Penderita Diabetes Jangan Takut Makan Telur! Ini Penjelasannya

87

Telur menjadi makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang rendah dan memiliki nilai indek glikemik yang cukup rendah. Karena itulah telur sangat baik untuk penderita diabetes. Efek dari nilai indek glikemik yang rendah ternyata aman untuk diabetes karena tidak akan berpengaruh untuk kenaikan kadar gula. Namun pemikiran ini mungkin lain dengan penderita diabates, dimana mereka berpikir bahwa kandungan kolesterol dalam telur bisa memicu komplikasi jantung. Nah agar lebih jelas lagi, simak informasi dibawah ini mengenai telur untuk penderita diabetes.

Hubungan Telur dengan Penyakit Diabetes dan Kolesterol

Penyakit diabetes ternyata bisa menyebabkan masalah unutk kandungan kolesterol baik (HDL) dan kolesterol buruk (LDL) dalam tubuh. Ketika seseorang telah menderita penyakit diabetes maka ancaman penyakit jantung akan meningkat. Karena itulah banyak penderita diabetes yang menjauhi telur sebab telur tinggi kolesterol.

Namun ternyata telur mengandung 200 mg kolesterol, sementara dokter merekomendasikan penderita diabetes tetap mendapatkan asupan kolesterol 300 mg per hari. Artinya bahwa konsumsi telur tidak akan meningkatkan kolesterol dalam tubuh dan efeknya bahkan sangat kecil sekali.

Hanya saja jika penderita diabetes ternyata mengonsumsi telur dengan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, maka efeknya peningkatkan kolesterol terjadi dengan sangat cepat. Semua itu terjadi karena lemak dari makanan dan bukan telur.

Nutrisi Telur

Telur menjadi makanan yang kaya dengan sumber nutrisi. Satu saja telur berukuran sedang yang dimasak dengan cara direbus maka sudah mengandung nutrisi seperti: protein (6,25 gram), lemak (4,74 g), karbohidrat (0,35 g) dan kalori (72 kkal). Ditambah lagi dengan protein yang terkandung dalam bagian putih telur. Dan bagian kuning telur mengandung vitamin lengkap yaitu vitamin A, B12,  D, E dan vitamin K. Juga telur diperkaya dengan lutein sebagai sumber antioksidan. Bahkan satu butir telur sudah lengkap dengan paket seng, mangan, fosfor dan zat besi.

Cara Makan Telur untuk Penderita Diabetes

Setelah Anda tahu bahwa telur sangat baik untuk penderita diabetes, maka Anda harus paham juga mengenai cara makan telur untuk diabetes. Satu-satunya olahan yang diperbolehkan untuk penderita diabetes adalah telur rebus. Telur rebus akan menurunkan lemak dalam telur sehingga sangat aman untuk jantung. Kemudian sebaiknya telur dimakan dengan sayuran dan tidak dimakan bersamaan dengan daging. Jika Anda ingin makan telur goreng maka lebih baik menggoreng telur dengan minyak zaitun, minyak canola atau minyak jagung.

Kesimpulan

Dari berbagai penelitian sudah dibuktikan bahwa penderita diabetes bisa mengonsumsi telur sebagai diet diabetes yang sehat. Telur tidak akan berpengaruh untuk kondisi jantung asalkan dimakan dengan cara yang benar dengan jumlah yang tidak berlebihan. Kemudian telur juga sebaiknya dikonsumsi dengan kandungan garam yang lebih sedikit dan perkaya dengan rempah-rempah. Hal ini juga penting untuk mencegah penyakit hipertensi akibat komplikasi diabetes. Dan sangat disarankan untuk penderita diabetes melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin.

Itulah informasi mengenai telur untuk penderita diabetes. Jadi mulai sekarang semua penderita diabetes jangan menghindari telur, karena telur sumber nutrisi yang sangat menyehatkan tubuh.