6 Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Sebabkan Munculnya Penyakit Tidak Menular

134

Saat ini jumlah penderita penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan banyak dari penderita penyakit jantung, hipertensi, kolesterol, stroke dan diabetes yang kehilangan nyawa karena penyakit tersebut memang sangat berbahaya. Lalu apa yang menyebabkan penyakit tersebut muncul? Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah penerapan gaya hidup yang tidak sehat, dan belakangan ini banyak dilakukan oleh masyarakat. Berikut ini gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu penyakit tidak menular tersebut.

1. Merokok dan Minum Alkohol

Sudah jelas bahwa rokok dan alkohol mengandung banyak senyawa berbahaya yang tentu saja dapat merusak kesehatan. Namun karena efek candu dan ketenangan sesaat membuat banyak orang tergiur untuk terus menikmati keduanya. Padahal dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya seperti memicu penyakit jantung hingga kanker paru-paru.

2. Sering Makan Makanan Asin dan Manis

Makanan asin dan manis memiliki rasa yang berlawanan, namun keduanya dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan jika dikonsumsi melebihi batas normal. Normalnya tubuh kita hanya mampu menerima gula hingga 4 sendok makan dan garam 1 sendok teh setiap harinya. Jadi asupan kedua zat tersebut jelas akan berlebih jika banyak mengkonsumsi makanan asin atau manis. Dampaknya, penyakit diabetes dan hipertensi siap menyerang tubuh kapan saja.

3. Kurang Bergerak

Bergerak di sini maksudnya berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang banyak melibatkan pergerakan anggota tubuh. Tubuh yang kurang bergerak akan terasa kaku, banyak menyimpan lemak jahat dan aliran darah kurang lancar. Masalah tersebut dapat memicu penyakit jantung dan stroke, jadi mulai sekarang cobalah untuk rutin berolahraga setidak 30 menit setiap harinya.

4. Menahan Kencing

Aktivitas yang Padat mungkin akan membuat Anda malas buang air ke toilet sebelum jam istirahat. Padahal kebiasaan tersebut dapat merusak ginjal, karena air seni yang tertahan dapat masuk kembali ke ginjal. Air seni yang mengandung bakteri akan menginfeksi ginjal maupun saluran kencing sehingga fungsinya menjadi terganggu.

5. Pola Makan Tidak Teratur

Jika ingin sehat, cobalah untuk memiliki pola dan jam makan yang teratur. Melewatkan sarapan atau makan dengan porsi banyak dapat membuat lambung kesulitan mencerna makanan, juga memicu produksi asam lambung berlebih. Efeknya, perut akan terasa perih dan proses pencernaan menjadi terganggu. Makan dalam porsi besar juga tidak baik karena akan memicu penumpukan lemak di perut dan menyebabkan banyak penyakit.

6. Tidur Setelah Makan

Setelah makan memang sering kali rasa kantuk menyerang hingga tidak tertahankan. Akibatnya tidur setelah makan pun menjadi sebuah kebisaan yang sulit dihindari. Padahal, tidur dapat menyebabkan proses pencernaan berjalan dengan sangat lambat, artinya makanan akan terus menumpuk di perut dan menyebabkan lemak menumpuk di sana. Lemak viseral yang terdapat pada perut dapat memicu penyakit diabetes, obesitas hingga ketidakseimbangan hormon.

Wah, ternyata sangat berbahaya jika gaya hidup tidak sehat di atas sering kita lakukan. Karena itu, mulai sekarang cobalah untuk menghindarinya dan mulai mencoba menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.