Dexolut –  Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

130

Bagi Anda penderita batuk berdahak, telah hadir obat dengan merek Dexolut berbentuk tablet. Dexolut ini obat yang dapat dikonsumsi untuk mengobati keluhan penyakit pada saluran pernafasan yang penyebabnya adalah mucus atau dahak yang menjadi berlebihan dalam saluran tersebut. Obat pengencer dahak Dexolut ini diproduksi oleh Dexa Medica ini merupakan obat tablet berjumlah 10 tablet  penyebab batuk berdahak yang bisa didapatkan dengan resep dokter.

Kandungan Dexolut

Dalam setiap tablet Dexolut yang dikonsumsi oleh kita, terdapat kandungan zat penting Bromhexine HCl yang merupakan zat aktif yang bekerja untuk menghambat kerja sel penghasil mucus atau dahak, agar dahak yang dihasilkan mengencer dan tidak kental, serta mudah dikeluarkan.

Fungsi Dexolut

  1. Obat tablet dengan kandungan zat aktif Bromhexine ini fungsi utamanya sebagai pengencer dahak yang bekerja maksimal untuk mengeluarkanya dari saluran pernafasan.
  2. Selain itu, mengkonsumsi obat ini sesuai resep dokter juga dapat membantu meredakan batuk berdahak penyebab batuk kering dan berdahak  yang dialami.

Dosis Dexolut

Obat tablet oral (obat yang dapat diminum bersama dengan air) Dexolut ini dapat dikonsumsi oleh pasien dewasa maupun anak-anak yang sedang mengalami batuk berdahak. Pemberian obat tablet Dexolut ini harus sesuai dengan resep dokter, walaupun Anda juga bisa mengkonsumsinya seperti sering ada dahak di tenggorokan jenis obat lainya yang banyak dijual di apotek atau swalayan. Berikut ini dosis untuk Dexolut :

Untuk Dewasa dan Anak diatas Usia 12 tahun Keatas

  • Berikan Dexolut dengan dosis sebanyak 3 kali 1 tablet dalam sehari.
  • Sementara untuk orang dewasa di atas 10 tahun hingga 12 tahun ke atas,  maka berikan dosis sebanyak 8 hingga 16 mg Dexolut dalam 3 kali sehari.

Untuk Anak-anak Usia 5 hingga 10 Tahun

  • Berikan dosis Dexolut sebanyak ½ tablet saja , 3 kali dalam sehari.

Anak-anak Usia dibawah 5 Tahun

  • Berika dosis Dexolut tablet sebanyak ½ tablet saja untuk 2 kali sehari.
  • Dosis ini biasanya terdapat keteranganya dalam kemasan obat tablet Dexolut atau juga bisa didapatkan ketika memperoleh resep obat ciri ciri batuk berdahak yang akan sembuh ini dari dokter.

Efek Samping Dexolut

Efek samping ketika meminum obat Dexolut ini yang umum terjadi berupa gangguan pada sistem pencernaan, baik itu menderita sembelit atau diare. Namun, kandungan Bromhexine yang terkandung pada obat Dexolut juga dapat menimbulkan efek samping seperti :

  • Sakit kepala
  • Pusing kepala
  • Perut kembung
  • Gatal dan ruam kulit
  • Sesak nafas
  • Bengkak di bawah kulit

Jika mengalami salah satu atau beberapa dari efek samping tersebut, setelah mengkonsumsi obat tablet Dexolut, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter agar segera mendapat penanganan.

Kontraindikasi Dexolut

Obat tablet Dexolut ini dapat menimbulkan kontraindikasi jika obat batuk berdahak tradisional penggunaanya diminum bersamaan dengan jenis obat antibiotik.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum mengkonsumsi obat tablet Dexolut ini, sebaiknya Anda memperhatika beberapa hal penting berikut agar mendapatkan hasil yang maksimal :

  1. Dexolut merupakan jenis tablet oral yang dapat diminum langsung bersamaan dengan air minum, jadi hindari untuk mengunyah atau menghaluskan tablet ini karena dapat menimbulkan efek samping
  2. Obat ini bukan untuk anak-anak berusia dibawah 2 tahun
  3. Jika ada alergi pada Bromhexine, maka hindari penggunaan obat ini
  4. Jika Anda sedang mengkonsumsi suplemen maka beritahukan pada dokter sebelum menggunakan obat ini

Dexolut Untuk Wanita Hamil

Dexolut merupakan obat tablet untuk membantu mengencerkan bahaya menelan dahak  dahak pada saluran pernafasan. Merupakan jenis obat resep dokter tapi bebas, memungkinkan dapat dikonsumsi juga oleh wanita hamil. Namun, untuk keamana janin dalam kandungan, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu tentang boleh tidaknya menggunakan obat Dexolut ini.