Diabinese – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Efek Samping

272

Diabinese Merupakan jenis obat yang digunakan untuk pengobatan pada pasien yang menderita penyakit diabetes melitus 2, obat ini juga biasa dipakai dalam penambahan diet untuk pasien yang akan menurunkan glukosa dan yang mengalami hiperglikemia. adapun komposisi aktif yang terkandung di dalam obat ini adalah Chlorpropamide.

Fungsi obat

  • Sebagai pengobatan  penyakit diabetes melitus2
  • Sebagai penurun kadar glukosa pada pasien hiperglikemia

Komposisi obat

Chlorpropamide

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat

  1. Konsultasi terlebih dahulu mengenai jneis produk atau obat yang ingin digunakan, hal ini juga bisa membantu pasien agar mendapatkan manfaat obat yang jauh lebih baik.
  2. Untuk lebih berhati-hati pada apsien yang memiliki penyakit gangguan ginjal
  3. Untuk lebih berhati-hati pada apsien yang memiliki penyakit gangguan fungsi hati
  4. Obat ini tidak disarankan digunakan pada pasien yang sedang hamil, untuk itu lakukan konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.
  5. Simpan obat pada suhu ruang dan jangan terkena sinar matahari secara langsung.
  6. Sebaiknya jangan menggunakan alkohol saat akan menggunakan obat ini sebagai pengobatan.
  7. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak dan juga hewan peliharaan
  8. Lebih berhati-hati pada apsien yang memiliki penyakit kardiovaskular.
  9. Saat menggunakan obat ini sebiaknya perhatikan terlebih dahulu menngenai glukosa darah anda dan juga hemoglobim glikosilasi.
  10. Jangan membuang obat yang sudah tidak digunakan lagi ke dalam toilet, karena hal tersebut dapat mengkontaminasi lingkunggan, untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi agar mendapatkan informasi mengani cara membuang obat yang baik dan benar.

Interaksi obat

Interaksi obat biasanya terjadi saat pasien yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, dan juga saat menggunakan obat bersamaan dengan jenis obat lainnya, untuk itu saat sedang konsultasi beritahukan terlebih dahulu mengenai jenis obat yang sedang digunakan, atau mengenai kondisi kesehatan yang sedang terjadi. berikut daftar obat yang berinteraksi dengan obat Diabinese.

  1. Alkohol
  2. Obat barbiturates
  3. Obat beta blocers
  4. Obat calcium channel lokers
  5. Obat chloramphenicol
  6. Obat diuretick
  7. Obar isoniazid
  8. Obat miconazole
  9. Obat estrogens
  10. Obat sulfonamid
  11. Obat probenesid

Dosis obat

Untuk dosis obat biasanya tergantung dari jenis penyakit, tingkat keparahan dan juga usia paisen, untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu agar bisa mendaptakan dosis yang baik dan benar. untuk dosis obat Diabinese diantaranya bisa digunakan 250 mg/hari, namun bagi pasien yang berusia lebih tua bisa diberikan 100-125 mg/hari, untuk dosis pemeliharaan bisa diberikan pada pasien sebanyak lebih dari 750 mg.

Efek samping

Efek samping biasanya terjadi karena saat menggunakan obat tidak sesuai dengan anjuran dan juga dosis yang sudah ditentukan, untuk itu lakukan konsultasi agar bisa meminimalisir efek samping yang diberikan, berikut efek samping yang mungkin terjadi:

  1. Efek samping sering sakit kepala
  2. Efek samping pusing
  3. Efek samping mual
  4. Efek samping mual
  5. Efek samping muntah
  6. Efek samping gangguan tidur
  7. Efek samping kelaparan
  8. Efek samping gangguan tidur
  9. Efek samping pruritus
  10. Efek samping gula darah yang rendah

Kontraindikasi

  • Jangan menggunakan obat ini pada pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap kandungan yang terdapat pada jenis obat ini.
  • Obat ini kontraindikasi pada pasien yang sedang hamil, sebiaknya lakukan kosnultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.
  • Jangan gunakan obat bersamaan dengan alkohol karena bisa menimbulkan efek resiko yang tidak diinginkan.
  • Obat ini kontraindikasi pada pasien yang sedang hamil, untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter agar bisa mendapatkan manfaat obat yang lebih baik