit atau konstipasi, meskipun memang kondisi ini masih jarang terjadi.
  3. Efek samping yang berhubungan dengan reaksi alergi terhadap penggunaan Gerdilium adalah seperti ruam kulit, gatal, urtikaria, dan lain sebagianya. Jika anda mengalami hal tersebut, maka anda harus segera menghentikan penggunaan obat ini dan segera menghubungi dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan Gerdilium. Anda harus ingat bahwa selalu konsumsi obat Gerdilium sesuai dengan instruksi yang sudah diberikan oleh dokter guna mendapatkan hasil yang positif.