Cetalgin-T – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

329

Cetalgin-T adalah obat yang digunakan untuk meredakan sakit kepala dan sakit seputar saraf kepala atau biasa disebut Neuralgia. Selain itu, Cetalgin-T dapat pula digunakan untuk meredakan sakit pinggang, dan gejala nyeri ataupun sakit karena penyakit yang lain.

Cetalgin-T diproduksi oleh SOHO

Kandungan Cetalgin-T

Dalam setiap tablet Cetalgin-T mengandung beberapa zat seperti:

  • Na Metamizole 500 mg,
  • Vitamin B1 60 mg,
  • Vitamin B6 15 mg,
  • Vitamin B12 15 mg,
  • Kafein 50 mg

Fungsi Cetalgin-T

  1. Metamizole pada Cetagin T berperan sebagai obat pereda nyeri atau bersifat analgetic dan juga berfungsi sebagai antipiretik atau penurun demam. Selain itu Metamizole juga berperan dalam melemaskan ketegangan otot (Spasmolitik). Metamizole bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandine yang merupakan mediator bagi timbulnya rasa nyeri. Dengan terhambatnya produksi prostaglandine maka rasa nyeri yang muncul akibat sakit yang diderita dapat dikurangi. Selain itu, metamizole juga mampu untuk memicu kinerja sistem opioid endogen pada otak.
  2. Beberapa senyawa yang termasuk dalam Opioid Endogen antara lain adalah Endorfin, Enfekalin dan dinorfin. Senyawa senyawa tersebut dapat mempengaruhi reseptor rasa nyeri di otak sehingga rasa nyeri yang ditimbulkan dan dirasakan oleh otak menjadi berkurang.
  3. Metamizole  juga memberikan efek spasmolitik atau efek meredakan ketegangan otot. Efek ini dihasilkan dari kemampuan Metamizole menghambat produksi ion kalsium dalam otot yang dapat menimbulkan kontraksi otot. Berkurangnya jumlah ion kalsium dalamotot dapat membuat otot menjadi melemas dan tidak kaku.
  4. Selain Metamizole, Dalam Cetalgin T juga terdapat beberapa vitamin yaitu vitamin B1,  B6, dan B12.Selama ini  vitamin B dikenal sebagai vitamin yang dibutuhkan oleh sistem saraf yang dapat menjaga kesehatan pada sistem saraf dan mampu menjaga kinerja sistem saraf agar transmisi impuls antar sel saraf pada sistem saraf dapat disampaikan dengan cepat.
  5. Vitamin B1 berguna untuk menunjang proses metabolisme makanan dan menghindarkan dari penyakit jantung. Selain itu, Vitamin B1 juga berperan pada proses produksi DNA.
  6. Sedangkan Vitamin B6 memiliki peranan penting dalam memproduksi senyawa penghantar impuls antar sel saraf atau neurotransmitter. Vitamin B6 juga berperan dalam proses produksi hormon dalam tubuh, pertumbuhan tulang dan gigi, pertumbuhan rambut, kuku, dan menjaga kesehatan jantung
  7. Vitamin B12 memiliki fungsi lebih kepada produksi sel sel darah merah atau eritrosit dan berperan dalam proses sisntesis myelin serta proses pembelahan sel.

Dosis Penggunaan Cetalgin-T

Dosis pamakaian Cetalgin-T secara umum adalah sebagai berikut:

  • Untuk Pasien Dewasa, Cetalgin diminum  3 kali sehari masing masing 1 kaplet.
  • Untuk Pasien Anak-anak berusia antara 8 sampai 12 tahun, Cetalgin diminum 1sampai 2 kali sehari masing masing  ½ sampai 1 kaplet.

Efek Samping Cetalgin-T

Sejauh ini, secara umum,  tidak ditemukan adanya efek samping penggunaan Cetalgin-T selama digunakan sesuai dosis yang diberikan oleh dokter

Akan tetapi bagaimanapun perlu diwaspadai, sebagaimana reaksi pada pemakaian Metamizole, dimungkinkan terjadi efek samping berupa :

  • Reaksi alergi
  • Perdarahan saluran cerna.
  • Agranulositosis.

Kontraindikasi Cetalgin-T

  • Gangguan Perdarahan
  • Porfiria
  • Hipersensitifitas terhadap Metamizole

Hal Hal yang Harus Diperhatikan

  1. Simpan Obat di ruang yang sejuk dan kering
  2. Simpan Obat Pada Suhu ruangan
  3. Obat ini termasuk obat keras sehingga penggunaannya harus dengan resep dari dokter.
  4. Jangan merubah dosis yang telah diberikan oleh dokter baik menambah ataupun mengurangi dari dosis yang ditentukan.
  5. Hindari penggunaan Obat ini pada wanita hamil utamanya kehamilan pada usia 12 minggu pertama dan 12 minggu terakhir.
  6. Hindari penggunaan obat ini pada wanita menyusui karena Metamizole dapat menyerap pada ASI dan dapat berpengaruh pada bayi.