Benjolan di Pita Suara Raffi Ahmad Sudah 2 Tahun, Kira-kira Kondisi Apa Itu?

83

Baru-baru ini Raffi sempat dikabarkan kalau dirinya mengalami benjolan pada bagian leher. Menurut Raffi sendiri, benjolan tersebut timbul karena ia mengalami gangguan suara dan serak di mana sudah dua tahun belakangan ini ia rasakan. Ia juga mengatakan kalau benjolan tersebut tidak berbahaya dan tak terlalu mengkhawatirkan.

Ia juga menambahkan bahwa benjolan tersebut hanya masalah pada pita suaranya saja. Dulunya awal-awal tak terlalu khawatir dan memikirkan benjolan tersebut, hanya saja karena tak kunjung hilang selama dua tahun, rupanya memang ia harus banyak istirahat. Raffi sendiri sudah memeriksakan diri ke dokter dan benjolan tersebut menurutnya timbul karena over used dan belum melakukan pengecekan lebih jauh.

Ada kemungkinan bahwa apa yang dialami oleh Raffi disebut dengan nodul pita suara, yaitu pertumbuhan yang tak normal pada kedua pita suara tapi tidak bersifat kanker yang diakibatkan oleh pemakaian suara yang berlebihan dan terus-menerus. Sebagai seorang entertainer dengan banyak job, Raffi perlu menggunakan suaranya yang seringkali jadi berlebihan; nodul tersebut bisa makin besar dan bahkan jadi keras kalau suara tidak kunjung diistirahatkan.

Kemungkinan lainnya akan kondisi seperti yang Raffi alami adalah polip pita suara yang bentuknya mirip nodul (benjolan membengkak lalu tumbuh keluar, bedanya dari nodul adalah polip ini seperti lepuhan berisi cairan di dalamnya). Polip ini timbul bisa di salah satu pita suara atau bahkan kedua-duanya; penggunaan suara berlebihan juga menjadi penyebab utamanya.

Selain penggunaan suara berlebihan seperti menyanyi keras-keras atau teriak-teriak, kira-kira apa penyebab maupun faktor risiko lain dari nodul dan polip pita suara?

Ketika terjadi nodul maupun polip pita suara, adakah gejala atau keluhan tertentu yang bisa dikenali dan diwaspadai?

  • Leher terasa sakit
  • Tenggorokan rasanya mengganjal
  • Timbul rasa sakit menusuk dari telinga kiri ke kanan
  • Suara serak dan cenderung hampir habis
  • Sulit untuk bicara
  • Badan terasa lemas
  • Tak lagi bisa bicara dengan nada/suara tinggi

Jika tidak melalui perubahan perilaku, maka ada kalanya perlu untuk mengangkat benjolan tersebut lewat pembedahan. Namun pada kasus Raffi, ia mengatakan kalau masih belum ada waktu untuk memeriksakan kondisinya lebih lanjut. Hanya saja, ia memiliki rencana untuk mengecek di dokter di Indonesia sekaligus dokter luar supaya dapat membandingkannya lebih dulu.