3 Fungsi Asam Oksalat Yang Jarang Diketahui

Asam oksalat merupakan salah satu asam yang memiliko rumus kimia H2C2O4, asam oksalat merupakan asam organik yang bisa disebut sangat kuat. Asam oksalat ini 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan asam asetat. Asam oksalat merupakan asam dikarboksilat yang dimana asam tersebut hanya terdiri dari dua atom C dari setiap molekulnya. Tahukah anda bahwa ternyata konstanta asam oksalat ini lebih tinggi dibandingkan asam asam lainnya. Asam oksalat dapat larut dalam air serta asam oksalat dapat larut dalam alkohol ketika dalam keadaan murni. Beberapa fungsi dari asam oksalat adalah sebagai berikut.

Fungsi asam oksalat

1. Menentukan jumlah kalsium

Asam oksalat dapat membentuk garam netral dengan logam alkali yang dimana logam tersebut memiliki kelarutan dalam air sekitar 5-25%, sedangkan pada logam alkali tanah memiliki kelarutan yang sangat kecil didalam air. Sehingga dengan demikian secara praktis kalsium oksalat tidak akan larut dalam air. Itulah mengapa asam oksalat dapat digunakan untyk menentukan jumlah kalsium, hal ini didasarkan pada sifat sifat tersebut.

2. Mengedapkan kalsium

Dengan besarnya asam oksalat yang terkandung dalam produk produk tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengedapkan kalsium, yang dimana kalsium trrsebutbditambahkan dengan produk produk lain. Jika dalam kondisi tidak adanya kalsium yang ditambahkan maka dapat berpengaruh toksis.

3. Mengurangi pertambahan berat badan

salah satu pengaruh asam oksalat pada tubuh manusia adalah asam oksalat dapat digunakan intuk menurunkan berat badan seseorang. Hal ini disebabkan karena asam oksalat bersama dengan kalsium membentuk senyawa yang tak larut dan tidak dapat diserap oleh tubuh manusia. Dengan demikian akan membantu untyk mengutangi berat badan seseorang. Jadi bagi anda yang ingin mengurangi berat badan anda dapat menggunakan asam oksalat ini. Namun perl hati hati dalam penggunaannya.

Itulah beberapa fungsi dari asam oksalat yang dapat anda ketahui, seperti yang pernah dijelaskan pada artikel artikel bahan kimia lainnya bahwa bahan kimia akan memiliki fungsinataupun kegunaan tertentu jika dalam penggunaannya todak berlebihan. Semoga dengan adanya artikel asam oksalat ini dapat menambaj wawasan serta pengetahuan anda tentang berbagai fungsi asam oksalat ini.

,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kimia