Dibekacin Meiji – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

333

Dibekacin Meiji merupakan sebuah obat yang berguna dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang sensitif. Obat ini termasuk ke dalam kategori obat antibiotik semisentik dan masuk ke dalam golongan aminoglikosida derivat.

Di dalam Dibekacin Meiji mengandung sebuah zat aktif yang disebut dengan Dibekacin dimana obat yang didalamnya mengandung zat ini berguna dalam mengatasi infeksi. Dibekacin Meiji termasuk ke dalam obat yang tidak bisa anda dapatkan secara mudah, dimana ketika anda ingin memperoleh obat Dibekacin Meiji, anda harus mendapatkan resep dari dokter.

Di bawah ini akan kami berikan informasi yang berhubungan dengan Dibekacin Meiji sebelum anda mengkonsumsinya.

Fungsi Dibekacin Meiji

  1. Dibekacin Meiji adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh Pseudomonas Aeruginosa dan juga Proteus Sp yang mana bakteri tersebut memiliki sifat sensitif terhadap obat Dibekacin Meiji.
  2. Dibekacin Meiji juga bisa digunakan untuk mengobati septikemia, furunkulosis, tonsilitis, dan juga bronkitis.
  3. Indikasi lain dari Dibekacin Meiji adalah obat ini mampu digunakan untuk mengobati abses, peritonitis, pneumonia, uretritis, dan juga pielonefritis.

Kami sarankan agar supaya anda bertanya kepada dokter mengenai apa saja indikasi lainnya dari Dibekacin Meiji yang mungkin belum sempat kami sebutkan.

Kontraindikasi Dibekacin Meiji

  • Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan Dibekacin Meiji jika anda termasuk seseorang yang pernah mengalami gangguan hipersensitifitas.
  • Dibekacin Meiji juga tidak disarankan untuk diberikan kepada seseorang yang pernah memiliki riwayat alergi terhadap kandungan yang ada di dalam obat Dibekacin Meiji.
  • Adapun bagi ibu hamil maupun menyusui, kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter apakah obat Dibekacin Meiji aman untuk anda konsumsi atau tidak.

Dosis Dibekacin Meiji

  • Untuk dosis yang diberikan kepada orang dewasa adalah sebanyak 100 sampai dengan 200 mg setiap harinya.
  • Sementara untuk dosis yang diberikan kepada bayi dan anak – anak adalah sebanyak 1 sampai dengan 2 mg/kg/BB setiap harinya.
  • Unutk dosis bagi bayi prematur dan juga neonatus, maka diberikan sebanyak 3 sampai 4 mg/kg/BB dan diberikan secara intramuskular di dalam 1 atau 2 dosis terbagi.
  • Sementara untuk infus intravena drip dewasa, maka dosis yang harus diberikan adalah sebanyak 100 mg per hari dan diberikan dalam 2 dosis yang terbagi, dan diinfuskan dalam waktu 30 menit sampai 1 jam.

Efek samping Dibekacin Meiji

  • Dibekacin Meiji diketahui akan menimbulkan masalah berupa reaksi hipersensitifitas terhadap derivat antibiotik yang termasuk ke dalam golongan aminoglikosida.
  • Dibekacin Meiji juga bisa menimbulkan gangguan terhadap kesehatan mata, pendengaran, dan bahkan bisa menjadi sebab timbulnya vertigo
  • Perlu anda tahu bahwa Dibekacin Meiji bisa mengakibatkan pasien mengalami syok atau ototoksisitas.
  • Untuk efek samping yang diketahui jarang terjadi akibat penggunaan Dibekacin Meiji adalah kerusakaan hati, penyakit ginjal, dan juga pasien akan mengalami kekurangan vitamin K dan vitamin B.

Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan

  1. Anda harus selalu mengkonsumsi Dibekacin Meiji sesuai dengan takaran dosis yang telah ditentukan.
  2. Jangan pernah mengurangi atau bahkan menambah dosis dari Dibekacin Meiji jika anda tidak mendapatkan anjuran dari dokter.
  3. Selama mengkonsusmi Dibekacin Meiji, anda dianjurkan untuk tidak merokok ataupun meminum alkohol.
  4. Disarankan untuk berhati – hati ketika ingin memberikan Dibekacin Meiji kepada ibu hamil maupun pasien lanjut usia.
  5. Anda tidak dianjurkan memberikan Dibekacin Meiji kepada pasien yang pernah mengalami masalah terhadap gangguan pendengaran.
  6. Jika anda mengalami reaksi hipersensitifitas akibat penggunaan Dibekacin Meiji, maka harus segera anda hentikan dan segera temui dokter anda.