Dextaco – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

1170

Dextaco merupakan jenis obat yang masuk pada kategori Antihistamin dan antialergi yang diproduksi oleh Berlico Mulia Farma. Dextaco banyak dikonsumsi untuk mengobati masalah alergi yang dialami pasien, dimana pasien tersebut juga memerlukan terapi khusus dengan kortikosteroid. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsut/kaplet dan juga syrup. Obat Dextaco ini termasuk kategori obat G yang obat alergi mata  harus didapatkan sesuai dengan resep dokter.

Kandungan Dextaco

Obat Dextaco ini memiliki kandungan dua zat penting, yaitu Deksametason 0.5 mg serta Deksklorfeniramin maleat 2 mg. kedua zat ini bekerja sebagai antihistamin dan antialergi dalam tubuh dan menjaga sistem imun agar tetap kuat melawan penyakit yang ciri ciri alergi  menyerang tubuh.

Fungsi Dextaco

Fungsi utama dari obat kapsul maupun obat syrup Dextaco ini adalah khusus obat sakit mata bengkak  mengatasi masalah alergi pada tubuh yang pengobatanya memerlukan terapi dengan kortikosteroid. Adapun fungsi lebih detailnya, sebagai berikut:

  1. Alergi pada saluran pernafasan
  2. Alergi kulit
  3. Alergi mata
  4. Gangguan hematologi
  5. Penyakit neoplastik

Dosis Dextaco

Obat Dextaco merupakan obat resep dokter yang penggunaanya harus sesuai dosis yang diberikan, agar mendapatkan hasil yang maksimal. berikut ini dosis pemakaian untuk Dextaco :

  • Dextaco Kapsul, Untuk pasien dewasa dan anak dibawah usia 12 tahun , dosis awal cukup berikan 1 kapsul setiap 4 hingga 6 jam sekali. Sementara untuk anak usia 6 hingga 12 tahun, berikan dosis sebanyak 3 hingga 4 ½ kapsul saja.
  • Dextaco Syrup, Dosis pemberian Dextaco syrup dapat disesuikan dengan yang tertera dalam kemasanya

Efek Samping Dextaco

Konsumsi Dextaco secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping 11 bahaya mengucek mata dengan tangan  tertentu, maka dari itu, jika pasien memiliki anti terhadap kortikosteroid, sebaiknya menghindari mengkonsumsi obat ini. Berikut ini efek samping yang dapat terjadi :

  1. Menimbulkan rasa kantuk
  2. Mengakibatkan Moonface
  3. Osteoporosis
  4. Anoreksia
  5. Mual
  6. Nyeri otot
  7. Iritasi lambung
  8. Gelisah
  9. Gangguan pencernaan

Efek samping yang dirasakan setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung obat alergi gatal dari tingkat keparahan reaksi alergi yang dialami.

Kontraindikasi Dextaco

Obat Dextaco ini dapat menimbulkan kontraindikasi berupa hipersensitifitas terhadap zat aktif yang terkandung dalam obat ini, dan dapat menimbulkan infeksi pada fungsi sistemik di tubuh kita. Penderita tukak lambung juga dapat merasakan kontraindikasi jika mengkonsumsi obat ini.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum mengkonsumsi obat Dextaco, baik berjenis kapsul cara mengobati gatal alergi  maupun syrup sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Hindari penggunaan obat Dextaco jika memiliki riwayat penyakit tukak lambung
  2. Pasien yang memiliki riwayat penyakit gangguan fungsi hati juga sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini
  3. Sebaiknya konsumsi obat Dextaco sampai habis sesuai dengan petunjuk dokter. Jangan berhenti di tengah jalan tanpa sepengetahuan dokter.

Dextaco Untuk Wanita Hamil

Obat Dextaco ini kurang dianjurkan untuk ibu hamil dan obat tradisional alergi telur  ibu menyusui, karena merupakan kortikosteroid yang keluar bersama ASI ibu menyusui dan dapat menganggu pertumbuhan si kecil. Sebaiknya wanita hamil dan ibu menyusui tidak menggunakan obat Dextaco ini, terlebih tanpa sepengetahuan dokter.