Dexosyn – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

242

Alternatif obat oles cream lainya untuk gangguan penyakit kulit yang sedang diderita adalah Dexosyn. Obat yang diproduksi oleh Pharos ini merupakan jenis obat kortikosteroid topical yang ampuh untuk mengatasi dan meredakan gejala pada kulit kita seperti peradangan kulit, pruritus hingga kulit yang tidak responsif terhadap kortikosteroid. Obat yang tersedia dalam kemasan tube cream macam macam penyakit kulit seberat 5 gram ini termasuk obat yang diberikan atas resep dokter.

Kandungan Dexosyn

Obat cream oles Dexosyn ini memiliki kandungan zat alami penting yang disebut Desoximetasone yang memiliki kinerja untuk untuk merangsang zat alami kulit serta mampu mengurangi terjadinya pembengkakan pada kulit kita.

Fungsi Dexosyn

Obat salep cream untuk pemakaian luaran ini, memang cocok untuk bahaya sinar matahari langsung mengatasi masalah kulit yang terkadang membuat kita menjadi kurang percaya diri. Fungsi utama dari salep cream Dexosyn ini adalah untuk mengatasi masalah kulit seperti :

  1. Kulit yang membengkak (dermatitis)
  2. Kulit Pruritus atau gatal seluruh tubuh yang disertai ruam
  3. Kulit alergi
  4. Kulit yang merah dan ruam

Dosis Dexosyn

Cream oles untuk kulit ini sebainya digunakan atau diaplikasikan pada area kulit luar kita yang sedang mengalami beberapa masalah kulit, seperti yang disebutkan tadi diatas. Adapun dosis yang digunakan secara umum adalah  oleskan tipis saja sebanyak 1 hingga 2 kali setiap hari.

Efek Samping Dexosyn

Penggunaan obat oles cream semacam Dexosyn sebaiknya memang obat gatal gatal  sesuai dosis yang diberikan dokter. Jika penggunaan berlebihan atau bahkan kurang dari dosis yang diberikan, maka efek samping dapat timbul seperti :

  • Munculnya jerawat (acne)
  • Hipertensi
  • Hipopigmentasi
  • Atrofi kulit
  • Maserasi Kulit
  • Kulit terasa panas dan terbakar
  • Iritasi dan gatal kulit

Efek samping yang dirasakan tiap orang akan berbeda, tergantung akibat kekurangan kolagen  dari kondisi gangguan kulit yang dialami.

Kontraindikasi Dexosyn

Penggunaan obat cream Dexosyn ini memiliki kontraindikasi yang dapat terjadi. Beberapa kontraindikasi yang dapat dialami ketika menggunaan Dexosyn seperti :

  • Pasien dengan reaksi kulit tersebut bisa diakibatkan oleh vaksin
  • Bermanifestasi munculnya TB pada kulit
  • Menimbulakan sakit sifilis
  • Terjadinya infeksi virus
  • Dermatitis perioral (bruntus merah sekitar perut )
  • Rosasea (kemerahan pada kulit wajah)

 Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum menggunakan obat cream oles ini, sebaiknya Anda kesehatan kulit mengetahui beberapa hal yang harus menjadi perhatian, selama penggunaan obat Dexosyn:

  1. Pastikan tangan sudah dicuci dengan bersih dan dikeringkan ,lalu bisa mulai untuk mengaplikasikan cream oles tersebut.
  2. Jika obat oles ini tidak sengaja terkena kepada anak kita misalnya ke bagian mata , mulut atau hidungnya, sebaiknya segera cuci bagian tersebut dan  berkonsultasi pada dokter
  3. Anak yang berusia kurang dari 6 tahun, sebaiknya tidak menggunakan jenis obat ini

Dexosyn Untuk Wanita Hamil

Obat Dexosyn ini termasuk jenis keras yang hanya diberikan sesuaikan obat jamur kulit  dengan kondisi pasien yang sedang mengalami masalah pada kulit luarnya. Sudah pasti, wanita hamil yang ingin menggunakan obat ini, sebaiknya juga berkonsultasi langsung pada dokter, karena dikhawatirkan akan merusak janin yang dikandungnya nanti, jika penggunaan obat ini langsung ke area perut wanita hamil.