Ferospat – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

2130

Ferospat adalah  salah satu dari suplamen yang diperuntukkan bagi ibu hamil dan menyusui. Obat ini mengandung zat besi (Fe) yang sangat cocok untuk menambah zat besi dan menambah darah. Ferospat ini tak hanya mengandung zat besi saja, tapi juga mengandung beragam vitamin lain  yang diperlukan tubuh. Dalam penggolongannya Ferospat termasuk obat bebas. Maka anda tidak memerlukan resep dokter untuk dapat membeli dan bisa anda temukan di apotek terdekat.  Ferospat ini hadir dalam bentuk cairan sehingga vitamin ini sangat mudah untuk diserap oleh tubuh

Kandungan Ferospat

Ferospat sendiri mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh seperti: Fe pyrophosphate mikroenkapsulasi, manganese sulfate, cupric sulfate,   Vit C,  folic acid, dan  Vit B12. Cara kerja Ferospat memiliki sifat yang gampang larut sehingga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh

Fungsi Ferospat

Sama seperti obat lain pada umumnya, Ferospat memiliki beberapa fungsi atau indikasi yang terkandung di dalamnya seperti:

  • Sebagai suplemen vitamin dan Fe pada ibu hamil dan menyusui
  • Memenuhi kebutuhan vitamin C dan mineral
  • Mencegah anemia
  • Memenuhi kebutuhan vitamin B12
  • Memenuhi kadar asam folat pada ibu hamil

Dosis Penggunaan Ferospat

Dalam penggunaan Ferospat, terdapat beberapa dosis yang harus diikuti dan diterapkan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan penggunanya. Berikut di bawah ini macam dosis penggunaan Ferospat seperti:

  • Untuk ibu hamil dan menyusui

Ferospat dapat diberikan pada ibu hamil dan menyusui dengan dosis 1x sehari sesudah makan.  Atau bisa juga dicampurkan dengan makanan dan minuman.

Efek Samping Ferospat

Setiap obat pasti mempunyai efek samping bila dikonsumsi secara terus menerus oleh para penderita dalam  jangka waktu yang panjang. Namun tidak bagi pengguna Ferospat. Ferospat walaupun dikonsumsi setiap hari dalam jangka panjang tidak mengakibatkan efek samping. Kondisi ini sangatlah berbeda dengan obat penambah darah pada umumnya yang dapat mengakibatkan  gangguan pada saluran pencernaan seperti: Mual, Muntah, Diare,Syok,Halusinasi, Kejang, Penyakit ginjal akut,  diaresembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

Kontraindikasi pada Ferospat

Sampai sekarang ini belum ditemukan atau belum ada kondisi apapun yang dapat menimbulkan kontraindikasi yang mebahayakan bagi para penggunanya.

Tambahan mengenai Ferospat

Ada beberapa tambahan khusus yang diperlukan bagi para pengguna Ferospat diantaranya yaitu:

  1. Jangan meminumnya lebih dari dosis yang telah ditetapkan dokter
  2. Jangan memberikan obat kepada orang lain , karena dosis yang ditetapkan dokter pada satu orang berbeda dengan dosis yang diberikan pada orang lain sesuai dengan jenis penyakit dan kebutuhan pasien
  3. Simpan obat di tempat yang kering dan jauh dari kontak sinar panas matahari langsung
  4. Jangan membekuan obat atau menyimpan dalam kulkas kecuali atas anjuran yang tertulis pada brosur
  5. Jauhkan di tempat yang aman agar tidak dipengaruhi oleh anak-anak
  6. Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkan di drainase kecuali mendapatkan instruksi seperti itu
  7. Sebelum anda mengonsumsi obat ini sebaiknya mohon anda mengonsultasikan dulu pada dokter ataupun tenaga medis atau apoteker terdekat . hal itu dilakukan supaya menghindari efek yang tidak baik saat seseorang mengonsumsi obat itu.
  8. Simpanlah di tempat yang aman agar terhindar dari jangkauan bayi dan anak-anak.
  9. Mohon mengikuti semua petunjuk yang sudah  ditetapkan atau tertera pada brosur obat.
  10. Obat ini dapat menyebabkan rasa kantuk, mual, muntah, dan pusing yang menjadi efek samping setelah  anda meminumnya
  11. Gunakan obat ini sesuai dengan dosis dari dokter