Biogesic – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Biogesic merupakan suatu jenis obat yang banyak digunakan untuk membantu menurunkan demam. Biogesic bisa digunakan dengan segala usia, mulai dari anak-anak sampai dengan lansia atau orang lanjut usia pun masih bisa menggunakan Biogesic. Biogesic mengandung suatu zat yang disebut dengan pracetamol yang mana kandungan dari Biogesic memang sudah terkenal akan fungsinya yang mampun menurunkan demam.

Biogesic juga banyak digunakan untuk membantu mengatasi kondisi pusing maupun juga sakit kepala. Perlu anda ketahui bahwasanya Biogesic memiliki aktivitas sebagai antipyretic dan juga analgetic. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa informasi secara lengkap mengenai Biogesic yang harus anda ketahui sebelum anda mengkonsumsinya.

Kandungan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Biogesic mengandung paracetamol yang memang fungsinya sendiri untuk membantu mengatasi demam dan kondisi lainnya seperti pusing dan juga sakit kepala. Adapun jumlah paracetamol yang terdapat pada obat Biogesic yaitu sebanyak 500 mg per tablet.

Golongan: Biogesic dijual dengan bebas. Jadi jika anda ingin mendapatkan Biogesic, anda tidak perlu harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu.

Kemasan: Biogesic dijual dalam bentuk kemasan yaitu dos 100’s tablet dan juga tersedia Biogesic dalam bentuk syrup 60 ml.

Pabrik: Mediafarma / Probus

Seputar mengenai zat aktif (Paracetamol)

Paracetamol merupakan obat yang memiliki fungsi sebagai analgetic atau yang juga disebut sebagai obat pereda nyeri. Paracetamol juga dapat digunakan sebagai antipiretik atau obat penurun demam yang mana anda bisa mendapatkannya meskipun tanpa melalui resep dokter. Perlu anda ketahui, meskipun paracetamol mempunyai efek anti inflamasi atau anti peradangan, namun paracetamol tidak termasuk ke dalam kategori obat NSAID karena memang efek anti inflamasi yang ditimbulkan dari paracetamol masih dirasa terlalu rendah.

Adapun cara kerja dari paracetamol yaitu akan melakukan penghambatan terhadap enzim cyclooxygenase (COX) yang mana enzim COX tersebut memiliki peran utama yaitu sebagai pembentuk prostaglandin yang merupakan senyawa yang menjadi sebab timbulnya rasa nyeri. Ketika enzim tersebut sudah dihambat, maka akan menyebabkan jumlah prostaglandin yang terdapat pada sistem saraf pusat menjadi berkurang. Akibatnya respon tubuh terhadap nyeri yang terjadi juga akan semakin berkurang.

Paracetamol juga berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh. Adapun cara kerjanya yaitu dengan menurunkan hipotalamis set-poin yang terdapat pada pusat pengendali suhu tubuh yang ada di otak.

Cara penggunaan Biogesic

  1. Selalu periksa panduan pemakaian Biogesic yang bisa anda temukan di dalam kemasan obat ini.
  2. Selalu konsumsi Biogesic secara rutin dan juga pada waktu yang sama agar nantinya anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
  3. Anda jangan pernah mengurangi atau bahkan menambah takaran dosis dari Biogesic keculi memang anda sudah mendapatkan persetujuan dari ahli kesehatan anda. 

  4. Jika anda menggunakan Biogesic dalam bentuk syrup, maka anda dianjurkan untuk mengocoknya terlebih dahulu sebelum anda menuangkannya ke sendok pengukur dosis.
  5. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah jangan pernah menggunakan alat takaran dosis secara sembarangan karena hal tersebut dikhawatirkan akan mempengaruhi jumlah dosis yang anda gunakan.
  6. Jika anda mempunyai beberapa pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan cara pemakaian Biogesic, anda bisa bertanya kepada ahli kesehatan anda maupun juga anda bisa bertanya kepada pihak apotker agar supaya mereka bisa memberikan penjelasan yang lebih detail lagi seputar cara penggunaan Biogesic.

Indikasi obat Biogesic

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai beberapa indikasi dari Biogesic yang harus anda perhatikan.

  • Biogesic bisa digunakan untuk membantu mengatasi kondisi demam untuk segala usia. Jadi anda bisa menggunakan Biogesic (paracetamol) mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua sekalipun. Akan tetapi Biogesic disarankan untuk digunakan pada saat suhu tubuh pasien memang benar-benar tinggi dan memang pada saat itu anda membutuhkan obat penurun panas.
  • Biogesic juga bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi sakit kepala, sakit gigi, atau kondisi nyeri lainnya yang tentunya akan mengganggu aktivitas anda sehari-hari.
  • Adapun apabila Biogesic digunakan untuk membantu meredakan nyeri yang dalam kategori lebih berat seperti meredakan nyeri setelah melakukan operasi, maka biasanya Biogesic akan dikombinasikan dengan obat NSAID atau juga akan dikombinasikan dengan analgetic apioid.
  • Perlu anda ketahui bahwasanya kombinasi antara Biogesic dengan kafein termasuk ke dalam pengobatan lini pertama bagi para penderita migrain.
  • Biogesic (paracetamol) juga bisa anda gunakan untuk meredakan nyeri bagi para penderita arthritis ringan yang mana mempunyai efek yang sama dengan ketika anda menggunakan aspirin, dan efek sampingnya pun juga akan lebih ringan.
  • Yang tidak kalah penting adalah paracetamol merupakan suatu komponen penting yang banyak digunakan sebagai kandungan dari obat flu dan juga pilek yang mana banyak di jual secara bebas dipasaran.
  • Sementara itu, menurut keterangan dari WHO penggunan obat penurun panas yang disarankan untuk diberikan ketika suhu tubuh pasien mencapai lebih dari 38.5 °C (101.3 °F).

Kontraindikasi Biogesic

  • Anda tidak disarankan untuk memberikan Biogesic kepada pasien yang mana ia diketahui terindikasi mengalami penyakit hati  penyakit liver.
  • Jangan menggunakan obat ini jika anda termasuk seseorang yang mengalami penyakit ginjal karena dikhawatirkan dapat menyebabkan penyakit yang anda alami semakin lebih parah.
  • Biogesic juga tidak dianjurkan digunakan bagi anda yang memang sedang mengalami masalah hipersensitifitas.

Dosis Biogesic Di bawah ini takaran dosis Biogesic yang harus anda perhatikan:

  • Untuk pasien dewasa maupun apabila digunakan oleh anak-anak yang berusia lebih dari 12 tahun, maka dosis yang diberikan yaitu sebanyak 3 sampai dengan 4 kali sehari 1 tablet.
  • Untuk anak-anak yang berusia antara 5 – 12 tahun, maka dosis yang diberikan adalah sebanyak 3 sampai dengan 4 kali sehari ½ tablet.

Efek Samping Biogesic

  1. Perlu anda ketahui bahwa jika anda menggunakan obat Biogesic melebihi dosis yang telah ditentukan maka nantinya akan membuat anda mengalami masalah pada hati anda atau bahkan anda akan mengalami kerusakan pada hati.
  2. Untuk efek samping yang bersifat ringan yang kemungkinan bisa and alami adalah seperti mengalami mual dan juga muntah.
  3. Untuk efek samping yang menyebabkan gangguan pada ginjal memang jarang ditemukan kasus, akan tetapi bukan berarti anda tidak dapat mengalami kerusakan pada ginjal anda ketika anda mengkonsumsinya pada jangka waktu yang lumayan lama. 

  4. Biogesic juga bisa menyebabkan anda mengalami masalah pada kulit seperti gatal atau ruam pada kulit seperti yang telah dijelaskan oleh FDA atau badan pengawas obat dan juga makanan yang berasal dari Amerika Serikat.
  5. Bagi anda yang terindikasi menderita penyakit asma, maka disarankan anda menghindari pemakaian obat Biogesic karena dikhawatirkan dapat menyebabkan penyakit yang anda alami semakin parah.
  6. Jika Biogesic digunakan pada wanita yang sedang hamil, maka kemungkinan obat Biogesic akan menyebabkan resiko asma bagi anak-anak mereka serta juga akan menyebabkan peningkatan ADHD. Meskipun begitu, paracetamol tetap di anjurkan sebagai pengobatan lini pertama yang diberikan untuk wanita hamil meskipun anda harus tetap memperhatikan beberapa efek samping yang mungkin bisa anda alami atau juga resiko yang mungkin bisa di terima oleh anak anda.
  7. Adapun bagi anda yang merupakan pengguna alkohol maupun perokok, maka anda harus menghindari mengkonsumsi obat Biogesic karena dapat menimbulkan dampak yang lebih parah jika dibandingkan dengan kondisi orang pada umumnya.

, , , , , , , , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Merk Obat B