Konsumsi Makanan Ini Selagi Hangat, Ketika Dingin Berbahaya !

283

Sebagian besar dari kita tentu setuju bahwa mengkonsumsi makanan akan lebih nikmat jika dihidangkan dalam keadaan masih hangat, dalam artian, makanan tersebut segar dan baru saja selesai dimasak. Selain karena nikmat, ternyata beberapa makanan ini memang sebaiknya dimakan dalam keadaan hangat, karena jika dibiarkan dalam keadaan dingin, disamping mengurangi kenikmatan, juga mengurangi nilai gizi yang ada, bahkan membahayakan bagi kesehatan.

Apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan hangat? Inilah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat masih hangat, karena ketika dingin rasanya sudah berbeda. Mari simak, agar dapat menambah ilmu pengetahuan kita.

1. Roti bakar

Roti bakar sebaiknya langsung dikonsumsi setelah matang. Jangan dibiarkan dingin terlalu lama. Mengapa? Karena saat dibakar, roti megeluarkan zat akrilamida. Jika dibiarkan terlalu lama, zat tersebut akan berubah senyawa yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, roti bakar dingin tentu saja rasa dan kekenyalan telah sangat berbeda dibanding saat masih hangat. Keras dan kurang berasa, bahkan cenderung pahit. Itulah yang membahayakan.

2. Nasi

Nasi yang dibiarkan hingga dingin, dapat memicu tumbuhnya bakteri yang dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan.  Untuk penderita diabetes, kadang dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi dingin, agar kandungan gula yang ada pada nasi tidak setinggi pada saat nasi mash dalam keadaan panas. Hal ini boleh saja dilakukan asalkan nasi tidak dalam keadaan dingin dalam waktu lama. Cukuplah dengan keadaan yang masih hangat.

3. Telur rebus

Telur yang dimasak dengan cara dorebus, sebaiknya dikonsumsi saat masih hangat. Jika dibiarkan dingin terlalu lama, dikhawatirkan telus itu akan dihinggapi bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Hal ini disebabkan karena sifat dari telur itu yang mempunyai aroma yang cukup menyengat dan tekstur yang cukup basah dan lembek, yang cukup menarik untuk datangnya lalat yang membawa bakteri bakteri tersebut.

4. Kentang

Kentang yang telah masak, jangan dibiarkan terlalu lama hingga dingin. Kentang yang dingin sangat rentan ditumbuhi bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Bagitu pula dengan memasaknya kembali agar kentang yang dingin menjadi hangat. Sangat tidak dinajurkan. Bagi anda penggemar gado gado dan makanan lain yang mengandung kentang, mungkin  harus lebih berhati hati.

Kentang pada dasarnya sama halya dengan nasi, kentang merupakan makanan yang mengenyangkan. Oleh sebab itu sering orang yang melakukan diet mengonsumsi kentang untuk penganti nasi. Tapi taukah kamu, konsumsilah kentang pada masa masih hangat, agar kamu mendapati manfaat yang lebih baik.

5. Ayam

Ayam termasuk makanan yang tidak sehat jika dikonsumsi setelah dingin. Hal ini karena kandungan protein di dalamnya sudah mulai berkurang, bahkan bisa berubah menjadi racun bagi tubuh. Menghangatkannya lagi juga merupakan tindakan yang sangat tidak disarankan karena judtru akan mengganggu dan menimbulkan masalah pencernaan.

Jadi, mulai sekarang, biasakan makan makanan yang segar, hangat, dan baru saja selesai dimasak. Agar kita terhindar dari beberapa penyakit yang tidak kita inginkan karena hal yang sering kita anggap sepele ini. Selamat menikmati hidup sehat, dengan makanan sehat. Jangan pernah sepelekan hal-hal kecil ya, karena terkadang dari hal-hal kecil itulah kita mengalami sakit atau penyakit.

Menjaga tubuh memang lebih sulit dari pada harus mengobati, namun jangan sampai mau diobati karena itu mahal harganya. Jadi mari sama-sama bersama halosehat.com kita mulai hidup sehat. Karena banyak tips-tips kesehatan yang dapat kamu peroleh disini.