5 Efek Samping Daun Putri Malu yang Wajib Anda Ketahui

Putri malu merupakan salah satu tumbuhan perdu pendek yang termasuk dalam golongan polong-polongan. Daun putri malu ini dikenal sangat sensitif terhadap lingkungan. Sebab ketika mendapatkan sentuhan sedikit saja ia akan menutup diri. Daun putri malu ini dikenal menjadi salah satu daun yang memiliki reaksi paling cepat dibanding jenis tumbuhan polong-polongan lainnya. Daun dengan nama lain mimosa asperata merupakan tanaman yang unik. Selain itu daun yang satu ini juga dikenal memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan daun-daun yang lainnya.

Kandungan yang ada di dalam daun putri malu ini dikenal memiliki khasiat yang mampu menyembuhkan penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu tidak heran jika kemudian banyak masyarakat (khususnya masyarakat desa) banyak menjadikan daun yang satu ini menjadi ramuan yang mensehatkan. Berikut beberapa khasiat ampuh yang dimunculkan daru daun putri malu.

  1. Mengobati Luka Diabetes

Khasiat ampuh pertama yang dapat dimunculkan dari daun putri malu ini adalah mampu mengobati luka diabetes Bagi Anda penderita diabetes yang sudah menimbulkan luka, pengetahuan ini penting Anda jadikan referensi baru. Paling tidak bisa menolong Anda menyembuhkan penyakit yang membahayakan bagi tubuh ini. Sebab daun putri malu ini bisa menjadi obat alami yang aman untuk dijadikan obat. Sebab tidak memiliki kandungan kimia yang berbahaya.

  1. Menyembuhkan Penyakit Batuk

Bagi Anda yang mengalami batuk, dan tidak kunjung sembuh-sembuh. Anda bisa menjadikan daun putri malu ini sebagai obatnya. Sebab kandungan yang ada di dalam daun putri malu ini diyakini mampu menyembuhkan batuk.

  1. Mengatasi Penyakit Hepatitis

Selain dapat menyembuhkan penyakit batuk, khasiat lain yang dapat Anda rasakan dari daun putri malu ini adalah mampu mengatasi penyakit hepatitis. Kemampuan ini yang kemudian menjadikan daun ini buka daun biasa-biasa saja. Sebab khasiatnya yang begitu ampuh. Kandungan yang ada di dalamnya, diyakini mampu menyembuhkan penyakit yang satu ini.

  1. Mampu Mengatasi Insomnia

Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur, adakalanya melirik daun putri malu ini menjadi solusi terbaiknya. Sebab daun putri malu ini mampu mengatasi gejala insomnia yang terjadi pada Anda.

Namun dibalik khasiat ampuh tersebut yang tidak kalah penting untuk diketahui kemudian bahwa daun putri malu ini memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu efek samping ini yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui agar tidak sampai menyerang Anda. Untuk itu dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa efek samping yang dapat muncul dari daun putri malu.


  1. Alergi

Efek samping pertama yang dapat muncul dari daun putri malu adalah alergi. Alergi ini kerap menyerang Anda yang tubuhnya tidak mau  menerima kandungan yang ada di dalam daun putri malu. Efek samping ini bisa mengganggu aktivitas Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebab tubuh akan merasa tidak nyaman. Hal ini tentunya dapat merugikan Anda yang dalam kesehariannya sering melakukan aktivitas yang aktif.

2. Mual dan Muntah

Efek samping selanjutnya yang dapat dikeluarkan dari daun putri malu ini adalah mual dan muntah. Mual dan muntah bisa menjadi salah satu peranda tubuh yang di dalamnya mengalami reaksi yang tidak baik. Apapun itu jika tubuh tidak mau menerimanya, maka ia akan mengeluarkannya dengan cara memuntahkan.

3. Kepala Pusing atau sakit kepala

Mual dan muntah biasanya disertai dengan kepala pusing. Efek samping ini yang tidak kalah penting untuk dipahami. Sebab efek samping ini akan sangat mengganggu Anda. Efek samping kepala pusing umumnya terjadi ketika Anda mengkonsumsi daun putrid malu dalam jumah yang banyak. Sehingga dampaknya akan berbanding terbaik. Reaksi negatif yang justru akan Anda dapatkan. Untuk itu memahami cara mengkonsumsi daun putrid malu ini mejadi salah satu jalan terbaik agar menghasilkan hasil yang baik pula.

4. Memperparah Rematik

Meskipun sisi positif dari daun putri malu ini mampu menyembuhkan penyakit rematik, namun bisa juga akan berakibat sebaliknya. Memperparah penyakit rematik. Hal ini bisa terjadi ketika Anda megkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Sehingga reaksi yang akan muncul juga sebaliknya. Efek samping ini sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Untuk itu perlu kehati-hatian agar efek samping ini tidak menyerang Anda.

5. Mengganggu Melancarkan Aliran Darah

Selain memperparah rematik, efek samping selanjutnya yang dapat muncul dari mengkonsumsi daun putri malu adalah dapat mengganggu melancarkan aliran darah. Efek samping ini akan sangat berbahaya bagi, jika sampai terjadi di dalam tubuh Anda. Mengingat kelancaran darah menjadi bagian yang penting dalam menstabilkan kesehatan yang ada di dalam tubuh. Sebab ketika darah ini tidak mampu mengalir dengan baik itu artinya zat-zat yang dibutukhan tubuh tidak akan tersuplai dengan baik. Untuk itu penting mempelajari cara menjaga kesehatan peredaran darah agar darah bisa mengalir ke seluruh tubuh dengan baik.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup