Hidup Sampai 123 Tahun, Apa Rahasia Panjang Umur Pria Rusia Ini?

47

Jika Jiroemon Kimura menjadi manusia paling tua di dunia menurut catatan resmi dengan usia 116 tahun 54 hari, ternyata ada yang dapat mengalahkan manusia dari Jepang tersebut. Appaz Illiev seorang pria asal Rusia yang meninggal di usia 123 tahun diklaim sebagai manusia paling tua di dunia dilansir dari The Sun.

Appaz diketahui lahir pada tahun 1896 di bulan Maret, dan dari usia tujuh tahun ia sudah mulai bekerja. Pada tahun 1917-1922 bahkan ia juga pernah ikut serta dalam peperangan, yakni Perang Saudara Rusia. Namun akhirnya pada usianya ke-45 tahun, ia dijadikan pengemudi traktor karena sudah terlalu tua jika harus ikut Perang Dunia II.

Pria yang sudah punya 35 cucu dan 34 cicit ini dikenal sebagai seorang penuh kasih dan baik hati. Yunus-Bek Evkurov selaku Kepala Republik Ingushetia pun menjelaskan bahwa Appaz memiliki gaya hidup yang tak biasa dan tak seperti orang-orang pada jaman sekarang.

Evkurov jugalah yang mengisahkan bagaimana Appaz hidup dalam berbagai generasi dan jaman serta memiliki delapan anak lalu membesarkannya juga. Meski sempat menempuh operasi katarak di usianya ke-122 tahun, beberapa gaya hidup sehat yang layak kita tahu dan ikuti dari Appaz antara lain adalah:

  • Tidak minum alkohol
  • Tidur berkualitas selama 11 jam
  • Tidak merokok
  • Tidak menonton TV
  • Makan daging lokal yang ada di desanya
  • Makan sayur segar yang ia peroleh justru dari hasil kebun sendiri
  • Rajin minum air yang bersumber dari mata air segar
  • Rajin minum susu

Evkurov mengetahui gaya hidup Appaz setelah beberapa kali bertemu dengannya dan ia juga tahu betul bahwa Appaz adalah salah satu keturunan dari keluarga yang panjang umur. Kakek Appaz sendiri dapat hidup cukup lama, yakni sampai usia 120 tahun. Madinat, istri Appaz telah meninggal lebih dulu pada 2014 lalu.

Sejak 2015 Appaz sudah masuk dalam daftar Book of Records Rusia sebagai manusia paling tua di Rusia. Tapi Appaz bisa mengalahkan rekor Jiroemon Kimura apabila identifikasi tahun kelahirannya pun benar sehingga ia jadi manusia paling tua di dunia. Melihat bagaimana ia hidup dengan baik sehingga berumur panjang, ada baiknya menjadi contoh bagi yang ingin memulai berpola hidup sehat meski memang usia panjangnya berkaitan juga dengan faktor genetik.